Menziarahi Para Kiai
dari KH Aziz Masyhuri
Judul
: 99 Kiai Kharismatik Indonesia
Penulis
: KH. A. Aziz Masyhuri
Tahun
: 1, Oktober 2017
Penerbit
: Keira Publishing
Peresensi
: Alif Nurul
Begitu banyak krisis
di negara tercinta ini, termasuk krisis moral. Masih hangat di telinga, berita
pemukulan kiai di salah satu pondok pesantren di bilangan kota Bandung belum
lama ini. Entah, apa modus dari tragedi di atas. Yang jelas, hemat saya, ini
adalah bukti bahwa moral kita tengah berada pada status mengkhawatirkan. Kita
sudah lupa betapa sakralnya kiai dan guru dalam kehidupan. Kita mungkin sudah
luput dari pepatah Sahabat Ali r.a, “Bahwa aku adalah hamba dari orang yang
mengajariku satu huruf sekalipun.”
Belum lagi,
akhir-akhir ini kita disibukan oleh beragam ceramah kiai yang dalam mimbarnya
terbiasa berkata: “kafir dan sesat”. Kita disuguhkan pemandangan agama yang
keras dan kaku. Islam tak lagi menjelma agama yang ramah tapi marah. Sebab itu,
mengkaji ulang makna kiai menjadi keharusan di era milenial semacam ini.
Lantaran kiai ada dua: kiai dunia dan kiai akhirat. Mana kiai yang sungguhan
dan kiai yang penuh kepalsuan. Kita bisa saksikan banyak kiai-kiai bermunculan
bak jamur di musim penghujan. Sayangnya, mereka sekadar mencari popularitas dan
massa. Kendati begitu, tak bisa dipungkiri sosok kiai masih menjadi sumur moral
bagi masyarakat hingga kini. Sumber berkah dan doa.
Mencari figur kiai
yang luhur saat ini, ibarat mencari jarum di tumpukan jerami. Sulit sekali.
Namun, keresahan itu agaknya mulai berkurang, setelah membaca buku gubahan KH.
Aziz Masyhuri, dalam buku yang berjudul 99 Kiai Kharismatik Indonesia, kita
diajak kembali membuka khazanah klasik yang mewah dan wah! Pun kiai-kiai yang
ditampilkan dalam buku ini bukan saja kiai yang sekadar pengasuh pondok
pesantren semata, melainkan lebih dari itu, mereka adalah seorang kiai
sekaligus pejuang yang gigih serta pemikir yang visioner (hlm.xv). Buku ini
bukan saja menawarkan sejarah yang cemerlang dari para kiai, namun menjadi
momen klangenan bagi para santri.
Kita diajak untuk
meneladani sikap dan perjuangan para kiai yang tak terhitung tetesan darah dan
nanahnya dalam menopang agama dan bangsa. Apalagi kiai yang ditulis dalam buku
ini semuanya adalah para pejuang islam dan pendiri negara. Seperti, Mbah Abbas
buntet, Mbah Hasyim Asy’ari, Mbah Wahab Hasbullah, dan lainnya, yang semuanya
memiliki andil besar terciptanya Indonesia. Semangat berjuang dan perlawanan
serta pengorbanan rakyat di bawah bimbingan para kiai, kepala desa, pamong
praja dan tokoh masyarakat lainnya, ternyata sangat besar (hlm.xvii). Meskipun
acap kali terlupakan oleh bangsa ini.
Salah satu contohnya
adalah perjuangan Kiai Abbas Buntet yang begitu gigih menghalau gerak-gerik
kolonial. Pada masanya Kiai Abbas turut rembuk dalam peperangan 10 November di
Surabaya bersama pasukan Hizbullah. Ia adalah pemimpin rombongan pejuang
Cirebon yang berangkat dengan kereta api menuju Surabaya. Tercatat dalam
sejarah Indonesia dan sejarah Pondok Pesantren Buntet bahwa pada pertempuran 10
November 1945 di Surabaya peran Kiai Abbas bersama Kiai Annas dalam perjuangan
melawan imperialis Inggris sangat menentukan nasib bangsa Indonesia (hlm.183).
Jadi, mari kita
luruskan bersama sejarah yang mengatakan bahwa kiai dan santri tak punya andil
dalam gerakan kemerdekaan. Faktanya, kiai-kiai tempo dulu telah mencurahkan dan
mengorbankan semua yang mereka miliki untuk kepentingan bersama, khususnya
kemerdekaan negeri ini.
Dakwah dengan
Literasi
Tak melulu ihwal
perlawanan dengan kolonial dan kisah klasik lainnya yang Kiai Aziz gurat dalam
bukunya ini, melainkan jauh dari itu, bahwa ulama dahulu sangat karib-kerabat
dengan tradisi menulis dan membaca. Misal, kita tak akan pernah tahu Imam
Ghazali kalau ia tak menulis Ihya Ulumuddin, Imam Nawawi dengan Riyadh
as-Shalihin, dan kitab-kitab yang lazim dikaji pesantren lainnya. Semua
lantaran karena jasa para ulama yang tak hanya pandai bertutur tetapi handal
dalam meramu aksara menjadi kitab yang luar biasa. Sehingga manfaatnya bisa
dirasakan hingga sekarang.
Di buku ini,
disertakan pula daftar karangan-karangan yang luar biasa dari para ulama
Nusantara, seperti Kiai Hasyim Asy’ari, Kiai Sholeh Darat, Kiai Nawawi Banten,
Syekh Mahfudz at-Tarmasi, yang kesemuanya adalah penulis-penulis kelas kakap.
Mungkin beliau semua mengimani kredo dalam kitab Ta’lim Al-Mutta’allim, “Maa
kutiba qarra wa maa hafidza farra” (apa yang ditulis akan abadi dan apa yang
dihafal akan lekang oleh waktu).
Tak bisa dipungkiri,
ulama-ulama Nusantara sangat berpengaruh dalam segala lini kehidupan, termasuk
dalam perjuangan literernya. Karya mereka tak kalah hebatnya dengan ulama lain,
seperti Syekh Mahfudz At-Tarmasi yang banyak sekali mengarang kitab, Syekh
Ihsan Jampes yang salah satu kitabnya menjadi buku wajib di salah satu
perguruan ternama di Timur Tengah. Syekh Nawawi Banten yang kitabnya tak asing
di bumi pesantren nusantara.
Bahkan, sebagian
besar karya Syekh Mahfudz telah dicetak dan tersebar ke seantero dunia islam,
sebagiannya dapat mudah ditemukan di toko kitab Musthafa Bab Al-halabi yang
terletak di belakang Mesjid Al-Azhar, Kairo, Mesir (hlm.128).
Dari sini Kiai Aziz
Masyhuri bisa menjadi cermin untuk semua kalangan bahwa begitu pentingnya dunia
literasi dan dokumentasi dalam segala lini kehidupan. Apalagi rerata kita belum
mampu menggenggam tradisi dokumentasi sebagai laku terpuji. Lebih jauhnya, sebagai
pelajaran penting bagi generasi selanjutnya, untuk tidak melupakan sejarah
ulamanya sendiri. Pun bisa menjadi contoh bagi kiai-kiai sekarang yang hanya
mendakwahkan agama dengan ucapan (bil lisan) mulai beranjak ke dunia tulisan
(bil qalam). Sebagaiman telah dicontohkan oleh kiai-kiai tempo dulu.
Nah, buku ini akan
menceritakan bagaimana para kiai khos menjalani keseharian yang hangat dengan
para santri hingga turut rembug dalam menumpas kolinialisme dengan garang.
Manakib ini berisi sejarah dan biografi singkat dari para kiai kharismatik
Indonesia, diantaranya: a). Kiai Agung Muhammad Besari, b). Kiai Hasan Besari,
c).Kiai Qomarrudin, d). Kiai Kholil Bangkalanl, d). Syekh Nawawi Al-Bantani,
e). Kiai Sholeh Darat, f). Syekh Mahfudz At-Tarmasi, g). Kiai Muhammad
Munawwir, h).Kiai Zainal Musthofa, i).Kiai Abbas, j). Kiai Hasyim Asy’ari, k).
Kiai Abdul Wahid Hasyim, l).Kiai Raden Asnawi, m). Kiai Wahab Hasbullah, n).
Kiai Tubagus Muhammad Falak, o). Kiai Ma’shum, p). Kiai Zaini Mun’im, q). Kiai
Bisri Musthofa, r). Kiai Bisri Syansuri.
Membaca buku ini,
seakan membuka album kenangan. Alur cerita yang dihiasi latar tempo dulu
memberikan nuansa klasik yang sejuk dan hangat ala pesantren. Kita seperti
mendengarkan kiai bertutur dengan khidmahnya, layaknya santri yang sedang sowan
di sore hari. Pun buku ini menjadi kebutuhan yang tak bisa diremehkan lagi,
lantaran dari sini kita bisa menemukan makna kiai yang sesungguhnya.
Kiai yang dalam
setiap inci kehidupannya diabdikan hanya untuk kepentingan umat. Kiai yang
dipenuhi petuah dan berkah yang tentu saja menjadi sumur moral bagi kita yang
gagap dalam melakoni kehidupan. Kiai yang setiap nafasnya dipenuhi laku tirakat
dan tetirah. Bukan kiai yang suka memungut pupularitas di mimbar dan layar
kaca. Seperti yang tengah viral dewasa ini. Apapun itu, buku ini layak menjadi
salah satu bacaan wajib yang harus dimiliki, guna mencegah penyakit amnesia
sejarah yang akut.
Ala kulli hal,
apresiasi setinggi-tingginya wajib kita sampaikan kepada Kiai Aziz Masyhuri
yang dengan sangat telaten dan sabar telah merampungkan buku sejarah para
panglima agama dan pejuang bangsa. Mudah-mudahan buku ini menjadi amal jariyah
yang tak akan pernah habis, seperti tulisan di buku ini yang akan tetap abadi.
Wallahu ‘alam. []
Tidak ada komentar:
Posting Komentar