Jumat, 24 Oktober 2014

(Ngaji of the Day) Membaca Yasin Fadhilah



Membaca Yasin Fadhilah

Pertanyaan:

السلام عليكم
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, saya bertanya bolehkah kita membaca Yasin Fadhilah? Karena di dalamnya ada tambahan doa dan shalawat yang di tambahkan dalam beberapa ayat Al-Qur'an. Dan apa saja manfaat bagi kita jika mengamalkan membacanya.

Muhammad Masruhin, Kabupaten Jember

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bapak Muhammad Masruhin yang saya hormati, Surat Yasin adalah salah satu Surat dalam Al-Qur’an yang memiliki posisi istimewa. Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan bahwa Surat Yasin adalah Hati Al-Qur’an. Di kalangan spiritualis Islam surat Yasin dijadikan wirid dengan cara yang berbeda-beda dalam hitungan bacaan, pengulangan ayat dan lain-lain yang diyakini memiliki manfaat khusus dalam kehidupan. Di antara cara-cara yang berbeda tersebut adalah penyisipan doa tertentu sesuai kandungan ayat yang terdapat dalam Yasin Fadhilah.

Bapak Muhammad Masruhin yang baik, membaca Yasin Fadhilah pernah menjadi tema pembahasan dalam forum Bahtsul Masail yang diadakan Majelis Musyawarah Pondok Pesantren se-Karesidenan Kediri pada bulan Oktober tahun 1991 dan Bahtsul Masail Pesantren Mambaul Hikam Blitar Jawa Timur. Kedua forum tersebut memutuskan hukum SUNNAH membaca Yasin Fadhilah karena tujuannya adalah berdzikir. Ini didasarkan pada beberapa referensi di antaranya sebagai berikut :

1. Al Adzkar Lin-Nawawi hal. 12

اعْلَمْ أَنَّ الذِّكْرَ مَحْبُوْبٌ فِيْ جَمِيْعِ الأَحْوَالِ إِلَّا فِيْ أَحْوَالٍ وَرَدَ الشَّرْعُ بِاسْتِثْنَائِهَا
Artinya : Ketahuilah, Dzikir itu hukumnya sunnah dalam setiap keadaan kecuali keadaan-keadaan yang dilarang oleh syara’.

2. At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran hal. 91 sebagai berikut

وَيُسْتَحَبُّ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ أَنْ يَسْأَلَ اللهَ تعالَى مِنْ فَضْلِهِ وَإِذَا مَرَّ بِآية عَذَابٍ أَنْ يَسْتَعِيْذَ بِالله مِنَ الشَّرِّ أَوْ مِنَ الْعَذَابِ

Artinya : Apabila membaca ayat rahmat disunnahkan berdoa kepada Allah SWT, memohon kebaikan/nikmat dari-Nya, dan apabila membaca ayat tentang siksa maka disunnahkan memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala keburukan dan siksa.

Bapak Muhammad Masruhin yang budiman, terkait dengan faidah dari dzikir Yasin Fadlilah dalam kitab Al-Fawaid yang ditulis oleh Syekh Abul Abbas Al-Buni disebutkan bahwa manfaat membaca Yasin Fadhilah selain mendapat pahala adalah tercapainya hajat dan cita-cita. Insya Allah ada beberapa manfaat lain yang akan didapat oleh pengamalnya sesuai pengalaman pemberi ijazah Yasin Fadhilah dan orang-orang sebelumnya yang masuk dalam silsilah amalan dzikir tersebut.

Semoga kita diberi Taufiq dan Hidayah  oleh Allah SWT untuk membaca dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dan untuk selalu berdzikir mendekatkan diri kepada-Nya.Aamiin…

والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Maftuhan Tafdhil
Tim Bahtsul Masail NU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar