Bidadari merupakan anugerah istimewa bagi semua laki-laki penghuni surga. Bidadari “diburu” sejak dini oleh umat Islam dengan ibadah ringan sampai berat bahkan dengan cara “memaksakan” hukum diri dan menabrak pagar sekalipun seperti praktik bom bunuh diri dan perang sipil yang diklaim sebagai jihad dan lain sebagainya.
Bidadari surga merupakan perempuan ideal. Mereka memiliki suara yang merdu,
berwajah ceria, berhati lapang, berakhlak baik, serta tidak pernah ketus,
bawel, apalagi berkata kasar. Semua keistimewaan bidadari surga ini menjadikan
mereka sebagai perempuan idaman dan dambaan. Hal ini digambarkan dalam hadits
riwayat At-Turmidzi berikut ini:
عَنْ
عَلِيٍّ ، قَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم وَإِنَّ فِيهَا لَمُجْتَمَعَ حُورِ
الْعِينِ يُنَادِينَ بِصَوْتٍ لَمْ يَسْمَعِ الْخَلائِقُ بِمِثْلِهَا : نَحْنُ
الْخَالِدَاتُ ، فَلا نَبِيدُ أَبَدًا ، وَنَحْنُ النَّاعِمَاتُ ، فَلا نَبْأَسُ
أَبْدًا ، وَنَحْنُ الرَّاضِيَاتُ ، فَلا نَسْخَطُ أَبَدًا ، فَطُوبَى لِمَنْ
كَانَ لَنَا ، وَكُنَّا لَهُ
Artinya, “Dari Sayyidina Ali RA, Rasulullah SAW bersabda, ‘Di surga terdapat
perkumpulan para bidadari. Mereka menyeru dengan suara yang (keindahannya)
belum pernah didengar semesta makhluk, ‘Kami kekal. Selamanya takkan binasa.
Kami senantiasa bahagia. Selamanya takkan bersedih. Kami selalu lapang hati.
Kami takkan pernah murka. Berbahagialah laki-laki yang mendapatkan kami dan
kami mendapatkannya.’’” (HR At-Turmudzi).
Meski demikian, bidadari surga dengan segudang keistimewaan mereka tidak lebih
utama dibandingkan perempuan salehah yang berasal dari dunia. Bidadari surga
tidak sempat mengalami pengalaman spiritual dan praktik ritual ibadah seperti
perempuan salehah di dunia. Hal ini tampak dalam riwayat Sayyidatina Aisyah RA.
وكانت عائشة رضي الله عنها تقول إذا قالت الحور العين هذه المقالة أجابهن المؤمنات من نساء أهل الدنيا نحن المصليات وما صليتن ونحن الصائمات وما صمتن ونحن المتوضئات وما توضأتن ونحن المتصدقات وما تصدقتن قالت عائشة فغلبهن والله
Artinya, “Sayyidatina Aisyah RA mengatakan, jika para bidadari itu mengatakan
demikian, maka perempuan beriman yang berasal dari dunia akan menjawab, ‘Kami
melakukan shalat. Kalian tidak. Kami berpuasa. Kalian tidak. Kami berwudhu.
Kalian tidak. Kami bersedekah. Kalian tidak.’ Sayyidatina Aisyah mengatakan,
(keutamaan) mereka kemudian mengalahkan para bidadari itu. Demi Allah.” (Syekh
Abdul Wahhab As-Sya’rani, Muhktashar Tadzkiratul Qurthubi, [Semarang,
Maktabah Usaha Keluarga: tanpa tahun], halaman 102).
Keistimewaan perempuan salehah itu tidak dimiliki oleh para bidadari surga.
Keistimewaan dan kelebihan ini membuat mereka lebih mulia dibandingkan para
bidadari surga. As-Sya’rani mengutip Hayyan bin Abu Jabalah RA.
“Perempuan asal dunia yang masuk surga mengatasi kelebihan para bidadari karena
amal ibadah mereka sewaktu di dunia,” kata Hayyan bin Abu Jabalah RA.
(As-Sya’rani, Muhktashar Tadzkiratul Qurthubi: 102).
Ibadah baik lahir maupun batin membuat perempuan dunia (muslimah dan mukminah)
istimewa dan utama. Keistimewaan dan kelebihan perempuan salehah membuat mereka
lebih cantik dan elok (salah satunya) dibandingkan kecantikan bidadari surga
yang selama ini dibayangkan tak tertandingkan sebagaimana keterangan hadits
berikut ini:
وفي
الحديث أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال إن الآدميات من نساء أهل الدنيا أفضل
من الحور العين سبعين ألف ضعف
Artinya, “Dalam hadits disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, ‘Perempuan berjenis
manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali
lipat,’” (As-Sya’rani, Muhktashar Tadzkiratul Qurthubi: 102).
Perempuan salehah jelas memiliki derajat yang sangat tinggi di sisi Allah.
Kelebihan dan keutamaan mereka berbanding 70.000 kali lipat daripada bidadari
surga. Semua keistimewaan itu didapat perempuan salehah melalui ibadah dengan
segala jenisnya (wajib, sunnah, individual, dan sosial) kepada Allah selama
hidup di dunia. Wallahu a’lam. []
Sumber: NU Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar