Senin, 25 Februari 2019

(Hikmah of the Day) Prediksi Nabi tentang Orang yang Berucap 'Hukum Saya Hanya Al-Qur'an'


Prediksi Nabi tentang Orang yang Berucap 'Hukum Saya Hanya Al-Qur'an'

Nabi Muhammad pernah memprediksi, akan ada kelompok orang yang dia itu goyang kaki saja kemudian dia mengatakan, saya hanya berhukum dengan Al-Qur'an saja.

Hal itu terjadi setelah Perang Hunain, tahun kedelapan Hijriah. Itu nabi bisa mengatasi pemberontakan orang Hunain, Tsaqif. Nabi banyak mendapatkan hewan, ontanya banyak, kambingnya banyak.

Kemudian nabi membagikannya. Semuanya dibagikan. Nabi tidak mebawa. Akhirnya ada orang yang nyeletuk di hadapan nabi, didengarkan. Wah, nabi enggak beres nih, nabi enggak adil.

Nabi marah; siapa lagi yang adil kalau rasulullah tidak adil? Kamu tahu tidak, mereka itu akan hidup, pulang ke rumahnya, kamu akan pulang bersama nabi di Madinah. Kamu memilih mana? Saya bagikan kepada mereka supaya mereka mau masuk Islam. Nah, orang yan gnyeletuk itu, dikatakan, akan muncul dari keturunan orang itu, yang keras-keras, lupa juga namnya.

Kenapa dianggap tidak adil?

Karena Nabi tidak membagikan harta rampasan perang Hunain untuk mereka yang berperang. Tidak ada yang dibagi. Hanya orang-orang tertentu, sahabat yang tidak ikut berperang. Sahabat yang ikut perang tidak usah mendapat bagian lagi. Jadi para sahabat yang ikut berperang. Nabi emahami semuanya. Kamu dulu kafir, siapa yang mengislakan kamu. Semuanya pada nangis. Ya sudah, kami akan berpulang bersama nabi. Jadi, setelah itu, ibnu qumaiah. Kemudian, setelahnya itu munculnya ibnu uljam dan yang lain-lain karena nabi predikdinya seperti itu. []

(Abdullah Alawi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar