Senin, 22 Juli 2019

(Ngaji of the Day) Bahaya Heatstroke bagi Jamaah Haji, Cegah dengan Cara Ini


Bahaya Heatstroke bagi Jamaah Haji, Cegah dengan Cara Ini

Musim haji tahun 2019 ini bertepatan dengan musim panas di negeri Arab. Perkiraan suhu udara akan sangat tinggi, bahkan mencapai 40°C. Cuaca sangat panas semacam ini dapat mengganggu kesehatan jamaah haji, sehingga pelaksanaan haji bisa menjadi tidak maksimal.

Salah satu gangguan kesehatan akibat panas yang kerap mengancam jamaah haji dan umrah adalah gejala heatstroke. Heatstroke atau sengatan panas didefinisikan sebagai kondisi suhu tubuh meningkat sangat tinggi dengan adanya gangguan tubuh sistemik. Kondisi ini diakibatkan paparan panas ekstrem berlebih, atau peningkatan aktivitas fisik pada suhu tubuh maupun lingkungan tinggi. Keduanya adalah dua hal yang niscaya akan dihadapi jamaah haji maupun umrah.

Masyarakat Indonesia yang tidak terbiasa dengan cuaca panas ekstrem tentu perlu menyesuaikan diri. Kondisi temperatur udara yang dapat diterima oleh seseorang erat kaitannya dengan kelembaban udara. Kita tahu, kelembaban udara di beberapa lokasi ibadah haji – juga Arab Saudi secara umum – cenderung kering. Udara kering ini, membuat cairan tubuh akan mudah menguap.

Ketika suhu tubuh sangat tinggi sampai 39 celsius, tubuh dapat memasuki fase heatstroke. Rasa sangat haus, letih, mual muntah, pusing, pembuluh nadi teraba cepat dan kuat, kulit panas dan kering, hingga penurunan kesadaran menjadi gejala yang muncul pada korban heatstroke.

Kurang minum, berkeringat nggobyos, dan cairan tubuh yang menguap secara masif akibat cuaca panas dapat berujung pada dehidrasi berat. Lebih berbahaya lagi saat terjadi syok hipovolemik akibat kandungan air dan elektrolit dalam darah berkurang drastis.

Akibat paling fatal dari heatstroke adalah kegagalan fungsi organ secara sistemik, yang disebut total organ failure, dengan manifestasi berupa gagal ginjal, gagal jantung, dan gagal otak – yang berujung pada kematian.

Mengingat ekstremnya lingkungan lokasi haji di Arab sekali, serta berat dan padatnya aktivitas ibadah haji, Kementerian Kesehatan RI merilis tips saat ibadah haji maupun umrah yang perlu dilakukan guna mencegah heatstroke sebagai berikut:

1.     Perbanyak minum air setiap 2-3 jam, tidak perlu menunggu haus. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat memicu gangguan tubuh secara sistemik. Salah satu pemicu heatstroke juga kurangnya asupan cairan. Minum air secara rutin dapat mengurangi risiko ini.
2.     Semprotkan air ke wajah dan bagian tubuh lainya yang terkena sinar matahari. Pada heatstroke, cuaca panas ekstrem menyebabkan penguapan cairan tubuh yang masif. Mengondisikan badan tetap lembab akan mengurangi evaporasi berlebih cairan tubuh tersebut.
3.     Menggunakan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat. Pakaian yang longgar akan mengurangi penguapan cairan, serta mengurangi terperangkapnya panas yang memicu peningkatan suhu tubuh.
4.     Bagi jamaah berusia lanjut atau jamaah dengan kebutuhan khusus, sebaiknya berpergian dengan pendamping. Sangat riskan bagi lansia jika tidak didampingi karena berbagai risiko yang mungkin terjadi, terlebih sudah mengidap penyakit tertentu sebelumnya.
5.     Menggunakan alas kaki, pakai payung dan penutup kepala jika bepergian – di luar rangkaian haji dan umrah yang melarang penggunaan asesoris tersebut. Penutup kepala dan payung dapat mengurangi paparan langsung sinar matahari sehingga hidrasi tubuh tetap terjaga.

Penanganan awal pada korban heatstroke adalah dengan memindahkan korban ke ruangan dingin, kompres kain basah dingin di ketiak atau lipat paha, atau menyiram badan korban dengan air dingin. Tindakan ini dilakukan sembari segera menghubungi dokter untuk pertolongan lebih lanjut.

Demikianlah beberapa hal tentang gejala heatstroke yang mengancam jamaah haji dan umrah, disertai cara pencegahannya. Bukankah akan lebih banyak fadhilah yang bisa didapat jika ibadah haji bisa dijalani dengan bugar, mulai berangkat hingga kembali ke Tanah Air? Semoga haji dan umrah Anda mabrur dan lancar, dan bagi yang belum berkesempatan semoga dimudahkan Allah. Wallahu a’lam. []

(Muhammad Iqbal Syauqi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar