Rabu, 09 Mei 2012

(Kuliner of the Day) Kelezatan Sate Sang Engon Yang Empuk dan Mantab

Sate ayam dan sate kambing, mana yang lebih anda sukai? Pada hari-hari biasa, sate ayam dimakan dengan lontong yang terbungkus daun pisang adalah paling nikmat. Namun kata beberapa orang, jika sudah memasuki malam jum'at, yang paling pas adalah sate kambing. Entahlah, pendapat seperti itu tingkat kebenarannya sampai seberapa. Saya rasa perlu dikaji lebih dalam lagi, kalau perlu dicarikan dasar-dasar ilmiahnya, mengapa malam jum'at lebih cocok menyantap sate kambing (plus sop kambing) dibandingkan dengan sate ayam.


Sate ayam dan sate kambing khas madura, merupakan salah satu varian sate yang banyak kita jumpai di seluruh penjuru nusantara. Di cikarang baru, terdapat warung sate madura yang menyediakan sate ayam, sate kambing, dan sop kambing dengan cita rasa yang luar biasa. Daging yang empuk dan bumbu kacang yang mantab, merupakan salah satu kelebihan dari warung sate "sang engon", yang ada di prefektur beruang ini.



Sebelum dibakar, sate diberi lumuran bumbu kacang dan kecap sampai meresap ke pori2 dagingnya.



Baru setelah itu dibakar di atas arang batok kelapa, untuk pembakaran yang lebih sempurna.




Dengan teknik pembakaran yang khusus oleh ahlinya, kombinasi antara panas arang dan kibasan kipas bambu, menghasilkan sate dengan appearance yang sempurna.



Mau sekalian dilengkapi dengan sop kambing? Silahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar