Ketika Sayyidina Husain Dihina
قيل
عن الحسين بن علي رضي الله عنهما أنه بلغه عن رجل كلام يكرهه فأخذ طبقًا مملوءًا
من التمر الجني وحمله بنفسه إلي دار ذلك الرجل فطرق الباب فقام الرجل وفتح الباب
فنظر إلي الحيسن ومعه الطبق فقال: وما هذا يا ابن بنت رسول الله؟ قال: خذه فإنه
بلغني عنك أنك أهديت إليّ حسناتك فقابلت بهذا
Dikisahkan tentang Sayyidina Husain bin Ali
radiyallahu ‘anhumâ bahwa telah sampai kepadanya perkataan seseorang yang tidak
menyenangkannya, kemudian ia mengambil piring besar dan memenuhinya dengan
kurma yang baru saja dipetik. Ia membawanya sendiri ke rumah orang yang berkata
tidak menyenangkan itu.
Sayyidina Husain mengetuk pintu rumah orang
itu. Orang itu berdiri membukanya. Ia melihatnya membawa piring besar yang
penuh dengan kurma. Orang itu bertanya: “Apa ini, wahai cucu Rasulullah?”
Sayyidina Husain menjawab: “Ambillah piring
penuh kurma ini, karena telah sampai kepadaku bahwa kau telah menghadiahkan
amal kebaikanmu padaku, maka aku ganti dengan ini.” (Imam Abû Hâmid al-Ghazali,
al-Tibr al-Masbûk fî Nashîhah al-Mulûk, Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyyah, 1988,
hlm. 24-25)
****
Penghinaan seringkali disikapi dengan
kemarahan. Itu bukan hal yang aneh, karena memang wajar. Siapa pun yang dihina,
dia akan tersinggung dan marah. Pertanyaannya, ke mana kemarahan itu menuju dan
menjadi apa kemarahan itu?
Rasulullah bersabda (HR Imam al-Bukhari): “lâ
taghdab—jangan marah.” Tidak hanya berhenti sampai di situ, dalam riwayat lain
terdapat tambahan (HR Imam al-Thabrânî): “lâ taghdab, wa laka al-jannah—jangan
marah dan untukmu surga.” Dengan kata lain, kemarahan bisa membuat orang
kehilangan peluang masuk surga dan mengantarkannya lebih dekat ke pintu neraka.
Untuk memperjelas, mari kita kaji lebih dalam lagi.
Apa yang dilakukan Sayyidina Husain dalam
kisah di atas tidak sesederhana yang dibayangkan. Ia membawa formula “lâ
taghdab” ke tingkat yang lebih tinggi, tidak sekedar bermain di wilayah menahan
(sabar), tapi juga memasuki wilayah bersyukur. Kita tahu, kompetensi dasar “tidak
marah” adalah menahan diri (sabar). Dengan menahan diri, Allah sudah
menjanjikan kita surga. Dan perlu diingat, menahan diri itu tidak mudah.
Siapapun orangnya pasti pernah mengalaminya, yang membedakannya adalah berubah
menjadi apa kemarahan itu.
Dalam kisah di atas, Sayyidina Husain
menampilkan sikap yang sukar dimengerti oleh manusia pada umumnya. Ia
mengekspresikan kemarahannya dengan wajah syukur. Memberikan sepiring besar
kurma sebagai ganti amal baik yang telah berpindah kepadanya. Karena dalam
Islam ada hukum yang mengajarkan, jika ada orang yang bicara buruk tentang
seseorang, amal baiknya akan berpindah ke orang yang dibicarakannya.
Sayyidina Husain tidak mau menerima amal baik
orang lain dengan cuma-cuma. Ia harus menggantinya dengan sesuatu yang langsung
terasa manfaatnya oleh orang tersebut. Bagaimana tidak, ia telah mendapatkan
manfaat langsung dari ucapan buruk orang tersebut, maka ia harus melakukan hal
yang sama, memberikan sesuatu yang bermanfaat secara langsung padanya. Baginya,
mengambil manfaat tanpa mendermakan balasan yang setara termasuk perbuatan yang
tidak terpuji.
Jauh sebelum Sayyidina Husain, Nabi Isa as
pernah menyampaikan nasihat kepada Nabi Yahya as agar menghadapi gunjingan dan
kebohongan dengan syukur kepada Allah. Artinya, pola sikap semacam ini
merupakan sikap yang ditunjukkan oleh para nabi, kemudian diteruskan oleh para
wali dan ulama yang shalih. Nabi Isa as berkata:
وإن
قال فيك كذبًا فازددْ من الشكر فإنه يزيد في ديوان أعمالك وأنت مستريح، يعني أن
حسناته تكتب لك في ديوانك
“Jika seseorang berkata dusta tentang dirimu,
maka tambahkan syukurmu. Karena sebenarnya dia sedang menambah amalmu di buku
catatan (amalmu) dan kau pun menjadi orang yang damai. Maksudnya adalah bahwa
amal baik orang itu akan dicatat atas namamu dalam buku catatan (amalmu).”
(Imam Abû Hâmid al-Ghazali, al-Tibr al-Masbûk fî Nashîhah al-Mulûk, 1988, hlm.
24)
Dilihat dari sudut pandang lain, sebagai
penerus tradisi para nabi, tindakan Sayyidina Husain juga menunjukkan keadilan
yang luar biasa. Dengan menerima hinaan atau gunjingan dari orang lain, ia
mendapatkan dua kebaikan sekaligus; kebaikan dari keberhasilannya menahan
amarah, dan kebaikan dari pindahnya amal baik orang lain kepadanya. Karena itu,
ia memberikan sesuatu sebagai bentuk keadilan kepada orang yang telah berjasa
kepadanya, meski jasa itu dilakukan dengan cara yang tidak beretika.
Selain itu, ia juga menampakkan akhlak mulia.
Sikapnya berhasil meninggalkan kesan mendalam di hati si penggunjing atau
penghinanya. Bisa jadi ini merupakan gambaran paling sesuai mengenai dakwah bil
hikmah. Dakwah yang muncul dari penerapan kaidah agama di tataran ideal
tertingginya, sehingga menyentuh hati orang tanpa harus membuat-buat sesuatu.
Ini membuat kita jadi tahu bahwa satu ajaran
agama jika diamalkan dalam tataran idealnya dapat membuka banyak pintu
amal-amal lainnya. Berbeda jika pengamalan ajaran agama berada di batas “hanya
sekedarnya saja”. Misalnya anjuran “lâ taghdab—jangan marah” dilakukan hanya
sekedarnya saja tanpa membawanya ke wilayah syukur, adil dan wilayah-wilayah
lainnya.
Hal ini sama sekali tidak bertentangan dengan
pakem “mengamalkan agama semampunya.” Karena bahasa “semampunya” sebenarnya
bahasa yang tidak memiliki batas yang jelas, tergantung pada setiap individu.
Artinya setiap orang memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda. Kemampuan
manusia berkembang setiap harinya. Jadi, yang perlu dilakukan oleh manusia
adalah melebarkan ruang kemampuannya untuk meningkatkan pengamalan agamanya ke
level yang lebih tinggi. Yang terpenting adalah jangan sampai berlebih-lebihan.
Kesimpulannya, kisah di atas merupakan
pelajaran besar bagi kita agar meningkatkan standar kompetensi kita tentang
“jangan marah”. Bahwa sabar tidak hanya diam menerima hinaan dan gunjingan,
tapi mewujud juga dalam bentuk syukur dan adil. Kita pun harus sadar bahwa kita
sedang menerima kebaikan (pahala) dari orang yang berbicara buruk tentang kita.
Jika kita sadar akan hal itu, harapannya kita akan lebih mudah menerima semua
kebencian tentang kita. Pertanyaannya, pernahkah kita mengatakan “jangan marah”
di saat kita sedang marah?
Semoga bermanfaat... []
Muhammad Afiq Zahara, alumni Pondok Pesantren
Darussa’adah, Bulus, Kritig, Petanahan, Kebumen dan Pondok Pesantren al-Islah,
Kaliketing, Doro, Pekalongan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar