Kamis, 18 Juli 2013

(Ponpes of the Day) Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah, Bandung - Jawa Barat


Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah, Bandung – Jawa Barat

 

Sejarah

 

Adalah KH. Q Ahmad Syahid, Ph.D bin KH. Sholeh, seorang kiayi yang pernah menjuarai MTQ Tk. Nasional Pertama 1968 di Makasar Ujung Pandang, dengan tekad yang kuat dan tanggung jawab sosial yang tinggi, di tengah himpitan keterbatasan ekonomi dan kondisi sosial yang tidak ramah, pada tanggal 03 Mei 1971 ia merintis pendirian Pesantren al-Qur’an Al-Falah, di atas lahan seluas 2100 M2 dengan sebuah rumah tua yang dibeli dari KH. Romli Ishaq dengan uang hasil rekaman PH di Remaco sebesar Rp 60.000 (1970).


Di rumah tua itulah, dengan penuh suka cita ia tinggal bersama isteri tercinta Hj. Euis Kultsum, dan sekaligus memulai misi “profetis”-nya, untuk mengajarkan al-Quran dan menyemaikan nilai-nilai al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penuh ketekunan & keikhlasan ngawuruk ngaji (dibaca: ta’lim, tarbiyah dan ta’dib), meski muridnya hanya tiga orang santri.

 

Seiring dengan perjalanan waktu, terutama setelah lawatan beliau ke Negeri Thailand masih pada tahun 1971 dalam rangka muhibah tilawat al-Quran, jumlah santri yang ingin berguru semakin bertambah, sehingga tempat pemondokan pun tidak mampu lagi menampung mereka. Oleh karena itu para santri pada waktu itu sempat dititipkan sementara di pabrik tektil yang belum beroperasi. Berkat kegigihan beliau dan kerjasama dengan semua lapisan masyarakat maka Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah, dalam tiga dasawarsa telah menjadi lembaga yang besar dan dikenal oleh banyak kalangan, karena peranannya dalam kehidupan masyarakat.

 

Yayasan Asysyahidiyyah Cicalengka Bandung, dengan semangat pelayanan dan pemberdayaan edukatif bagi masyarakat melalui lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah, membuka kesempatan bagi semua elemen masyarakat yang ingin mempersiapkan anak-anaknya untuk memiliki bekal pengetahuan dan wawasan yang luas serta keterampilan hidup (life Skill) dan kepribadian yang soleh, sebagaimana tuntunan al-Quran dan al-Sunnah.

 

System Pendidikan dan pembelajaran di Al Falah

 

Proses pendidikan dan pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah didesign sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berorientasi pada minat serta tingkat kompetensi santri melalui program full day learning di Pondok Pesantren dan di Madrasah Tsanawiyah / Aliyah Al-Falah.

 

Output

 

Siswa yang telah menyelesaikan proses pendidikan dan pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah diharap kan mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan memiliki hapalan al-Qur'an (minimal 1-2 Juz untuk santri tingkat tsnawiyah), mampu menafsir Al-Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki dasar pemahaman yang kokoh dalam berbagai disiplin ilmu-ilmu keislaman serta mempunyai kepribadian yang sholeh, sehingga memberikan manfa’at bagi kehidupan masyarakat.

 

Visi, Misi dan Strategi

 

Visi

Menjadikan Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah II sebagai Pondok Pesantren terdepan dalam mencetak calon ulama dalam kajian ulum Al-Quran.

 

Misi

Mencetak santri untuk menjadi al-ulama al-’amilun dan al-’amilun al-’ulama dengan landasan aqidah ahli al-sunnah wa al-jama’ah

 

Strategi

Membaca, mendalami dan mengamalkan al-Quran setiap hari

 

Kurikulum

 

Pengajian Kitab Salafi adalah program utama bagi semua santri di luar waktu sekolah, dengan memadukan konsep tradisional dan metodologi modern. Program ini disajikan agar santri menguasai ajaran Islam secara utuh dari literatur berbahasa Arab. Program pengajian ini mencakup studi Tilwaat, Tafsir Hadits, Tajwid, Aqidah, Akhlak, Tasowwuf, Fiqh, Bimbingan Ibadah, Nahwu, Shorof dan Bahasa Arab. Dengan program unggulan Qiro'at dan Tahfidz Quran yang dipandu oleh para Qori dan Hafidz bertaraf international.

 

Materi pengajian disajikan dalam system semester dengan diklasifikasikan ke dalam dua kelompok yaitu:

a.     Materi Pengajian yang disampaikan selama tiga tahun, seperti: tilawat, tahfidz, tafsir dan tashowwuf

b.    Materi Pengajian yang disajikan dalam semester tertentu, seperi: tauhid, fiqh, nahw, sharaf, bahasa Arab, Hadits,Tarikh, dan manhaj qira’at

 

Kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah disusun sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat anak didik, serta lebih diorientasikan pada kemampuan membaca, memahami, dan menghapal beberapa disiplin ilmu Al-Qur'an seperti Tajwid, Qira’at, Tahfidz dan Tafsir Al-Qur'an.

 

Sistem Pengajian


Pengajian tilawah dan qira’at dilaksanakan secaraTalaqqi, dengan sistem pengelompokan pada tahaf Tahajji, Mu’allam, Murattal dan Mujawwad. Sedangkan untuk bidang-bidang yang lain dilaksanakan secara klasikal dengan menggunakan rujukan kitab-kitab klasik yang menggunakan bahasa Arab.

 

Spesialisasi


Disamping program umum dalam berbagai disiplin ilmu, Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah juga menyajikan program khusus sebagai spesialisasi keilmuan yaitu dalam bidang Tilawat dan Qira’at melalui pembinaan yang berkelanjutan oleh para Qori dan Qoriah yang berskala Nasional dan Internasional.

 

Selain itu, di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah II juga di selenggarakan program Tahsin dan Tahfidz al-Quran bagi santri Takhosshush yang berminat menghapal al-Quran.

 

Referensi Pengajian

Tilawat : Mushhaf Utsmany

Tafsir : Tafsir Munir dan al-Jalalen

Tajwid : Fathu al-athfal, Hidayatul mustafid, Jazariyah, Minahul fikriyah

Qira’at : Manhaj Qira’at al-Asyarat

Tauhid : Tijan al-Darury, al-Sanusiyah

Fiqh : Safinat al-Naja, Fath al-Qarib

Akhlaq : Ta’lim

Tashawwuf: Kifayat al-Atqiya, Ihya Ulum al-Din

Hadits : Mukhtar al-AHadits

Tarikh : Khulashah Nurul Yaqin

Nahw : Amtsilaty, al-Ajurmiyah

Shraf : Amtsilaty, al-Kaelany

Bhs Arab : Muthala’ah al-Lughah al-Arabiyah

Ulum al-Quran : Al-Tibyan

Ulum al-Hadits : Al-Taesyir

Ushul Fiqh : Mabadi Awaliyah

Balaghah : Pengantar Ilmu Balaghah

 

Fasilitas

 

Pesantren Al-Quran Al Falah memiliki fasilitas-fasilitas Ruang belajar (15 lokal), Asrama (16 lokal), Mesjid, Perpustakaan dengan referensi memadai, Labolatorium Bahasa, Labolatorium Komputer, Pos Kesehatan Pesantren dan tenaga medis, Gedung Serbaguna dengan kapasitas 3000 orang, lapangan olah raga, Mini market dan kantin, dan beasiswa bagi siswa yang berprestasi.

 

Pesantren Al-Quran Al Falah berdiri di dua lokasi yang terdiri dari Pondok Pesantren Al Falah I dan Pondok Pesantren Al Falah II.

 

Pondok Pesantren Al Falah I terletak di Jl. Kapten Sangun Cicalengka, di sini terletak asrama santri untuk tingkat Tsanawiyah dan ruang belajar Tsanawiyah dan kampus STAI. Fasilitas Pondok Pesantren Al Falah I antara lain:

-       Asrama santri berkapasitas 700 putra dan 500 putri

-       Masjid berkapasitas 500 orang sholat berjamaah, 700 orang untuk mengaji

-       Ruang belajar sebanyak 18 lokal dan asrama 35 lokal;

-       Ruang kantor sebanyak 2 lokal;

-       Ruang laboratorium Qiro'at, komputer, bahasa arab, bahasa inggris serta IPA

-       BEASISWA bagi 50 siswa-siswi yang berprestasi;

-       Kantin, kios telpon dan mini market.

 

Pondok Pesantren AL Falah II terletak di Km 38 Nagreg Kab. Bandung Jawa Barat; sebuah dataran tinggi (kl 900 meter dpl) yang dikelilingi oleh bukit-bukit; atau berada di sekitar 8 km ke arah timur Pondok Pesantren Al- Falah I. Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah II ini berdiri di atas lahan 60.000 M2; yang berasal dari tanah wakaf dari seorang dermawan Purn. Zaenal Abidin (alm) seluas 20.000 M2, dan hasil usaha Yayasan, seluas 40.000M2. Pada tiga tahun pertama Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah II ini hanya dikhususkan untuk santri putra tingkat Aliyah, kemudian pada tahun 1998 dibuka untuk santri putri, dengan langkah pertama santri putri dari Pondok Pesantren Al-Qur'ana Al-Falah I dihijrahkan ke Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah II dan berlanjut sampai dengan sekarang. Fasilitas Pondok Pesantren Al Falah I antara lain:

-       Asrama santri berkapasitas 180 putra dan 250 putri

-       Masjid dengan kapasitas 200 orang sholat berjamaah dan mushola berkapasitas 150 berjamaah putrid

-       Perpustakaan dengan koleksi kitab kuning dan buku-buku berbahasa Indonesia, Inggris dan bahasa asing lainnya.

-       Aula berkapasitas 3000 orang

-       Ruang belajar 15 lokal, asrama 15 lokal, asrama tahfidz (penghapal Quran) 1 lokal

-       Ruang kantor 1 lokal, sekretariat 1 lokal

-       Ruang laboratorium Qiro'at, komputer, bahasa Arab, bahasa Inggris serta IPA

-       BEASISWA bagi 50 siswa-siswi yang berprestasi

-       Lembaga Pendidikan Komputer

-       Lapangan olah raga

-       Pos Kesehatan Pesantren

-       Kantin, kios telpon dan mini market.

-       Ruang setoran hapalan Quran dan mutun kitab salafi

 

Lokasi

 

Pondok Pesantren Al Quran AL Falah I

Jl. Kapten Sangun 6 Cicalengka, Bandung 40395 Indonesia

Phone : +62 (22) 794 9232, +62 (22) 7072 1632, Fax : +62 (22) 794 8748

 

Pondok Pesantren Al Quran AL Falah II

Jl. Raya Nagreg Km 38 Pamucatan Nagreg, Bandung 40397 Indonesia

Phone : +62 (22) 795 1035, +62 (22) 795 1192, Fax : +62 (22) 794 1014

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar