Senin, 30 Maret 2015

(Buku of the Day) Sunnah-sunnah Harian Berhadiah Surga



Meraih Surga dengan Amalan Sunnah

Judul buku        : Sunnah-sunnah Harian Berhadiah Surga
Penulis             : Muhammad Habibillah
Penerbit            : Saufa, Yogyakarta
Cetakan            : Pertama, 2015
Tebal                : 200 halaman
ISBN                 : 978-602-255-784-5
Peresensi          : Ahmad Lailatus Sibyan, pengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid Az-Zahrotun, Wonocatur, RT 06 RW 24, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

Tujuan diciptakannya manusia dan jin di bumi ini tidak lain adalah untuk beribadah kepada Allah. Manusia wajib beribadah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ibadah sendiri ada beberapa macam di antaranya wajib atau fardu ‘ain. Ibadah yang seperti ini merupakan sebuah kewajiban bagi tiap-tiap orang untuk melakukannya. Tidak bisa diwakilkan kepada orang lain. Selain wajib, kita juga dianjurkan untuk melaksanakan sunnah. Dimana ibadah-ibadah yang sifatnya sunnah ini sudah disyari’atkan sebagai pelengkap dari ibadah wajib.

Ibadah-ibadah sunnah sangatlah banyak. Di dalam buku yang berjudul “Sunnah-sunnah Harian Berhadiah Surga” ini, penulis mencoba menjelaskan beberapa ibadah-ibadah sunnah yang bersifat harian yakni yang biasa kita kerjakan sehari-hari. Tiap-tiap ibadah sunnah yang ada di dalam buku ini di jelaskan secara rinci dengan tata cara untuk melakukannya.

Penulis juga memaparkan keutamaan-keutamaan yang akan di peroleh dari menjalankan ibadah sunnah ini. Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan yang di dapat dari ibadah sunnah. Harapan penulis buku ini, agar kita lebih bersemangat dan termotivasi untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah. Sebagai pelengkap dari ibadah-ibadah wajib.

Di dalam buku ini penulis menyajikannya dalam tiga bagian. Bagian pertama penulis mencoba memaparkan tentang shalat sunnah. Bagian ke dua, puasa sunnah dan yang terakhir bagian ke tiga ialah sunnah-sunnah yang lain yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Sebagai contoh dalam buku ini di halaman 184, “Menjaga Wudhu”. Dijelaskan dalam buku ini bahwa menjaga wudhu merupakan salah satu amalan sunnah. Berwudhu tidak hanya terbatas pada shalat dan membaca Al-Qur’an saja tetapi wudhu dianjurkan pula dalam memulai segala aktivitas kita sehari-hari. Bahkan kita juga dianjurkan untuk menjaga wudhu sepanjang hari.


Buku ini sangat bagus, dari segi isi maupun penyajiannya. Sangat dianjurkan para pembaca muslim khususnya untuk membaca buku ini. Karena buku ini sangat pas dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Dan yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan menjalankan sunnah-sunnahnya buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi. Apalagi dilengkapi dengan dalil-dalilnya. Semoga buku ini membawa manfaat bagi kita semua. Selamat membaca! []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar