Kamis, 29 September 2016

(Ngaji of the Day) Ini Sejumlah Motif Orang ke Masjidil Haram



Ini Sejumlah Motif Orang ke Masjidil Haram

Di bulan-bulan haji umat Islam berduyun-duyun mengunjungi tanah haram untuk melangsungkan ibadah haji. Mereka mengenakan pakaian ihram dan menghindari larangan-larangan ihram selama ibadah haji berlangsung. Mereka mengikuti rangkaian ibadah haji dengan tertib.

Selagi mengikuti rangkaian manasik haji dengan tertib, haji mereka sah. Tetapi masalah penerimaan ibadah dan pahala haji itu adalah urusan Allah SWT. Karenanya selain sah, penerimaan Allah SWT itu juga harapan semua orang yang beribadah. Sedangkan haji mabrur, tiada lain ganjarannya selain surga.

Namun di balik itu ada beberapa orang yang memiliki motif lain dalam berhaji. Hal ini disebutkan Rasulullah SAW dalam hadits yang dikutip Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Bujairimi alal Khatib sebagai berikut.

روى الخطيب البغدادي عن أنس قال : قال رسول الله يَأْتِي على النَّاسِ زَمَانٌ يحجُّ أغنياؤهُم للنّزْهَةِ وَأَوْسَاطُهُمْ للتّجَارَةِ وَأَغْلَبُهُمْ للرِّيَاءِ والسُّمْعَةِ وفُقَرَاؤُهُمْ للمَسْأَلَةِ ولهذا كان عمر يقول : الوفد كثير والحاجّ قليل

Artinya, dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabda, “Suatu masa akan datang di mana orang kaya di zaman itu berhaji untuk tamasya, kelompok menengahnya berhaji untuk berbisnis, kebanyakan mereka berhaji untuk riya dan sum’ah, dan orang-orang fakirnya berhaji untuk mengemis,” (HR Al-Khatib). Karenanya Dari sana Sayidina Umar RA mengatakan, “Pengunjung Masjidil Haram itu banyak, tetapi mereka yang haji itu sedikit.”

Melalui hadits itu Rasulullah berpesan kepada kita untuk meluruskan niat dalam mengikuti rangkaian ibadah haji. Rasulullah SAW tidak menginginkan umatnya terpedaya oleh godaan-godaan lain yang membelokannya dari keikhlasan.

Kita berdoa semoga para jamaah haji asal Indonesia dari pelbagai lapisan masyarakat termasuk mereka yang hajinya sah dan diterima Allah SWT. Semoga mereka termasuk orang yang berhaji karena mengagungkan syiar Allah SWT. Amiiin. []

Sumber: NU Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar