Jumat, 02 September 2016

Yudi Latif: Rancang Bangun GBHN



Rancang Bangun GBHN
Oleh: Yudi Latif

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia mulai meletakkan agenda restorasi  Garis-garis Besar Haluan Negara di tengah arena persidangan. Namun, setelah bola digulirkan di lapangan, pemain dan penonton masih belum memiliki visi yang terang, ke mana bola akan diarahkan. 

Terdapat kekaburan pandangan mengenai pengertian "Haluan Negara". Orang-orang menafsirnya menurut kemauan masing-masing, tanpa usaha menggali "maksud semula" (original intent) istilah tersebut dalam pemahaman para pendiri bangsa.

Sebelum amandemen Konstitusi, Pasal 3 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) menyebutkan: "Majelis Permusyawaratan Rakyat menetapkan Undang-Undang Dasar dan garis-garis besar daripada haluan negara". Dengan demikian, pengertian tentang Haluan Negara itu harus bisa dibedakan dengan Konstitusi. Juga harus dibedakan dengan UU karena pembuatan UU bukanlah domain kewenangan MPR, melainkan kewenangan Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Posisi GBHN

Dalam alam pemikiran pendiri bangsa, usaha bangsa Indonesia untuk mewujudkan tujuan nasionalnya, seperti tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, haruslah bersandar pada tiga konsensus fundamental: Pancasila sebagai falsafah dasar, UUD sebagai hukum/norma dasar, dan Haluan Negara sebagai kebijakan dasar.

Apabila Pancasila mengandung prinsip-prinsip filosofis, Konstitusi mengandung prinsip-prinsip normatif, maka Haluan Negara mengandung prinsip-prinsip direktif. Nilai-nilai filosofis Pancasila bersifat abstrak. Pasal-pasal Konstitusi juga kebanyakan mengandung norma-norma besar yang tidak memberikan arahan bagaimana cara melembagakannya.

Untuk itu, diperlukan suatu kaidah penuntun (guiding principles) yang berisi arahan dasar (directive principles) tentang bagaimana cara melembagakan nilai-nilai Pancasila dan Konstitusi itu ke dalam sejumlah pranata publik, yang dapat memandu para penyelenggara negara dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan pembangunan secara terpimpin,  terencana, dan terpadu.  Sebagai prinsip direktif,  Haluan Negara itu juga harus menjadi pedoman dalam pembuatan perundang- undangan.

Memang ada beberapa negara yang memuat prinsip-prinsip direktif itu dalam konstitusinya. Misalnya, Konstitusi India dan Filipina saat ini, dengan mendapat inspirasi dari pasal-pasal tentang directive principles of social policies yang terdapat pada Konstitusi Irlandia (1937).  Konstitusi Irlandia tersebut sudah ada sebelum para pendiri bangsa menyusun rancangan UUD 1945. Hampir pasti, orang sekaliber Soepomo dan Mohammad Yamin dengan tingkat erudisi yang luas dan perhatian yang mendalam atas subyek konstitusi sudah mengetahuinya. Apabila UUD 1945 tidak memuat prinsip-prinsip direktif tersebut dalam pasal-pasal tersendiri, sudah barang tentu ada alasannya. 

Pertama, persoalan ketidakcukupan waktu sehingga Soepomo baru belakangan menyertakan naskah penjelasan UUD 1945, yang hingga taraf tentu mengandung nuansa prinsip-prinsip direktif. Kedua, cakupan GBHN jauh lebih luas dan lebih elaboratif daripada prinsip-prinsip direktif yang bisa diakomodasi dalam konstitusi. Ketiga, muatan GBHN harus lebih dinamis dalam merespons perkembangan zaman ketimbang konstitusi. Dalam keterangannya pada Rapat Besar BPUPK (15 Juli 1945), Soepomo menyatakan, "Mengingat dinamik masyarakat, sekali dalam 5 tahun Majelis Permusyawaratan Rakyat memperhatikan segala yang terjadi dan segala aliran-aliran pada waktu itu dan menentukan haluan-haluan apa yang hendaknya dipakai untuk di kemudian hari."

Menurut Prof Maria Farida Indrati S, dalam Ilmu Per-Undang-Undangan (Kanisius, 2007), fungsi MPR (sebelum amandemen) bisa dibedakan dalam dua kualitas: "Fungsi I: menetapkan Undang-Undang Dasar; Fungsi IIa: Menetapkan garis-garis besar daripada haluan negara; IIb: Memilih presiden dan wakil presiden."

Lantas ia jelaskan lebih lanjut  bahwa "Majelis Permusyawaratan Rakyat dalam menjalankan fungsi yang pertama mempunyai kedudukan yang lebih utama daripada dalam menjalankan fungsi yang kedua, oleh karena dalam menjalankan fungsi yang pertama Majelis Permusyawaratan Rakyat mempunyai kualitas sebagai 'konstituante', yaitu menetapkan Undang-Undang Dasar yang hanya dilaksanakan apabila negara benar-benar menghendaki, jadi tidak secara teratur, sedangkan dalam menjalankan fungsi yang kedua itu dapat dilaksanakan secara teratur dalam jangka waktu lima tahun sekali, yaitu pada waktu Majelis Permusyawaratan Rakyat bersidang."

Singkat kata, Haluan Negara sebagai prinsip-prinsip direktif kebijakan dasar politik itu seyogianya terpisah dari konstitusi dan berada di atas UU. Salah satu elemennya sebagai haluan ideologis bisa dikembangkan dari penjelasan UUD 1945 sebelum amandemen.

Substansi GBHN

Setiap bangsa harus memiliki konsepsi dan konsensusnya tersendiri menyangkut hal-hal fundamental bagi keberlangsungan, keutuhan, dan kejayaan bangsa yang bersangkutan.  Dalam pidatonya di Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada 30 September 1960, yang memperkenalkan Pancasila kepada dunia, Soekarno mengingatkan pentingnya konsepsi dan cita-cita bagi suatu bangsa: "Arus sejarah memperlihatkan dengan nyata bahwa semua bangsa memerlukan suatu konsepsi dan cita-cita. Jika mereka tak memilikinya atau jika konsepsi dan cita-cita itu menjadi kabur dan usang, maka bangsa itu adalah dalam bahaya" (Soekarno, 1989: 64).

 Konsepsi tersebut dirumuskan dengan mempertimbangkan falsafah dan pandangan dunia  serta faktor-faktor historis-sosiologis dari bangsa yang bersangkutan. Maka dari itu, pilihan-pilihan model ketatanegaraan, juga hukum dan kebijakan dasar yang dianut suatu bangsa, tidak harus identik dengan model-model yang berlaku di negara lain. Dalam kaitan ini, keberadaan GBHN merupakan paket integral dari konsepsi negara kekeluargaan yang dikehendaki Pancasila dan UUD 1945.Dalam konsepsi negara kekeluargaan yang menekankan konsensus, kebijakan politik dasar tidak diserahkan kepada Presiden sebagai ekspresi kekuatan majoritarian, tetapi harus dirumuskan bersama melalui majelis terlengkap yang mewakili seluruh elemen kekuatan rakyat.

Dalam amanatnya pada Sidang Pleno Pertama Dewan Perancang Nasional, Presiden Soekarno menyatakan, "Maka oleh karena itulah saya berpendapat bahwa pola itu sedianya dibawa kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat oleh karenanya MPR itu adalah Majelis kita yang terlengkap.... Jikalau pola ini nanti sudah diterima MPR, artinya jikalau pola itu sudah menjadi satu milik nasional... maka pola itu harus diselenggarakan oleh segenap rakyat Indonesia... tidak boleh satu orang pun merobahnya."

Dengan menyelami maksud asal dan praktik kenegaraan yang dijalankan para pendiri bangsa, kita bisa menyimpulkan bahwa Haluan Negara itu mengandung dua tuntunan: haluan yang bersifat ideologis dan haluan yang bersifat strategis-teknokratis. Haluan ideologis berisi prinsip-prinsip fundamental sebagai kaidah penuntun dalam menjabarkan falsafah negara dan pasal-pasal Konstitusi ke dalam berbagai perundang-undangan dan kebijakan pembangunan di segala bidang dan lapisan. Haluan strategis berisi pola perencanaan pembangunan yang menyeluruh, terpadu, dan terpimpin dalam jangka panjang secara bertahap dan berkesinambungan, dengan memperhatikan prioritas bidang dan ruang (wilayah).

Sebagai contoh, pada Masa Orde Lama, haluan yang bersifat ideologis itu bernama "Manipol Usdek"; sedangkan haluan yang bersifat strategis itu bernama "Pola Pembangunan Semesta Berencana". Pada masa Orde Baru, haluan ideologis itu bernama kaidah penuntun; sedangkan haluan strategis itu bernama Rencana Pembangunan Jangka Panjang yang diturunkan ke dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). Hanya saja, haluan ideologis dalam GBHN Orde Lama itu masih merupakan suatu "narasi besar" (master-narrative) yang bersifat abstrak, belum merupakan suatu "ideologi kerja" (working ideology) yang memberikan arahan praksis. Sementara dalam GBHN Orde Baru, haluan ideologis itu masih merupakan kaidah penuntun yang sangat pendek dan normatif sebagai pengantar perencanaan pembangunan.

Restorasi GBHN

Meluasnya sokongan publik terhadap usaha  menghidupkan kembali Haluan Negara semacam GBHN mengindikasikan urgensi Haluan Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai kebijakan politik dasar yang berisi prinsip-prinsip direktif, kedudukan Haluan Negara ini seyogianya berada di bawah konstitusi dan di atas UU karena prinsip-prinsip direktif ini memberikan pedoman bagi perumusan UU.  Seturut dengan itu, kewenangan MPR untuk menetapkan "garis-garis besar daripada haluan negara" harus dipulihkan melalui perubahan Konstitusi.

Dengan menghidupkan kembali Haluan Negara, tidaklah berarti bahwa format dan isi Haluan Negara harus sama dan sebangun dengan GBHN versi terdahulu. Yang penting, secara substansial, Haluan Negara itu  harus mengandung kaidah penuntun (guiding principles) yang berisi arahan-arahan dasar (directive principles)  yang bersifat ideologis dan strategis.

Dalam rangka restorasi GBHN tersebut, kita bisa memadukan warisan-warisan positif dari berbagai rezim pemerintahan selama ini, baik Orde Lama, Orde Baru maupun Orde Reformasi.  Penyusunan GBHN bisa dilakukan dengan memadukan pendekatan deduktif dan induktif.  Pendekatan deduktif diperlukan terutama dalam menyusun prinsip-prinsip direktif yang bersifat ideologis. Pendekatan induktif diperlukan untuk menyusun prinsip-prinsip direktif yang bersifat strategis-teknokratis, dengan jalan menampung aspirasi arus bawah melalui mekanisme Musrembang seperti yang dikembangkan di era Reformasi ini. Dengan cara seperti itu,  rencana pembangunan bisa selaras dengan nilai-nilai penuntun; saat yang sama memiliki relevansi yang kuat dengan kebutuhan konkret masyarakat di  seluruh pelosok negeri.

Kapasitas menyusun GBHN

Apa pun yang ideal di atas kertas tidak akan terealisasi seperti yang dikehendaki apabila kita tidak memiliki kapasitas untuk membuat rancangan dan pelaksanaan yang sesuai.  Masalah terbesar bangsa ini adalah defisit pengetahuan. Kelangkaan kepakaran yang sungguh-sungguh menguasai bidangnya seraya menyimpan keyakinan dan komitmen Pancasila di hatinya. Tidak perlu disebutkan bagaimana mutu deliberatif dan argumentatif dari kebanyakan wakil rakyat di parlemen. Bahkan, mereka yang kerap disebut pakar konstitusi pun sering tepergoki tidak sungguh-sungguh menguasai materi, sejarah, dan perbandingan konstitusi. 

Untuk mengatasi hal itu, MPR perlu membentuk semacam "Dewan Perancang". Keanggotaannya bukan hanya mewakili unsur-unsur lembaga negara, melainkan juga melibatkan pribadi-pribadi berkompeten dan berkomitmen Pancasila dari sejumlah organisasi kemasyarakatan (termasuk masyarakat adat dan masyarakat media), dunia akademik, dan dunia usaha. Berbekal hasil kerja Dewan Perancang inilah, MPR bisa menyusun dan menetapkan GBHN yang sesuai dengan tuntutan ideologis dan strategis yang mendekati idealitas dan realitas.

Akhirnya, kita harus menyimak amanat Presiden Soekarno tentang Pembangunan Semesta dan Berencana. Bahwa para perancang Haluan Negara itu "harus menggariskan gambarnya dengan jiwa pelukis yang tegas, kuat, terang. Gambarkanlah sesuatu dengan garis-garis yang fors sehingga gambar itu berkata kepada bangsa Indonesia. Gambar itu harus mengandung harapan bagi Bangsa Indonesia, sebagai UUD 1945 juga memberi harapan kepada kita semua. Gambar itu harus dapat mengajak bangsa Indonesia untuk mengerjakan pola yang dimaksud. UUD kita adalah tepat bagi bangsa Indonesia. Pola yang saudara ciptakan harus sesuai dengan irama, rasa, kepribadian dan tinjauan hidup bangsa Indonesia". []

KOMPAS, 30 Agustus 2016
Yudi Latif | Penggiat Aliansi Kebangsaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar