Kamis, 05 Februari 2015

Sangkanhurip, Rendaman Air Panas di Kaki Gunung Ciremai



Gunung Ciremai yang gagah dan tinggi menjulang ke angkasa, merupakan salah satu dari puluhan gunung berapi di Indonesia. Gunung yang secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten ini, yakni Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Majalengka ini merupakan gunung tertinggi di Propinsi Jawa Barat. Berdasarkan catatan, gunung ini memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Dengan ketinggian seperti itu, maka hempasan udara yang sejuk, dingin, dan segar merupakan sebuah kekhasan yang dapat dirasakan di seluruh wilayah di sekitarnya.

Dinginnya Ciremai yang masih begitu sangat terasa sampai menusuk tulang hingga jauh dari puncaknya, menggoda kita untuk mencari kehangatan sebagai pelipurnya. Sasaran untuk mengurai rasa dingin itu, bisa kita arahkan ke Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. Oleh Pemda dan masyarakat setempat, Desa Sangkanhurip sepertinya sudah didestinasikan sebagai sebuah Desa Wisata, sehingga hampir di setiap jengkal tanahnya, suasana keramahan begitu terasa.



Sekitar 300 meter dari jalan utama Kuningan - Cirebon yang sangat ramai dilalui berbagai macam kendaraan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, masih di kaki Gunung Ciremai, Kolam Pemandian Air Panas Sangkanhurip telah menanti kita dengan segala kehangatannya. Kolam pemandian utama disertai dengan bilik-bilik kamar mandi pribadi menawarkan pilihan. Kolam Pemandian Air Panas Sangkanhurip menawarkan sensasi mandi dengan air panas alami yang kaya akan sulfur dan yodium yang berasal dari Gunung Ciremai. Konon, air panas Sangkanhurip ini bermanfaat untuk relaksasi tubuh dan menyembuhkan berbagi macam penyakit kulit.



Tidak perlu merogoh kantong lebih dalam untuk dapat menikmati panas dan hangatnya air Sangkanhurip. Di kolam renang utama, bersama anak-anak dan seluruh keluarga, cukup kita sisihkan Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk tiket masuk anak-anak. Jika menginginkan ruangan yang lebih privasi karena berbagai hal, silahkan pilih ruang tertutup berupa bilik-bilik yang berjumlah puluhan seharga Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 7.000 untuk anak-anak. Jika menginginkan fasilitas yang lebih nyaman, tersedia juga ruangan kelas eksekutif seharga Rp 30.000 untuk dewasa, dan Rp 20.000 untuk anak-anak.








Dengan membayar tiket di bilik tertutup seharga sebagaimana di atas, kita hanya diijinkan menikmati kehangatan air sulfur selama sekitar 30 menit. Waktu tersebut sudah terasa cukup untuk mengusir dinginnya udara di kaki Gunung Ciremai ini. Namun dengan catatan, norma-norma kesusilaan sebagai orang timur harus tetap dijaga dan dijunjung tinggi.






Abang Abiel, Mas Rizal, dan Mas Dimas benar-benar menikmati panasnya air sulfur di Kolam Pemandian Air Panas Sangkanhurip ini. Kesegaran begitu terasa setelah selama 30 menit kita berendam dan bercanda bersama keluarga. Bagaimana, tertarikkah anda?



ANANTO PRATIKNO

3 komentar:

  1. mantabs bener dan lengkap infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah sudi berkunjung, mas.

      Hapus
  2. Mandi air panasnya alami disini..tahun 2018 pernah kesini..terima kasih banyak reviewnya

    BalasHapus