Jumat, 17 Mei 2019

NU Cabang Indramayu Dikunjungi HBNO Tahun 1937


NU Cabang Indramayu Dikunjungi HBNO Tahun 1937

Dalam rangkaian perjalanan ke Jawa Barat, salah satu yang dikunjungi HBNO, setelah Cabang NU Cirebon adalah Indramayu. Ketua HBNO tiba pada pagi hari di Indramayu pada 23 September 1937. Lalu, pada pukul 16.00, ia mengadakan pertemuan dengan leden (anggota) NU Indramayu untuk melakukan ledencursus (kursus keanggotaan) agar mereka benar-benar paham kedudukannya menjadi anggota dan mengerti tentang maksud dan tujuan NU.

Pada malam harinya Ketua HBNO menghadiri openbaar vergadering di sebuah hotel di kota Indramayu yang dihadiri 6-7 ribu orang laki-laki dan perempuan. Karena banyaknya orang yang hadir sampai meluap ke straat besar, rapat itu hampir terganggu karena pihak kepolisian keberatan karena kegiatan itu seperti openlucht. Acara semacam itu seharusnya dilakukan setelah jam 9.30. 

Akan tetapi, karena taufiq Allah dan kemurahan Asisten Wedana PID Cirebon urusan itu bisa ditangani. Di sisi lain, hadiri juga puas dengan penjelasan-penjelasan HBNO yang menerangkan hal-hal yang menyangkut organisasi NU.

Pembicara di dalam rapat Ciledug adalah utusan HBNO, Konsul HBNO Kiai Abdulhalim, Sayid Abu Bakar ‘Aidid vice Presiden NU Cabang Cirebon. Ia adalah seoran pemuda dari bangsawan Islam yang penuh dengan minat, suka berkorban untuk umat dan agama Allah. Ia adalah seorang pemuda yang terpelajar sopan dan tangkas. Karena itulah utusan HBNO menaruh harapan besar kepadanya untuk kemajuan NU Cirebon. 

KH Zain Muballigh NU Cabang Cirebon adalah seorang yang bewust, mengerti kedudukannya di dalam masyarakat, tangkas dan bersemangat. Dari tangan beliaulah dapat diharapkan perubahan umat yang memilukan menjadi umat yang berharga. (dia berasal dari Buntet). []

(Abdullah Alawi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar