Selasa, 24 September 2019

(Tokoh of the Day) KH Abdullah Sajjad, Guluk-Guluk, Sumenep Madura - Jawa Timur


Sang Syahid KH Abdullah Sajjad dari Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk


Berkah Temu Alumni

Sekitar tahun 2003 Pondok Pesantren Annuqayah Latee Guluk-Guluk Sumenep mengadakan temu alumni untuk pertama kalinya. Salah satu hal penting yang dipersiapkan guna mensukseskan gawe tersebut adalah penerbitan buku "Jejak Masyayikh Annuqayah". 

Maka, dibentuklah tim khusus yang bertugas untuk menelusuri sejarah Masyayikh Annuqayah dari para saksi yang masih hidup. Tim lalu bergerak ke beberapa daerah, seperti Karduluk, Kemisan, Kalabaan, dan sebagainya.

Saya adalah bagian dari tim khusus tersebut yang kebetulan bertugas untuk menelusuri kehidupan dan perjuangan Kiai Haji Abdullah Sajjad. Saya pun meluncur ke daerah Guluk Manjung, Kapedi. Di sana ada seorang saksi hidup yang bernama H. Abdurrahman. Masyarakat setempat biasa menyebutnya "Kiai Rahman". 

Kiai Rahman

Perawakannya agak tinggi, kulit kuning, kurus dan sedikit bungkuk karena dimakan usia, namun masih terlihat sehat dan lincah. Wajahnya cerah, tenang, dan bibirnya selalu basah, yang menyiratkan bahwa beliau seorang ahli ibadah.

Menurut pengakuannya, beliau berumur 113 tahun. Saat itu beliau tinggal bersama salah satu putrinya dari salah satu istrinya. "Lebih dari 10 perempuan yang pernah saya nikahi," ujarnya sambil tersenyum.

Bagi masyarakat sekitar, Kiai Rahman tak lebih dari lelaki tua yang sudah uzur. Hal itu wajar karena beliau lebih banyak menghabiskan waktu gagahnya di luar Madura, sehingga banyak yang tidak mengenalnya secara mendalam. Selepas Agresi Militer Belanda tahun 1947, beliau berpetualang ke Jawa dan Kalimantan. Di mana bumi di pijak, di situlah beliau membangun masjid. Termasuk, di mana bumi di pijak, di situlah dia punya istri baru (Hmmm...mungkin ini yang bisa membuatnya panjang umur). Jadi wajar jika dia kemudian meninggalkan banyak masjid dan istri di daerah rantauan. 

Masyarakat sekitar juga tidak banyak tahu bahwa menjelang kejatuhan Soeharto, tahun 1998, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pernah berkunjung ke Kiai Rahman ini. Hal ini dibenarkan oleh putrinya yang juga sudah lanjut usia. Tak mungkin keduanya bersepakat untuk berbohong.

Ketika diajak berbicara, beliau bersemangat sekali apalagi yang berkenaan dengan Annuqayah di masa lalu. Ingatan dan gelora perjuangannya seakan muncul kembali.

Ketika Belanda Memasuki Annuqayah

"Ketika saya ngaji ke Kiai Ilyas, putra-putri beliau masih kecil-kecil kecuali Kiai Khazin, saya masih ingat dulu saya sering menggendong Kiai Warits," Kiai Rahman memulai ceritanya. "Kiai Khazin itu bagi saya adalah pendekar yang pemberani, malah terkadang nekad. Di antara aksi nekadnya adalah, jika menunggang kuda, beliau tidak menghadap ke depan, tapi ke belakang sambil mengendalikan kuda. Dan beliau tidak pernah pelan kalau menunggang kuda," tuturnya.

Saat Belanda datang pada tahun 1947, ada instruksi dari KH Abdullah Sajjad selaku pimpinan laskar Sabil, bahwa Pesantren Annuqayah harus dikosongkan karena Belanda berhasil mematahkan pertahanan Sabil di Pakong dan sudah bergerak menuju Guluk-Guluk. Menurut Kiai Rahman, Kiai Ilyas tidak serta merta mengosongkan pesantren. Bahkan beliau berkata, "Saya tetap di sini saja bersama santri."

Benar saja, Belanda datang dan langsung melakukan penyisiran. Mereka menggeledah dan mengobrak-abrik semua tempat, tapi yang dicari tidak ditemukan. Setelah puas mengobrak-abrik Pesantren Annuqayah, salah seorang pimpinan Belanda memberi aba-aba bahwa pesantren kosong, dan mereka pun meninggalkan Annuqayah dengan tangan hampa.

"Aneh..," kata Kiai Rahman, "padahal waktu penggeledahan itu Kiai Ilyas sedang morok santri di Masjid Annuqayah, saya juga sedang ikut ngaji meski tubuh basah bermandikan keringat dingin karena takut ketahuan Belanda," imbuhnya. "Rupanya, Kiai Ilyas sedang menampakkan kejunilannya (karomahnya)," hela Kiai Rahman. Subhanallah....

Belanda memang menggeledah semua tempat di Annuqayah, tapi tidak sejengkal pun mereka menapakkan kaki di daerah Lubangsa. Menurut Kiai Rahman, mereka hanya tercengang ketika melihat daerah Lubangsa laksana melihat kolam besar yang penuh air. Wallahu a'lam...

Kidung Kiai Sajjad

Nama "Sajjad" menurut Kiai Rahman adalah nama asli dari Kiai Haji Abdullah Sajjad bin KH Muhammad Syarqawi al-Kudusi, bukan nama gelar (di mana beliau wafat dalam keadaan sujud sebagaimana versi Ahmad Baso), sebab saat masih hidup beliau biasa dipanggil "Kiai Sajjad" dan pasukannya disebut "Pasukan Kiai Sajjad".

Kiai Sajjad adalah orang yang paling dicari oleh Belanda. Mereka tahu bahwa dalang sekaligus aktor yang menggerakkan rakyat untuk melawan dan menghadang pergerakan Belanda di daerah Pakong adalah Kiai Sajjad. Jadi wajar jika beliau selalu diburu oleh Belanda dengan berbagai cara. Akhirnya Kiai Sajjad bersembunyi (lebih tepatnya bergerilya) di daerah Karduluk.

Menurut Kiai Ali Wafa, seorang saudagar kaya di Prenduan yang pernah menyelamatkan Kiai Khazin Ilyas ke Sukorejo, bahwa Kiai Sajjad pernah ingin diungsikan ke daerah Sukorejo juga, namun beliau menolak. Beliau tidak sudi menumbalkan rakyat hanya demi keselamatannya sendiri, sehingga beliau tetap bertahan di Karduluk.

Ketika dalam pengungsian, Kiai Sajjad tidak melupakan tugas utamanya sebagai pengayom dan guru umat. Beliau masih sering morok ketika situasi dianggap benar-benar aman. Materi yang sering beliau berikan adalah tauhid.

Beliau juga sangat kreatif menyusun syair-syair berbahasa Madura yang dilantunkan bersama Shalawat Nabi. Saking seringnya syair-syair itu dilantunkan, banyak di antara laskar dan para pengiringnya yang hafal, termasuk Kiai Rahman. (Catatan: mengenai Kidung Kiai Sajjad ini pernah dimuat dalam buku "Jejak Masyayikh Annuqayah" dalam edisi terbatas).

Syair-syair itu terus beliau lantunkan, sampai suatu ketika datanglah sepucuk surat yang dihantar oleh seorang kurir. Jika mengingat serta melantunkan Kidung Kiai Sajjad itu, Kiai Rahman laksana menyenandungkan kidung kematian, karena Kiai Sajjad senantiasa melantunkan kidung tersebut di masa-masa akhir hayatnya, sehingga tanpa terasa air mata Kiai Rahman meleleh di ujung kedua matanya.

Sebuah Pengkhianatan

Belanda yang masih bercokol di daerah Kemisan Guluk-Guluk terus berusaha mengendus keberadaan Kiai Sajjad. Mata-mata pun disebar, termasuk mengerahkan kaum pribumi yang kehormatannya bisa dibeli alias para pengkhianat.

Sebuah kabar angin menuturkan bahwa Kiai Sajjad bersembunyi di daerah Karduluk. Belanda pun menyusun siasat. Mereka tidak ingin buruannya lepas. Maka dipakailah siasat lama yang pernah digunakan Belanda untuk menjerat Pangeran Diponegoro, yakni "Surat Damai". Belanda kemudian menyewa seorang kurir untuk mengantarkan surat tersebut. Isi surat itu adalah meminta Kiai Sajjad untuk pulang ke Annuqayah karena situasi telah aman dan Belanda telah menarik diri ke daerah Pamekasan.

Di sini Kiai Rahman mencoba berspekulasi. Menurutnya, surat itu sebenarnya bukan bikinan Belanda, tetapi bikinan pribumi pengkhianat yang menginginkan kematian Kiai Sajjad. Surat itu sengaja dibuat oleh seorang pengkhianat agar Kiai Sajjad keluar dari persembunyiannya dan pulang ke Annuqayah, kemudian setelah beliau benar-benar pulang, si pengkhianat lalu melaporkan pada Belanda. Na'udzubillah...

Didorong oleh kerinduannya pada pesantren yang diasuhnya, Kiai Sajjad pun pulang ke Annuqayah. Dalam perjalanan, beliau merasakan adanya kedamaian tanpa curiga sedikit pun. Hingga menapakkan kaki di Annuqayah, masyarakat mengelu-elukan kedatangannya. Mereka datang silih berganti, siang dan malam, hanya untuk bertemu dengan beliau.

Setelah mengetahui bahwa Kiai Sajjad berada di Pesantren Annuqayah, maka Belanda langsung merencanakan penangkapan. Satu regu diterjunkan. Mereka bergerak senyap di malam hari menuju Latee. 

Suasana di Latee yang semula penuh haru biru, tiba-tiba berubah menjadi tegang karena kehadiran pasukan loreng Belanda dengan senjata laras panjang. Kiai Sajjad juga terlihat sedikit panik saat mengetahui kehadiran Belanda. Beliau bukannya takut, tapi berpikir kenapa ada Belanda dan bagaimana menyelamatkan masyarakat yang sedang bersama beliau itu? 

Satu pimpinan regu nampak tersenyum ketika melihat Kiai Sajjad. Sambil bergerak maju, ia meminta Kiai Sajjad agar mau dibawa ke Markas Belanda di Kemisan untuk bermusyawarah. Masyarakat berang, mereka paham dengan siasat licik Belanda ini, pasti akan terjadi apa-apa jika beliau sampai bersedia dibawa Belanda. Hal buruk pasti akan menimpa beliau. 

Masyarakat berontak, tapi ditahan oleh Kiai Sajjad. Beliau berusaha menahan dan menjanjikan pada masyarakat bahwa tidak akan terjadi apa-apa pada dirinya. Meski dihantui rasa curiga, masyarakat pun rela melepaskan Kiai Sajjad untuk dibawa ke Kemisan. Dengan penuh ksatria, beliau melangkah tanpa meminta pengawalan orang terdekatnya sekalipun. Deru tangis kerabat, handai taulan, dan masyarakat mengiringi kepergian beliau.

Dan Darah Itu...

Sesampainya di Kemisan, tepatnya di Kantor Kecamatan sekarang, Kiai Sajjad diinterogasi oleh Belanda. Awalnya Belanda menggunakan cara halus, dengan merayu. Menurut kabar, jika beliau tunduk pada Belanda, maka beliau akan tetap dikukuhkan sebagai kepala desa. Namun beliau tidak mau.

Lalu dengan pongahnya, Belanda menggertak Kiai Sajjad, tapi lagi-lagi beliau tetap tidak bisa ditundukkan. Rupanya beliau tetap bersikeras untuk menentang kehadiran Belanda di Bumi Pertiwi yang nyata-nyata sudah memproklamirkan kemerdekaannya.

Karena tidak mempan dengan rayuan dan gertakan, Belanda pun menggunakan cara pamungkas, yakni mengeksekusi Kiai Sajjad. Tanpa rasa gentar sedikit pun, beliau mau menerima konsekuensi sikap nonkooperatifnya itu dengan dua syarat, yakni: Pertama, jika beliau sudah dieksekusi, maka Belanda harus angkat kaki dari Guluk-Guluk. Kedua, beri beliau kesempatan untuk shalat sebelum dieksekusi. Belanda berjanji akan memenuhi kedua permintaan Kiai Sajjad tersebut.

Malam itu, suasana di Kemisan benar-benar kaku dan mencekam. Masyarakat tidak ada yang berani keluar rumah dan menampakkan diri karena Belanda memberlakukan Jam Malam. Mereka hanya mengendap-endap di kegelapan malam. 

Kiai Sajjad dibawa ke sebuah tanah lapang. Di tempat yang sudah ditentukan oleh Belanda, Kiai Sajjad melaksanakan shalat sunnah. Beliau shalat dengan sangat khusyu'. Belanda hanya mengawasi dengan seksama. Setelah salam, Kiai Sajjad berdiri dan shalat lagi. Terus begitu sampai beberapa salam. Serdadu Belanda mulai gusar dan tak sabar menunggu shalat yang tak kunjung selesai itu. Merasa dipermainkan, seorang serdadu Belanda mengambil sikap seraya mengokang senjata laras panjangnya. Ia membidik Kiai Sajjad yang sedang shalat. Dan... Dor dor dor...!!! Tiga tembakan senapan menyalak memecah keheningan malam. Darah bersimbah membasahi sekujur tubuh Kiai Sajjad. Tiga butir timah panas menerjang menembus dadanya. Tubuh itupun tersungkur dalam posisi sujud menghadap Sang Ilahi. 

Oh... Darah itu...!

Demi melepas belenggu Ibu Pertiwi...
Dan masa depan anak-anak negeri...
Sang Syahid itu rela mengorbankan diri...
Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un...!
Belanda tersenyum puas melihat jenazah Kiai Sajjad, dan di balik rimbun semak-semak di sana ada beberapa pasang mata yang tersenyum dalam.

Menurut Kiai Rahman, tempat shalat sekaligus tempat eksekusi Kiai Sajjad adalah di sebuah tempat yang sekarang dibangun tugu pahlawan. Setelah wafat, tubuh Kiai Sajjad diseret dan dibuang ke pojok lapangan Kemisan, yang dulu pernah dibangun gardu dari kayu dan bambu.

Secara sembunyi-sembunyi, beberapa warga dan pihak keluarga 'mencuri' jenazah Kiai Sajjad untuk kemudian dibawa ke Pesantren Annuqayah. Bau wangi semerbak tercium dari darah Sang Syahid. Sesampainya di Annuqayah, jenazah beliau langsung dishalati di Masjid Annuqayah, Kiai Ilyas bertindak sebagai imam shalat. Lalu jenazah beliau disemayamkan di selatan pesantren. Lahul fatihah...!

Begitulah kisah Sang Syahid yang wafat karena pengkhianatan bangsanya sendiri, bukan karena hebatnya penjajah. Memang, setiap perjuangan akan melahirkan pahlawan sekaligus pengkhianat. Tapi, setiap perbuatan akan memiliki konsekuensi tersendiri. Terbukti, berkat perjuangan Sang Syahid, kini Annuqayah menjadi pondok pesantren terbesar di Madura. Tak kurang dari 10.000 santri yang menuntut ilmu setiap hari di pesantren ini, mulai dari tingkat TK hingga PT.  

Wallahu a'lam bi al-shawab

Dirgahayu Republik Indonesia Tercinta...!
Pamekasan, 4 Agustus 2019. 

[]

(Ahmad Fauzan Rofiq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar