Kamis, 27 Oktober 2016

(Kuliner of the Day) Lontong Kupang plus Sate Kerang, Lezat dan Gurihnya Terus Terngiang-ngiang



Kupang adalah sejenis hewan laut semacam kerang atau tiram. Bentuknya teramat sangat kecil, dengan ukuran tidak sampai 5 milimeter. Berdasarkan wikipedia, di sana kupang dikatakan bahwa kupang sebagai hewan laut semacam kerang kecil. Disebut juga kerang putih atau Corbula Faba. Binatang ini biasanya dapat hidup di pinggiran pantai atau lumpur yang berair asin.

Habitat kupang biasanya mudah ditemukan di pinggiran pantai utara jawa timur yang berombak kecil dan sedikit tenang, atau apabila air laut terlihat surut. Surabaya, Sidoarjo, dan Pantai Madura merupakan lokasi yang kaya akan habitat kupang ini. Untuk itulah, kupang-kupang kecil yang hidup dan tumbuh di air asin ini akan terasa sangat gurih apabila telah disajikan di atas piring, sama gurihnya dengan ikan laut lainnya. Gurihnya kupang tidak akan pernah terlupan, niscaya akan terus terngiang-ngiang.

Mencari seporsi lontong kupang di wilayah "Gerbangkertosusila", tidak akan kesulitan karena hampir semua warganya menyukai makanan ini. Mulai dari restoran yang mahal, warung atau depot di pinggir jalan, warung tenda semipermanen, hingga yang berkeliling keluar masuk perkampungan di seluruh wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan dengan sangat mudah menikmati lontong kupang ini.






Sekali panggil, Pakde Imron, warga asli Kepuh Legundi, Kab. Gresik ini dengan cekatan akan segera meracik seporsi lontong kupang. Dimulai dengan olesan petis, cabe rawit, dan berbagai macam bumbu yang diuleg di atas piring dengan menggunakan sendok. Tidak perlu ulegan khusus semacam menguleg sambel terasi atau rujak cingur. Ulegan yang sudah jadi, masih perlu ditambahkan dengan kuah kupang secukupnya agar gurihnya lebih terasa mantab.





 
Selanjutnya beberapa iris lontong diletakkan di atas piring, ditambahkan dengan lentho goreng, serta tiga tusuk sate kerang. Finishing dari sajian ini adalah guyuran kuah gurih dan lezat yang bertabur dengan kupang-kupang kecil yang empuk. Nyam nyam nyam... Selamat makan, karena lezat dan gurih nya akan terus menerus terngiang-ngiang.








ANANTO PRATIKNO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar