Kamis, 03 Januari 2013

(Kuliner of the Day) Menu Andalan Kerja Bakti: Sayur Asem, Ikan Asin, Oncom, Tahu, dan Tempe

Kerja bakti atau gotong royong, sebuah tradisi istimewa yang diwariskan oleh para pendahulu kita, benar-benar mempunyai nilai luhur yang tiada taranya. Sungguh teramat banyak fungsi dan hikmah yang ada di dalamnya. Kebersihan dan kenyamanan yang terjadi setelahnya, merupakan output dari sebuah kebersamaan dan ajang silaturahmi di antara warga. Yang sebelumnya masih kekurangan waktu untuk bertegur sapa, semuanya menjadi mencair penuh senda gurau dan tawa.

 

Mengeruk lumpur di got, memanjat pohon dan memangkas dahannya yang terlalu menjuntai, memotong rumput, dan merapikan semua hal, menjadi ringan karena dikerjakan bersama-sama. Para ayah berjibaku dengan peluh, anak-anak membantu, dan ibu-ibu menyiapkan segala kebutuhan logistiknya.

 

Pemenuhan dana kebutuhan logistik, selain disumbang dari dana kas RT secukupnya, biasanya diselingi dengan saweran seadanya. Ibu ini menyumbangkan segenggam beras dan kemudian menanaknya, ibu itu menyodorkan sebotol minyak goreng, ibu yang di sana kerupuknya, ibu yang di sini menguleg sambal, dan seterusnya. Semuanya ceria dan luar biasa.

 

Nah, tibalah saatnya, di waktu jedah menjelang tengah hari. Semuanya berkumpul.




Silahkan, ada tahu goreng.
 



Ada tempe goreng.
 



Ada pula ikan asin.
 



Dan juga oseng-oseng oncom.
 



Serta sepanci penuh sayur asem.
 



Mari jadikan semuanya dalam satu piring.
 



Dan nikmati bersama-sama.
 



 
Oh iya, masih ada juga penutup menunya. Kelapa segar yg baru dipetik dari sudut halaman rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar