Rabu, 16 Januari 2013

(Ensiklopedi of the Day) Swara Nahdlatoel Oelama


Swara Nahdlatoel Oelama

 

Majalah bulanan Swara Nahdlatoel Oelama diterbitkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Belum diketahui sejak kapan majalah ini terbit. Dokumentasi Perpustakaan PBNU dan Perpustakaan Nasional di Jakarta hanya menyimpan dari No. 6 Tahun ke-1, yang terbit pada bulan Jumadits Tsani 1346 H, hingga No. 12 Tahun ke-3, yang terbit bulan Dzul Hijjah 1348 H.


Dengan data ini, berarti No. Tahun ke-1 terbit pada bulan Muharom 1346 atau Juni 1927. Alamat redaksi berpindah-pindah, nomor 6 tahun ke-1 di Jalan Kertopaten, Kebondalem No. 6, Surabaya. Terbitan nomor 12 tahun ke-1 di Jalan Bubutan Gang 1, Surabaya, dan lain-lain.


Tertera nama Hasan Gipo sebagai mudir atau direktur (foto samping kanan). Ahmad Dahlan bin Muhammad Ahid duduk sebagai sebagai anggota. Pada No. 12 Tahun ke-3, Abdul Wahab Hasbullah Tambakberas sebagai redaktur dan administrasi tercantum nama Dahlan bin Abdul Qohhar Kertosono.


Rubrikasi majalah ini tidak jelas. Antara satu tulisan dengan tulisan lain hanya dipisahkan dengan baris dan dengan dua huruf hijaiyah “alif” dan “ha”, singkatan dari kata intaha, artinya habis.

 

Sebagian besar artikel tidak mencantumkan nama penulisnya. Di antara penulis yang memunculkan namanya adalah Mas Alwi bin Abdul Aziz, Abdul Wahab Hasbullah.


Majalah ini menggunakan bahasa Jawa dengan huruf pego atau pegon. Tapi, pada No. 11 Tahun je-3, ada satu tulisan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu dengan aksara latin, yakni keputusan kongres NU ke-10.

 

Dalam menampilkan iklan, majalah tersebut menggunakan huruf latin berbahasa Melayu atau Belanda. Di antara Iklan yang muncul adalah iklan bank, hotel, toko pakaian, toko kitab, biro perjalanan haji, hingga toko tempat tidur Hadji Sirat.


Jumlah halaman tidak pasti, nomor enam tahun pertama terdiri dari delapan halaman, halaman iklan terpisah, tidak ada nomor halamannya. Belum diketahui secara jelas kapan majalah ini mengakhiri terbitannya. Koleksi paling akhir yang dimiliki perpustakaan PBNU No. 12 Tahun ke-3, terbit pada bulan Dzul Hijjah 1348 H. []

 

(Hamzah Sahal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar