Selasa, 16 Februari 2016

(Ponpes of the Day) Perguruan Islam MALNU (Mathla’ul Anwar Linahdlatil Ulama), Menes, Pandeglang – Banten



Perguruan Islam MALNU (Mathla’ul Anwar Linahdlatil Ulama), Menes, Pandeglang – Banten


Sejarah Singkat MALNU

Perguruan Islam MALNU (Mathla’ul Anwar Linahdlatil Ulama) Pusat Menes pada awalnya bernama “Mathla’ul Anwar”, didirikan di Menes pada Tahun 1335 H. bertepatan dengan tahun 1916 M, diantara pendirinya adalah KH. Abdurrahman Bin Jamal, Kh. E. Muhammad Yasin, KH. Tb. Soleh Kananga, dan KH. Arsyad Tegal – Menes (Kakek KH. Tb. A. Ma’ani Rusydi; Ketua Umum PB. MALNU Sekarang). Pada Tahun 1926 M., nama Mathla’ul Anwar disempurnakan menjadi Mathla’ul Anwar Linahdlatil Ulama (MALNU) sesuai dengan kesepakatan para Ulama Murid Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantany disaat mendirikan Jam’iyah Nahdlatil Ulama dibawah pimpinan Hadlrotusy Syekh KH. Hasyim Asy’ari.

System pendidikan yang diterapkan pada Perguruan Islam MALNU (Mathla’ul Anwar Linahdlatil ‘Ulama) menggunakan system klasik dari tingkat 1 sampai 7 dengan menerapkan kurikulum pendidikan Ulama Salaf.

Pada Tahun 1968 M. system pendidikan disempurnakan dari system klasik tingkat I sampai 7 menjadi tingkatan yang bertingkat dari Madrasah; Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Dari sinilah berdiri Madrasah Aliyah MALNU Pusat Menes. Secara legalitas kelembagaan dibentuk Yayasan Perguruan Islam MALNU di Menes Pandeglang-Banten pada tanggal 7 Juli 1972 yang dikukuhkan dengan akta Notaris Tb. MH. Suhadisastra, No. 111 tanggal 11 Juli 1972, sebagai ketua Umumnya KH. Tb. Ma’ani Rusydi.

Dalam upaya pengembangan kualitas pendidikan pada tahun 1989, Perguruan Islam MALNU dan Ma’had Al-Mu’awanah menyatu menjadi sebuah sekolah berasrama (Boarding School) dengan menggunakan system pondok pesantren salafiyah dan modern, yang beralamatkan di Jalan Alun-Alun Timur Menes Tlp. (0253) 501167 – 501555 Pandeglang Banten 42262.

Alhamdulillah, dari upaya yang dilakukan melalui visi, misi dan tujuan Perguruan Islam MALNU, dengan membangun Manhaj kurikulum Pendidikan yang didirikan di atas nilai-nilai salafiyah dengan tanpa mengesampingkan nilai-nilai pendidikan modern, dan penerapan kurikulum Pendidikan Nasional, mendapat tanggapan dan dukungan yang positif dari semua pihak, terlebih pihak-pihak yang mencintai pendidikan Islam.

Untuk menjawab kepercayaan yang telah tergabung dengan baik, dimana animo masyarakat cukup menggembirakan, dengan bukti dimana peserta didik Madrasah Aliyah MALNU Pusat Menes untuk Tahun Pendidikan 2010/2011 telah mencapai 900 Peserta Didik dari jumlah ini yang baru dapat di asramakan sebanyak 300 Orang.

Maka seyogyanya kami berusaha semaksimal mungkin agar kepercayaan masyarakat dapat terwujud dengan hasil yang menggembirakan, yaitu dimana seluruh lulusan (Output – Out come) Madrasah Aliyah MALNU Pusat Menes menjadi lulusan yang terbaik; Untuk diri peserta didik dan lingkungan masyarakatnya, tentunya hal ini perlu mendapatkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak didalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Banten khususnya.


Visi dan Misi
Visi


Terwujudnya Sumber Daya Manusia Islami, berakhlakul karimah dan berkualitas dibidang IPTEK dan IMTAQ.
Misi

 1.
Meningkatkan frekuensi kegiatan siswa yang lebih menekankan pada pengembangan IPTEK, keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, yang menunjang kegiatan belajar mengajar dan menimbulkan disiplin siswa.
 2.
Menciptakan suasana yang kondusif sehingga siswa dapat mengembangkan potensi dirinya.
 3.
Mengembangkan layanan prefesional dalam semangat kerja sama dan keteladanan guna meningkatkan prestasi kerja dan prestasi peserta didik.
 4.
Menerapkan menejemen partisifatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan stakeholders

Tujuan 

1.
Memberikan layanan pendidikan yang terbaik dengan berorientasi pada siswa dan stakeholders
2.
Membekali anak didik untuk siap dan sukses berkarir melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan khususnya keterampilan kebahasaanarab dan Inggris
3.
Memperluas kerjasama kemitraan dengan lembaga sekitar melaui kerja sama saling menguntungkan untuk kepentingan anak didik dan personil madrasah 
4.
Meningkatkan partisipasi seluruh warga madrasah dan pihak yang berkepentingan dalam kependidikan 


Sarana & Prasarana

Jumlah Ruangan dan Rombongan Belajar
Jumlah kelas
Kelas X: 10 Ruangan
Kelas XI: 8 Ruangan
Kelas XII: 8 Ruangan

Jumlah Rombongan Belajar
Kelas X: 10 Rombongan Belajar
Kelas XII: 8 Rombongan Belajar
Kelas XIII: 8 Rombongan Belajar

Ruang Kepala: 1 Ruang
Ruang TU                    : 1 Ruang
Guru                          : 1 Ruang
Ruang OSIS                 : 1 Ruang
Ruang Laboratorium   : 3 Ruang ( Lab. Bahasa, Komputer dan IPA )
MCK: 6 Ruang


Alamat Madrasah:
Jl. Alun-alun Timur Menes
Telp. (0253) 501555
Pandeglang Banten

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar