KHUTBAH JUMAT
4 Hal yang Dipertanggungjawabkan di Hari Kiamat
Khutbah I
اَلْحَمْدُ
لِلهِ الَّذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِفَضْلِهِ وَكَرَمِهِ، وَخَذَلَ
مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِمَشِيْئَتِهِ وَعَدْلِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ
إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَلَا شَبِيْهَ وَلَا مِثْلَ وَلَا
نِدَّ لَهُ، وَلَا حَدَّ وَلَا جُثَّةَ وَلَا أَعْضَاءَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ
سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا وَعَظِيْمَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنَا
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،وَصَفِيُّهُ وَحَبِيْبُهُ. اَللهم صَلِّ
وَسَلَّمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ
وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إَلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ.
أَمَّابَعْدُ،
فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا
اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ
اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ (سورة الحشر: ١٨)
مَعَاشِرَ
الْمُسْلِمِيْنَ حَفِظَكُمُ اللهُ
Hari berganti hari. Bulan berganti bulan. Tahun berganti tahun. Tidak
terasa, kita sekarang sudah berada di awal tahun. Waktu berjalan terasa sangat
cepat. Jatah umur kita semakin menipis. Ajal kita semakin dekat. Maut ibarat
pedang terhunus yang setiap saat bisa saja menebas batang leher kita. Kita
tidak tahu kapan kita meninggalkan dunia yang fana’ ini. Kita juga tidak tahu
di mana kita akan mengakhiri hayat kita.
Jamaah Jumat حَفِظَكُمُ الله
Dalam aqidah Ahlussunnah wal Jamaah, para ulama mengajarkan kepada kita
bahwa yang mengalami pergantian waktu, peredaran masa, dan perubahan zaman
adalah makhluk. Sedangkan Allah ta’ala tidak berlaku bagi-Nya peredaran masa, karena Dia ada tanpa permulaan dan
ada tanpa akhir serta Mahasuci dari segala sifat perubahan. Imam Abu Manshur
al-Baghdadi mengatakan dalam al-Farq bain al-Firaq:
وَأَجْمَعُوْا
عَلَى أَنَّ اللهَ تَعَالَى لَايَحْوِيْهِ مَكَانٌ وَلَا يَجْرِيْ عَلَيْهِ
زَمَانٌ
Maknanya:“Golongan Ahlussunnah sepakat menyatakan bahwa Allah
tidak diliputi tempat dan tidak dilalui oleh peredaran masa.”
Jamaah Jumat حَفِظَكُمُ الله
Dalam kesempatan khutbah di awal tahun kali ini, khatib akan mengajak kita
semua untuk bermuhasabah dan merenungkan sabda Baginda Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam:
لَا
تَزُوْلُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ أَرْبَعٍ عَنْ
عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ جَسَدِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ
مَاذَا عَمِلَ فِيْهِ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا
أَنْفَقَهُ (رَوَاهُ ابْنُ حِبَّانَ وَالتِّرْمِذِيُّ)
“Kedua kaki
seorang hamba tidaklah beranjak dari tempat hisabnya pada hari kiamat hingga ia
ditanya mengenai empat hal: (1) umurnya, untuk apakah ia habiskan, (2)
jasadnya, untuk apakah ia gunakan, (3) ilmunya, apakah telah ia amalkan, (4)
hartanya, dari mana ia peroleh dan dalam hal apa ia belanjakan” (HR Ibnu Hibban dan at-Tirmidzi).
Jamaah Jumat حَفِظَكُمُ الله
Perkara pertama yang akan kita pertanggungjawabkan pada hari kiamat kelak
adalah umur kita. Sejak kita menginjak usia baligh, seluruh apa yang kita
yakini, kita ucapkan dan kita perbuat, akan kita pertanggungjawabkan kelak di
akhirat. Jika kita telah melakukan seluruh kewajiban dan menjauhkan diri kita
dari semua yang diharamkan, maka kita akan selamat dan bahagia. Sebaliknya,
jika tidak, maka kita akan binasa dan merana.
Jamaah Jumat حَفِظَكُمُ الله
Kedua, kita akan ditanya mengenai jasad kita. Jika seluruh anggota badan kita
gunakan untuk berbuat taat kepada Allah, maka kita akan senang dan beruntung.
Sebaliknya, jika kita menggunakannya untuk bermaksiat kepada Allah, maka kita
akan merugi dan buntung.
Ketiga, kita akan ditanya mengenai ilmu kita. Kita akan ditanya, apakah kita
telah mempelajari bagian ilmu agama yang fardlu ain untuk kita pelajari atau
tidak. Dan jika kita telah mempelajarinya, apakah sudah kita amalkan ataukah
tidak. Ilmu agama yang hukum mempelajarinya fardlu ain adalah seperti dasar-dasar
ilmu aqidah, hukum-hukum dasar terkait bersuci, shalat, zakat bagi yang mampu,
puasa, kewajiban hati, maksiat-maksiat anggota badan dan lain sebagainya. Dalam
sebuah hadits diriwayatkan:
وَيْلٌ
لِمَنْ لَا يَعْلَمُ، وَوَيْلٌ لِمَنْ عَلِمَ ثُمَّ لَا يَعْمَلُ
“Sungguh sangat
celaka orang yang tidak belajar (ilmu agama yang fardlu ain), dan sungguh
sangat celaka orang yang mempelajarinya tapi tidak mengamalkannya.”
Keempat, kita akan ditanya mengenai harta, dari mana kita memperolehnya dan untuk
apa kita belanjakan. Dalam masalah harta, manusia terbagi menjadi tiga
golongan, dua celaka dan satu yang selamat. Dua golongan yang celaka pada hari
kiamat adalah mereka yang mengumpulkan harta dengan cara yang haram atau dari
sumber yang haram, dan mereka yang mengumpulkan harta dengan cara yang halal
tapi membelanjakannya untuk hal-hal yang diharamkan. Sedangkan golongan yang
selamat adalah mereka yang mengumpulkan harta dengan jalan yang halal dan
membelanjakannya untuk perkara-perkara yang halal. Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda:
نِعْمَ
الْمَالُ الصَّالِحُ لِلرَّجُلِ الصَّالِحِ (رَوَاهُ أَحْمَدُ فِي مُسْنَدِهِ)
“Sebaik-baik harta adalah harta milik orang yang shalih.” (HR Ahmad dalam al-Musnad)
Karena orang yang shalih akan mencari harta dengan cara yang halal dan
membelanjakannya untuk hal-hal yang dihalalkan oleh Allah ta’ala.
Demikian khutbah yang singkat ini, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat
menuntun kita menuju kehidupan yang lebih baik dan pernuh barokah. Amin.
أَقُوْلُ
قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ
هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Khutbah II
إِنَّ
الْحَـمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ
وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَشْكُرُهُ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا
وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ
يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى سَيِّدِنَا
مُحَمَّدِنِ الصَّادِقِ الْوَعْدِ الْأَمِيْنِ،وَعَلٰىإِخْوَانِهِ
النَّبِيِّيْنَ وَالْمُرْسَلِيْنَ، وَرَضِيَ اللهُ عَنْ أُمَّهَاتِ
الْمُؤْمِنِيْنَ، وَآلِ الْبَيْتِ الطَّاهِرِيْنَ، وَعَنْ الْخُلَفَاءِ
الرَّاشِدِيْنَ، أَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنِ
الْأَئِمَّةِ الْمُهْتَدِيْنَ، أَبِيْ حَنِيْفَةَ وَمَالِكٍ وَالشَّافِعِيِّ وَأَحْمَدَ
وَعَنِ الْأَوْلِيَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ.
أَمَّا
بَعْدُ،فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ
الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ فَاتَّقُوْهُ، وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ
بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلٰى نَبِيِّهِ
الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (سورة
الأحزاب: ٥٦)، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ
سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ
سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ،فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ
وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، رَبَّنَاآتِنَا فِي
الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ،اَللّٰهُمَّ
اجْعَلْنَا هُدَاةً مُهْتَدِيْنَ غَيْرَ ضٰالِّيْنَ وَلاَ مُضِلِّيْنَ،
اَللّٰهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِنَا وآمِنْ رَّوْعَاتِنَا وَاكْفِنَا مَا أَهَمَّنَا
وَقِنَا شَرَّ ما نَتَخوَّفُ.
عِبَادَ
اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبٰى
ويَنْهٰى عَنِ الفَحْشٰاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ
تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلٰى
نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَاتَّقُوْهُ يَجْعَلْ
لَكُمْ مِنْ أَمْرِكُمْ مَخْرَجًا، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.
Ustadz Nur Rohmad, Peneliti/Pemateri Bidang Aqidah,
Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar