Sembahyang Gerhana Bulan
dan Keadilan Sosial
Apa hubungan gerhana bulan (khusuf) dan keadilan
sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi
Rasulullah SAW sendiri mengaitkan kenyataan alam dan perubahan sosial. Beliau
menganjurkan umatnya sembahyang sunah muakkad dua rekaat ketika terjadi
gerhana. Setelah sembahyang, imam disunahkan berkhotbah yang mengajak jamaah
untuk bertobat kepada Allah dan menegakkan keadilan di tengah masyarakat.
Sembahyang gerhana bulan dikerjakan sebanyak dua rekaat. Setiap rekaat terdapat dua kali ruku’. Ruku’ kedua lebih sebentar dari ruku’ pertama. Ingat, jangan dibalik seperti lazimnya dikerjakan banyak orang awam.
Karena dua kali ruku’, otomatis ada dua i’tidal. Demikian juga dengan surat Al-Fatihah. Surat ini dibaca dua kali dalam satu rekaat.
Tetapi ingat, sujud tidak perlu ditambahkan. Pada satu rekaat ini, sujud tetap dua, bukan empat.
Tersebut dalam kitab Qutul Habibil Ghorib, Tausyih ala Fathil Qoribil Mujib karya Syekh M Nawawi Banten:
في كل ركعة منهما قيامان يطيل القراءة فيهما كما سيأتي وفي كل ركعة ركوعان يطيل التسبيح فيهما دون السجود ويخطب الإمام بعدهما خطبتين
Artinya, setiap rekaatnya dua kali berdiri
dengan memperlama bacaan surat pada keduanya. Setiap rekaat ada dua ruku’.
Tasbih diperbanyak cukup saat ruku’. Saat sujud, tasbih tidak perlu
diperbanyak. Setelah itu imam berkhutbah dua kali.
Kalau mau khutbah sekali, juga tidak menjadi soal, kata Syekh Nawawi masih dalam kitab yang sama. Yang mesti diingat, khotib mesti memanfaatkan khutbahnya untuk mengajak jamaah kembali kepada Allah dan mendorong partisipasi jamaah dalam memberantas kezaliman seperti kejahatan korupsi, tindakan teror, menyebarkan hasut yang mengotori nama baik seseorang, monopoli pasar, dominasi atau bentuk kezaliman lainnya.
Demikian disebutkan Syekh Abdullah Syarqowi dalam karyanya, Hasyiyatus Syarqowi ala Tuhfatit Thulla:
علي الخروج من المعاصي أى التخلص منها فيشمل رد المظالم ولو في العرض
Khotib mesti mengajak jamaah untuk keluar
dari maksiat, meloloskan diri dari jeratan segala bentuk kemaksiatan.
Kemaksiatan ini mencakup memberantas kezaliman (terhadap jiwa atau harta orang)
termasuk kezaliman terhadap kedaulatan prestis seseorang. Wallahu A’lam. []
Sumber: NU Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar