Jumat, 30 Agustus 2013

(Ponpes of the Day) Pondok Pesantren Kempek, Kabupaten Cirebon – Jawa Barat


Pondok Pesantren Kempek, Kabupaten Cirebon – Jawa Barat

 



 

Kempek adalah nama sebuah desa di wilayah Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon didekat kecamatan kecil Palimanan yang diapit antara dua jalur besar arah Jakarta dan arah Bandung. Kurang lebih 15 km sebelah barat kota Cirebon.


Kempek inilah yang dijadikan nama Pesantren pada tahun 1908 oleh pendirinya, yakni Mbah KH. Harun putra pasangan KH. Abdul Jalil yang berasal dari Pekalongan, dengan Nyai Hj. Kamali merupakan seorang perempuan berdarah Sunda dari Kedondong.


Setelah beliau wafat pada tanggal 23 Maret 1935, perkembangan pesantren kemudian dilanjutkan oleh putra dan menantu beliau, yakni KH. Yusuf Harun (putra), KH. Umar Sholeh (putra), KH. Manshur Zubair, Losari (menantu), KH. Zuhdi Ilyas, Surakarta (menantu), K. Muslim,Tegal (menantu), KH. Nashir Abu Bakar, Tegal (menantu), KH. Ma'shum Siroj, Gedongan (menantu), KH. Aqiel Siroj, Gedongan (menantu) dan KH. Hasan Harun (putra).


Untuk mengefektifkan penanganan pendidikan di pesantren sebagaimana yang telah dikembangkan secara berkesinambungan oleh Mbah KH. Harun (tahun 1908 – 1935), KH. Yusuf Harun (tahun 1935 – 1949) dan KH. Umar Sholeh Harun (tahun 1949 – 1999) serta sejak tahun 1999 dipegang oleh putra tunggalnya KH. Nawawi Umar sampai sekarang.

 

Pondok MTM KempekCirebon adalah wilayah penting bagi penyebaran ahlussunnah wal-jamaah yang dikembangkan Nahdlatul Ulama di Indonesia. Cirebon selalu melahirkan generasi emas yang mampu berkontribusi membangun peradaban Islam di Indonesia, sejak era Sunan Gunung Jati hingga reformasi. Posisi strategis inilah yang mendorong PBNU melangsungkan acara Konbes dan Munas Alim Ulama NU di Cirebon. Tepatnya di Pondok Pesantren Kempek.

 

Bicara tentang Pesantren Kempek, tentu kita tidak bisa melepaskan dengan kiprah "Pendawa Lima" (lima tokoh) yang memotori sejarah perkembangan Pesantren Kempek ini. Pandawa Lima merupakan tokoh yang tidak dapat dipisahkan dengan kisah Mahabrata. Pandawa Lima adalah sebutan untuk lima bersaudara, putra dari Pandu Dewanata yakni Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Namun kisah Pandawa Lima kali ini ada di salah satu Pesantren tradisional yang dibangun lebih dari satu abad lampau, tepat nya pada tahun 1908 oleh AL Mukarrom Mbah KH Harun AL-KEMPEKY.

 

Lahirlah keluarga kecil dengan jasa yang sangat besar dan di kagumi oleh seluruh santri dan kiai. Yaitu keluarga Mbah Kiai Haji 'Aqiel Siroj'. Awalnya Kiai Aqil adalah salah satu santri di Pondok Pesantren Kempek yang di asuh oleh Mbah KH Harun. Karena beliau terkenal cerdasnya, lalu beliau dinikahkan oleh anak Mbah Kyai Harun dari istri kedua yaitu Nyai, Hj. Afifah.

 

Dibinalah keluarga kecil di ruang lingkup pesantren. Kiai Aqiel pada tahun 1960-an merintis Majlis Tarbiyatul Mubtadi'ien guna mengektifkan pendidikan di Pesantren Kempek Cirebon. Dan dari pernikahanya lahirlah 5 putra:

 

Abuya KH Ja'far Shodiq Aqiel Siroj.

 

Di antara putra-putra kiai Aqiel beliau adalah salah satu putra yang paling tegas, cerdas dan taguh dalam pendirinya. Kiai alumni Pondok Pesantren Lirboyo juga ini menjadi Pengasuh Majlis Tarbiyatul Mubtadi'ien Pondok Pesantren Kempek yang di rintis oleh ayahnya setelah ayahnya tiada. Beliau juga ia mendirikan Yayasan Kyai Aqiel Siroj (KHAS) Kempek guna memberikan pendidikan yang luas untuk pesantren kempek dan menjadi ketuanya.

 

Bukan hanya itu resolusi beliau. Beliau juga menjadi Ketua MUI Cirebon dan juga menjadi Mustasyar PCNU Cirebon. Kesibukannya bukan hanya dalam organisasi Islam tapi beliau juga kembangkan ilmunya dengan mengajar Kitab AlFiyah dengan santri-santri pesantren Kempek. Beliau di karuni 6 Putra-Putri dengan Ny.Hj. Daimah yaitu putri dari uwanya yaitu KH.Nashir Abu Bakar (KIai Kempek). putra-putrinya pun ikut membantu pengembangan MTM Pesantren Kempek Putra dan Putri juga Pendidikan Yayasan KHAS Kempek.

 

DR KH Said Aqiel Siroj.

 

Beliau lahir di komplek pesantren Kempek tepatnya pada 3 juli 1953. Putra kyai Aqiel ini adalah salah satu putra yang terjun langsung dalam orang yang berpengaruh di dunia. Beliau aktifkan pemikiran, kecerdasan dan ke'arifannya di Nahdlatul Ulama (NU) dengan membawa visi misi pesantren. Ia pun menjadi ketua Umum PBNU (2010-sekarang), Penasehat MTM Pondok Pesantren Kempek, dan juga menjadi wakil kakaknya di Yayasan KHAs Kempek Cirebon.

 

Di antara putra kyai Aqiel, hanya Kang Said-lah yang berlama lama di Makkah sampai berkeluarga di kota kelahiran Nabi ini. Dia mempunyai title yang sangat luar biasa. Beliau dikaruniai 4 putra dan putri. semua putra putri nya di lahirkan di arab dengan ibu Ny. Hj Nurhayati Abdul Qadir.

 

KH Muh. Musthofa Aqiel Siroj.

 

tutur katanya selalu membuat orang yang mendengarkan menjadi luluh hati, beliau adalah Mubaligh Kondang. Semua bahasa lokal hampir beliau kuasai. Anak ke tiga kyai Aqiel ini adalah kiai mubaligh yang handal dalam pembicaraan da'wahnya sampai-sampai beliaupun di jadikan Mustasyar Ikhwanul MUballighin. Ia pun menjadi Penasihat MTM Pondok Pesantren Kempek, dan juga menjadi mudhir pengajiannya para kyai wilayah 3 cirebon yaitu Majlis Dirosah Ilmiah Al-Ghadier di bawah naungan Yayasan KHAS Kempek dan MTM. BUkan hanya kakaknya (Kang SAid) yang aktif dalam Nahdlatul Ulama tapi kang Muh (nama akrab beliau) juga ikut berperan dalam kemaslahatan NU. Tepatnya menjadi Katib Syuriah PBNU. Dan menjadi bendahara dalam kependidikan Yayasan KHAs kempek. Kesibukannya bukan hanya di geluti dengan berdakwah dan berorganisasi saja tapi ia pun kembangkan ilmunya dengan mengajar para kyai-kyai sewilayah tiga cirebon setiap jum'at siang (ba'da jum'atan) dengan kitab Tafsir jalallain dan mengajar santri-santrinys dengan Kitab pasaran setiap pagi dengan Kitab Ihya Ulummuddien karangan Imam GHazali. Beliau di karuniai 4 putra dengan putri Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarah Mbah Kyai Maemun Zubair yaitu Nyai.Hj.Shobihah.

 

KH Ahsin Syifa aqiel Siroj.

 

Alim dan cerdas juga istiqamah. Ketiga kakak-kakaknya yang menuruni ayahandanya adalah kang Ahsin bahkan Abuya Ja'far sangat kagum dengan semua yang di miliki oleh adiknya ini. Kecil hingga dewasa sampai ayahnya wafat beliau hanya di didik oleh ayahnya, tidak seperti kakak-kakaknya atau adiknya.

Beliau tidak pernah mengijinkan kakaknya ke pesantren lain kecuali di ruang lingkup Pesantren Kempek. Kini beliau menjadi Pimpinan Majlis Tarbiyatul Mubtadi'ien Pesantren Kempek. Dan beliau selalu istiqamah dalam pembelajaran santri-santri Majlis Tarbiyatul Mubtadi'ien dengan berbagai kitab. Beliau di karuniai 2 putri dengan putri kiai kempek yaitu Nyai.HHj.Iin Muhsinah.

 

KH Ni'amillah Aqiel Siroj.

 

Cerdas dan gaul. KAng Ni'am adalah kiai yang mudah bergaul dengan siapa saja. Sopan dan santun, tegas dan bijaksana. Beliau di percaya menjadi kepala Madarasah KHAS Kempek dan menjadi ketua umum Muhadhoroh MTM Pesantren Kempek. Beliau di karuniai 3 Putra-Putri dengan Putri kiai Buntet Yaitu Nyai.Hj. Titim Fatimah.

 

Kelima Putra MMbah Kyai Aqiel Siroj banyak dijuluki oleh sebagian golongan dengan sebutan Pandawa Lima. Beliau-beliau inilah sang Pendekar dari Pesantren Kempek, ulama-ulama yang dibutuhkan oleh umat, bangsa negara.

 

Yayasa KHAS

 

Yayasan kyai Haji Aqiel Siroj (KHAS) Pondok Pesantren Kempek Cirebon merupakan yayasan yang berkonsentrasi pada pendidikan dengan berbasis pada nilai-nilai salaf. Dalam perkembangannya, lembaga ini mempunyai peran yang cukup signifikan dalam membentuk insan yang berwawasan ilmiah dan berakhlakul karimah sehingga menjadikan pondok Pesantren Kempek tetap survival dan eksis serta menjadi alternatif bagi orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya.


Kurikulum modern dan tradisional yang diramu secara apik melahirkan alumni-alumni yang kompetitif dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


TUJUAN
1. Membekali santri (siswa-siswi) dengan ilmu agama khususnya penguasaan  terhadap literature kitab-kitab kuning.

2. Mempersiapkan santri (siswa-siswi) dengan ilmu pengetahuan dan teknologi  inovatif yang berwawasan sosial kemasyarakatan.

3. Membentuk pribadi santri (siswa-siswi) yang mampu berprilaku religius  sekaligus membiasakan berfikir yang mencapai level diskoveri, inovasi & kreasi.


PROGRAM KEGIATAN

Yayasan KHAS mempunyai 4 unit pendidikan dengan perpaduan program antara kurikulum nasional (Diknas/Depag) dan kurikulum lokal (Pesantren). Program kurikulum nasional diberikan pada sore hari dan pagi serta malamnya para santri (siswa-siswi) mengikuti program belajar di pesantren.


Unit pendidikan Yayasan KHAS tersebut adalah :


1. Pesantren MTM Putra dan Putri (kurikulum lokal)
2. MTs KHAS Kempek (terakreditasi B – kurikulum Depag)
3. SMP KHAS Kempek ( SK. Ijin PSB – Kurikulum Diknas)
4. MA KHAS Kempek (terakreditasi B – kurikulum Depag)

EKSTRAKURIKULER
1. Bimbingan Al-Qur’an (tartil/tahfidz)
2. Bimbingan Nahwu – Sharaf
3. Kajian Kitab Fiqih, Tafsir, Hadits dan Tasawwuf
4. Diskusi keagamaan Dirosah Sunniyah
5. Pengembangan Bahasa Arab dan Inggris
6. Pengembangan Komputer dan Internet
7. Paskibra
8. Pramuka
9. PMR
10. Pengembangan Kreatifitas/Mading

SARANA DAN PRASARANA
1. Gedung tempat belajar
2. Laboratorium Komputer/labvolt
3. Perpustakaan
4. Masjid dan Musholla
5. Asrama
6. Sarana Olahraga
7. Koperasi, Kantin dan tempat makan
8. MCK dan Dapur Umum
9. Tanah luas status wakaf untuk pengembangan

TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar terdiri dari : Para kyai/nyai dan ustadz/ustadzah pesantren, guru-guru MTsN, SMPN, MAN dan SMUN, guru-guru dengan kualifikasi S.1 dan S.2 lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta.

STRUKTUR PENGELOLA
A. Yayasan
Ketua : Buya H. Ja’far S. Aqiel Siroj
Waket : Prof. DR. KH. Said Aqiel Siroj
Sekretaris : KH. Ahsin Syifa Aqiel Siroj
Bendahara : KH. Moh. Musthofa Aqiel Siroj
B. Sekolah
Kepala MTs : H. Shofiyuddin, S. Ag
Kepala SMP : H. Ahmad Zaeni Dahlan, Lc, M. Phil
Kepala MA : Drs. Ibnu Sirin, M. Pd

Syarat-syarat pendaftaraan
1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Menyerahkan fotocopy ijazah/STTB yang telah dilegalisir (2 lembar)
3. Menyerahkan STL/DNHUN asli beserta fotocopynya (2 lembar)
4. Menyerahkan fotocopy KTP orang tua/wali (2 lembar)
5. Menyerahkan salinan surat kenal lahir/akte kelahiran (2 lembar)
6. Menyertakan fotocopy ijazah diniyah takmiliyah/MD (1 lembar)
7. Menyertakan surat pindah dan raport bagi siswa pindahan
8. Pada tanggal 13 Juli 2009 berusia maksimal 18 tahun bagi MTs/SMP dan 21 tahun bagi MA
9. Menandatangani pernyataan orang tua/wali dan bersedia mentaati peraturan pendidikan
10. Menetap dan/atau mengaji di Muhadloroh MTM selama mengikuti pendidikan
11. Pendaftaran harus didampingi orang tua/wali

 

Alamat Pondok:

Jln. Tunggal Pegagan blok. Pesantren Ds, Kempek Kec, Gempol Kab. Cirebon 45161 Jawa Barat, Telp:62231-343604



Dari Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar