Kamis, 08 Oktober 2015

Sensasi Dicium "Ikan Dewa" di Cibulan, Kab. Kuningan - Jawa Barat




Setelah puas memanjakan diri dengan rendaman air panas di Sangkanhurip dan melawan hawa dinginnya kaki Gunung Ciremai, perjalanan dilanjutkan menuju ke sebuah lokasi yang memiliki legenda tertentu bagi masyarakat sekitar. Lokasi yang terletak di titik koordinat -6.910561, 108.486460 ini konon memiliki legenda yang bertemali erat dengan Prabu Siliwangi. Berada di wilayah administratif Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kiningan Jawa Barat ini hanya berada beberapa puluh meter dari jalan Raya yang menghubungkan Kuningan dan Cirebon.

Masyarakat sekitar menyebut lokasi yang penuh legenda ini dengan sebutan Obyek Wisata (OW) Cibulan, yang di dalamnya terdapat dua buah kolam berukuran cukup besar. Kedua kolam tersebut dinaungi banyak sekali pepohonan yang sangat rindang. Mulai dari pepohonan berukuran kecil, sedang, hingga yang diantaranya memiliki dahan dengan ukuran keliling lebih dari bentangan tangan 3 orang dewasa.

Sementara itu, dua buah kolam yang berukuran cukup besar tersebut, dipenuhi dengan ikan yang memiliki legenda mistis tertentu. Berdasarkan cerita dari para pengunjung, penjual makanan di sekitar lokasi, dan juga para penjaga Obyek Wisata, konon ikan-ikan yang memiliki ukuran cukup fantastis hingga panjang 1 meter ini adalah merupakan ikan kutukan. Ikan-ikan tersebut sejatinya adalah para prajurit Prabu Siliwangi, salah satu penguasa di tatar Pasundan. Singkat cerita, para prajurit tersebut dikutuk oleh sang Prabu menjadi ikan karena mereka membangkang terhadap perintahnya. masyarakat sekitar kemudian menyebutnya dengan "Ikan Dewa".

Yang menarik, berdasarkan cerita juga, ikan-ikan ini sejak dulu hingga kini berjumlah tetap. Tidak berkurang maupun tidak bertambah. Apabila kolam ikan dibersihkan dan airnya dikuras, maka secara otomatis ikan tersebut menghilang entah kemana. Dan, apabila air kolam diisi kembali, maka secara otomatis ikan tersebut akan muncul dan berkecipak serta berenang riang kembali di dalam kolam.

Terlepas dengan benar tidaknya cerita legenda tersebut, namun faktanya hingga kini tidak ada seorangpun yang berani mengambil ikan-ikan tersebut. Para pengunjung diberikan wejangan bahwa barang siapa yang menganggu ikan-ikan tersebut, maka dia akan tertimpa sebuah kesialan. Wallaahu a'lam, dan ternyata benar-benar manjur wejangan tersebut.



Ikan Dewa yang berkecipak di dalam kolam yang tenang ini, walaupun berukuran cukup besar dan panjang untuk ukuran ikan air tawar, namun mereka jinak sehingga para pengunjung senang bermain-main dengan mereka. Bahkan di salah satu sudut kolam, pengelola menyediakan "Pawang Ikan Dewa" yang bertugas untuk memagang ikan tersebut untuk ditunjukkan kepada pengunjung. Tidak sedikit pengunjung yang meminta difoto dengan memberikan imbalan uang sekedarnya kepada si Pawang Ikan tersebut. Bermacam-macam gaya diperagakan oleh pengunjung, dan salah satu gaya favorit meminta kepada Pawang Ikan agar si Ikan Dewa itu mencium pipi Pengunjung. Dan, itu merupakan sebuah sensai yang sangat luar biasa.

Obyek Wisata Cibulan, yang berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kab. Kuningan ke arah Cirebon ini menjadi salah satu obyek wisata andalan di samping pemandian air panas Sangkanhurip dan lainnya. Tiket masuk ke dalam lokasi ini dikenakan biaya Rp  15.000 bagi dewasa dan Rp 13.000 bagi anak-anak. Sedangkan pengagnti biaya parkir untuk kendaraan bermotor roda dua Rp 3.000, mobil penumpang Rp 5.000, dan bus atau truk Rp 15.000.






Selamat menikmati sensai kecupan sang Ikan Dewa di Cibulan, Kuningan, Jawa Barat.

ANANTO PRATIKNO

2 komentar:

  1. Maaf,,mau tanya,,kira2 biaya tol dari jakarta ke cibulan brp yaa ,,trima kasih

    BalasHapus
  2. Maaf,,mau tanya,,kira2 biaya tol dari jakarta ke cibulan brp yaa ,,trima kasih

    BalasHapus