Pondok Pesantren
Salafiy Terpadu Ar-Risalah, Kediri – Jawa Timur
Pondok Pesantren
Salafiy Terpadu Ar-Risalah didirikan oleh KH. M. Ma’roef Zainuddin beserta
istrinya Nyai Hj. Aina ‘Ainaul Mardliyyah Anwar pada tahun 1426 H., tepatnya
pada bulan Syawwal atau bulan Februari 1995. Secara geografis, pondok pesantren
ini terletak di Desa Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur,
menempati satu komplek dengan Pondok Pesantren Lirboyo. Perkembangan yang
relatif cepat pada lembaga yang baru ini ditindaklanjuti dengan pendirian Yayasan
Pendidikan Ar-Risalah yang akta notarisnya diterbitkan pada tahun 1995. Satu
tahun kemudian, pendidikan formal tingkat Sekolah Dasar dimulai tahun pelajaran
1996-1997. Pada tahun pelajaran 1997–1998 mulai diadakan pembenahan pengelolaan
pendidikan dengan pemilahan lokasi dan lembaga pengelola. Sesuai dengan
namanya, Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah mengelola tiga macam
pendidikan yang berbeda. Hal ini dimaksudkan ketiganya tersebut bisa saling
menambah dan melengkapi, yakni Pendidikan Alquran, Pendidikan Diniyyah,
Pendidikan Umum, dan sebagai wadah pengembangan minat dan bakat santri
diselenggarakan kegiatan ekstrakurikuler.
Masing-masing lembaga pendidikan memiliki struktur kepengurusan dan kurikulum tersendiri, serta alokasi waktu yang berbeda. Pendidikan Alquran dilaksanakan setelah salat Shubuh, pagi hari diselenggarakan Pendidikan Umum, sore hari diadakan Pendidikan Diniyyah. Setiap hari Jumat diselenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang ditangani langsung oleh pengurus pondok. Untuk menjaga keseimbangan perkembangan santri dan kualitas pendidikan pesantren. Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah membatasi usia santri minimal 6 tahun untuk memasuki kelas 1 Sekolah Dasar. Selain itu, pendaftaran penerimaan santri baru diseleksi yang meliputi kemampuan berpikir, psikotes, dan kesehatan. Disamping menjaga kualitas pendidikan, Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah juga ingin menumbuhkan kembali citra pesantren dengan menepis kesan atau anggapan masyarakat bahwa pesantren sebagai tempat penyembuhan anak bermasalah, tempat pendidikan bagi anak lemah berpikir. Dengan menunjukkan kualitas, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mulia dan berharga, lembaga pendidikan berpotensi mencetak generasi bangsa, mampu berpikir cerdas dan maju yang siap bersaing di tengah masyarakat modern dengan didasari Akhlaqul Karimah. Sejalan dengan bertambahnya jumlah santri, maka diadakan penambahan gedung serta sarana dan prasarana dalam setiap tahunnya. Sejak tahun 2005 dilaksanakan pembangunan Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah II diatas lahan 2 hektar, yang berlokasi di sebelah utara Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah I.
PENDIDIKAN ALQURAN
Di bawah naungan
Lembaga Pendidikan Alquran Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah, waktu pelaksanaan
dilakukan pada waktu pagi setelah salat Shubuh (05.00–06.30 WIB). Pendidikan
Alquran terdiri dari 3 tingkatan meliputi Ibtidaiyyah, Tsanawiyyah dan Aliyyah.
Untuk tingkat Ibtidaiyyah sebagai tingkat pemula dengan materi pelajaran
Tilawati dan hafalan Juz ‘Amma, Surat Al-Waqi’ah, Surat-Yasin, Surat Al-Mulk,
Surat Assajdah, Surat Ad-Dukhon, Surat Al-Kahfi dan penambahan ilmu Tajwid dan
masalah ‘ubudiyyah.
Untuk tingkatan
Tsanawiyah yakni Alquran Binnazhor 30 Juz serta pemahaman bacaan– bacaan ghorib
yang ada didalam Alquran. Dan Untuk tingakat Aliyah yakni Tahfidzil Quran serta
pendidikan Ulumul Quran. Pendidikan Alquran menggunakan standart Tajwid Rosm
‘Utsmaniy dengan buku pegangan standar pondok pesantren Ar-Risalah. Pengajaran
dilakukan dengan sistem sorogan dan tadarusan. Setiap santri secara rutin
mengkhatamkan Alquran setiap dua bulan sekali untuk tingkat Binnazhor dan satu
bulan sekali untuk tingkat Bil Ghoib. Dan pada setiap hari Senin dan Kamis
diadakan pengajaran Pengenalan Fasholatan untuk semua tingkatan. Bagi santri
baru yang belum mampu membaca Alquran dikelompokkan dan dikelola dalam kelas
I’dadiyah ( persiapan ) dengan materi Tilawati , Juz ‘Amma, Surat Al Mulk,
surat Al Waqi’ah dan surat Yazin serta Ilmu Tajwid selanjutnya memasuki jenjang
sesuai dengan kemampuannya.
PENDIDIKAN DINIYYAH
Pendidikan agama
dengan referensi Kutubussalafiy dikelola di bawah naungan Lembaga Pendidikan
Diniyyah. Meliputi tingkat Iibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Pendidikan
Diniyah dilakukan pada pukul 14.30-17.30 WIB. Bimbingan belajar Diniyah
dilakukan di malam hari pada pukul 18.30-19.30 WIB dengan sistem belajar
kelompok yang dipandu oleh sebagian santri yang memiliki kemampuan pemahaman
yang baik dengan tetap dalam pantauan seorang Ustadz .Kegiatan belajar
menekankan kemampuan siswa untuk belajar dengan aktif dan menjalankan sistem
diskusi serta musyawarah. Kurikulum pendidikan menyesuaikan Pondok Pesantren
dengan mengikuti standar pondok Lirboyo. Kurikulum pendidikan tersebut meliputi
ilmu Tauhid, Hadits, Alquran, Fiqih, Akhlaq, Nahwu Shorof, Balagoh, dan ilmu
Mantiq. Kitab yang menjadi pegangan adalah kitab karangan para Ulama Salaf,
disertai dengan referensi dari berbagai kitab karangan para intelektual modern.
Sebagai media pemahaman Kitab Salafiy, disediakan perpustakan dan pembelajaran
komputerisasi kutubussalafiy.
Untuk meningkatkan
kemampuan penguasaan kitab kuning, dibentuk kelompok kajian kitab kuning yang
diselenggarakan setiap malam Jumat yang dikelola oleh lembaga ekstrakurikuler.
Santri yang telah mampu membaca dengan baik berusaha memecahkan permasalahan
yang diberikan oleh guru pembimbing dan dimusyawarohkan dengan santri-santri
yang lain dalam forum kajian kitab kuning. Santri-santri dibina dengan praktik
Amaliah Ubudiyah sebagai penguasaan pemahaman kitab kuning dalam kehidupan di
masyarakat. Aktivitas santri di bawah penguasaan pengurus pondok selalu
dicerminkan pada pembentukan jiwa Akhlakul Karimah. Sebagai wujud kesuksesan
pada lembaga Diniyah ini , Pada Tahun 2006, turut menorehkan prestasi yang
patut untuk di banggakan, yakni dengan sukses mengantarkan lima delegasi dalam
Musabaqoh Qiroatil Kutub tingkat Nasional tahun 2006. Disamping itu,
keberhasilan pada MQK Nasional tersebut dapat dijadikan sebuah motivasi pada
lembaga Diniyah ini, untuk bisa menjadi lebih baik di tahun yang akan datang.
Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah menerapkan kedisiplinan yang ketat
dengan memanfaatkan waktu sepenuhnya untuk pembinaan santri, selalu bersahabat
dengan ilmu, menekuni dan menjadikannya sesuatu yang dirasa sangat berharga.
PENDIDIKAN UMUM
Dibawah naungan
Lembaga Pendidikan Umum Pondok Pesantren untuk semua tingkat Pendidikan Umum
tingkat SD,SMP,SMA, kurikulum pendidikan sesuai dengan Dinas Pendidikan
Nasional, dengan menambah bahasa arab untuk semua tingkatan, bahasa Jepang
untuk tingkat SMP dan bahasa Mandarin untuk tingkat SMA. Pendidikan umum
merupakan pengembangan pengetahuan santri dalam penguasaan Ilmu Agama serta
menjadi jembatan untuk kesinambungan intelektual mengenal lingkungan hidup
serta merupakan lahan implementasi kepribadian yang dijiwai Akhlakul Karimah
untuk hidup bersama dengan masyarakat modern.Waktu sekolah umum diselenggarakan
pada pagi hari pukul 07.30 hingga pukul 12.15 wib. Dengan pembagian kelas kecil
yaitu maksimal 20 siswa, setiap kelas diharapkan para guru mampu mengoptimalkan
pengajarannya. Pendidikan umum mulai SD sampai dengan SMA sudah terakreditasi
dengan status terakreditasi A untuk tingkat SMP dan tingkat SMA. Sebuah
prestasi yang gemilang dan patut disyukuri , pada UNAS tahun Ajaran 2005 – 2006
SMP Ar-Risalah yang baru berdiri ini bisa menyandang nama sebagai SMP terbaik
se- Kota Kediri dengan menghantarkan siswa-siswinya lulus 100 % dan mendapatkan
nilai rata-rata terbaik se-kota kediri. Seiring dengan kemajuan dan
perkembangan yang pesat pada SMP Ar-Risalah, SMA turut ikut melangkah setapak
demi setapak untuk mengantarkan siswa dan siswinya untuk bisa menjadi yang
terbaik, dan pada tahun 2007 SMA Ar-Risalah mengirimkan salah satu siswanya
untuk study ke negara Amerika Serikat selama satu tahun sebagai salah satu
program yang diselenggarakan oleh pemerintah Amerika. Pondok Pesantren
Ar-Risalah menerapkan kedisiplinan dengan ketat, dengan memanfaatkan waktu
sepenuhnya untuk pembinaan santri membawa semua santri selalu bersahabat dengan
ilmu menekuni dan menjadikan waktu yang dirasa sangat berharga. Sebagai upaya
dalam meningkatakan kualitas pendidikan selalu ditingkatkan dengan mendatangkan
guru dari luar negeri, diantaranya pada tahun ajaran 2004-2006 Ar-Risalah
mendapatkan guru bantu dari negara Australia sebagai program pengembangan
Bahasa Inggris selama dua tahun.
Dan pada tahun Ajaran
2006 – 2007 merupakan yang kedua kalinya Ar-Risalah mendapatkan guru bantu dari
China, sedangkan untuk yang pertama kalinya pada tahun ajaran 2004-2005,
disamping upaya peningkatan pada pengembangan bahasa Inggris dan bahasa
Mandarin juga diselenggarakan pengembangan Bahasa Arab sebagai wujudnya yakni
diadakan kerja sama dengan Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Sunan Ampel Surabaya.
Pondok Pesantren Ar-Risalah selalu memacu dan memotivasi kepada anak didikanya
untuk selalu semangat didalam belajar, baik pendidikan agama maupun pendidikan
umum, sebagai salah satunya Ar-Risalah telah menjalin kerjasama dengan
Departemen Agama berkaitan dengan beasiswa untuk para santri agar dapat
melanjutkan jenjang pendidikannya keperguruan tinggi negeri favorit. Tidak
cukup sampai disitu, berkaitan dengan beasiswa study keluar negeri, Ar-Risalah
pada tahun 2008 ini berusaha untuk dapat membawa anak didiknya belajar ke
negeri Arab, khususnya Mesir dan Yaman. Para santri dibina dengan
mengembangakan bakat dan minatnya, mengoptimalkan segala potensi diri yang
dimiliki untuk mampu bersaing memposisikan diri di tengah masyarakat modern,
dengan pendidikan umum ini para santri dibawa pada kemampuan produktif dan
aktif sehingga memiliki mental mengembankan diri dan mandiri. Sarana pendidikan
dilengkapi dengan Laboratorium Bahasa, Komputer, IPA , IPS, Ruang Multimedia
serta Ruang English Center. Disamping pendidikan dikelas para siswa melakukan
kegiatan belajar dan mengajar dengan disertai praktik , dimaksudkan agar proses
pengajaran tidak hanya didapati di dalam kelas melainkan juga didapatkan dari
luar
kelas.
Sejak tahun ajaran 2007-2008 sistem pengajaran di SMA Ar-Risalah sudah berbasis TI&K. Guru dan siswa menggunakan media laptop agar mempercepat proses kegiatan belajar mengajar.
Sejak tahun ajaran 2007-2008 sistem pengajaran di SMA Ar-Risalah sudah berbasis TI&K. Guru dan siswa menggunakan media laptop agar mempercepat proses kegiatan belajar mengajar.
PENDIDIKAN
EKSTRAKURIKULER
Departemen Apresiasi
Dan Kesenian mengelola kegiatan Ekstrakurikuler secara menyeluruh dengan
beralokasikan waktu pada malam Jumat dan Jumat pagi. Kegiatan meliputi kelompok
Jam’iyyah Barzanji Manaqib, Tahlil, Bahtsul Masail, Kursus Bahasa Arab,
Inggris, Mandarin, Jepang, Kaligrafi Arab, Sholawat Rebana, Nasyid, dan Drum Band.
Kegiatan asrama dikelola oleh organisasai Pondok Pesantren dan Pengurus Asrama
dengan aktifitas kegiatan meliputi : Aktifitas Asrama, Koperasi, Bimbingan
Belajar, Jam’iyyah, Pengajian Sistim Bandongan. Kepengurusan Asrama ditangani
oleh para santri dibawah pengawasan pengurus pondok sebagai media pelatihan
kepemimpinan kepada anak didik.
ORGANISASI
Organisasi Siswa
Intra Sekolah ( OSIS ) dibawah naungan lembaga pendidikan SMP dan SMA mengelola
kegiatan kesenian, Bahasa, dan Jurnalistik. Dengan menerbitkan buletin untuk
tingkat SMA dan majalah dinding untuk tingkat SMP. Para santri yang telah
berpotensi dalam bidang tertentu, dijadikan pembimbing bagi siswa pemula. Para
santri Ar-Risalah banyak mendapatkan sarana pengembangan kemampuan dalam wadah
Yayasan Pendidikan Ar-risalah.
IDENTITAS PONDOK
PESANTREN
NAMA PONDOK PESANTREN : PONDOK PESANTREN SALAFIY
TERPADU AR-RISALAH
NSPP :
512357101022
PROPINSI :
JAWA TIMUR
KOTAMADYA : KEDIRI
KECAMATAN :
MOJOROTO
DESA/KELURAHAN : LIRBOYO
JALAN DAN NOMOR : JL.AULA MUKTAMAR
NO 02
KODE POS :
64117
PO.BOX :
243
TELEPON :
(0354) 77007 / 779977
FAXIMILE :
(0354) 778877
WEBSITE : www.arrisalah.org
TAHUN BERDIRI : 1995
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR : PAGI, SIANG, MALAM
ORGANISASI
PENYELENGGARA : YAYASAN
PENDIDIKAN AR-RISALAH
NAMA KEPALA PONDOK : MOCH. ICHSAN
MOTTO
: MEMBENTUK PRIBADI LUHUR
Sumber: http://arrisalah.org/main/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar