Senin, 06 April 2015

(Buku of the Day) Hati Putih Habib Syech: Shalawat, Amalan, dan Inspirasi Hidupnya



Mengenal Lebih Dekat Sosok Habib Syech


Judul                : Hati Putih Habib Syech: Shalawat, Amalan, dan Inspirasi Hidupnya
Penulis             : Ahmad Zainal Abidin
Penerbit            : Saufa, Yogyakarta
Cetakan            : Pertama, 2014
Tebal                : 191 halaman
ISBN                 : 978-602-279-128-7
Presensi           : Fajri Andika

Di tengah riuh persoalan yang melanda bangsa ini, seperti kasus korupsi, konflik, maupun bencana alam, Habib Syech hadir dan menjadi penyejuk bagi gemuruh hidup yang kian hari kian memanas, yang tanpa berhenti terus melanda negeri tercinta. Ia menjadi tempat berteduh, serta membawa lampu pencerah saat kegelapan menyelimuti perjalanan hidup manusia. Lalu, siapakah sebenarnya Habib Syech? Bagaimana latar belakangnya?

Nah, buku yang berjudul Hati Putih Habib Syech: Shalawat, Amalan, dan Inspirasi Hidupnya ini hadir untuk mendekatkan pembaca, khususnya Syekher Mania, sebutan untuk para pecinta Habib Syech, dengan Habib Syech. Habib Syech bin Abdul Qodir bin Abdurrahman Assegaf, begitu nama panjangnya, adalah seorang tokoh masyarakat, public figure, pemimpin, dan pembina di pelbagai organisasi.

Habib Syech memulai dakwah sejak tahun 1980. Meskipun awalnya Habib Syech hanya mengikuti kegiatan yang diadakan masyarakat, tetapi respek, perhatian, dan komitmen Habib Syech dalam memberikan layanan kepada masyarakat telah menyita banyak perhatian masyarakat. Lambat laun, minat masyarakat yang terus tumbuh dan berkembang dimanfaatkan untuk berdakwah. Pengajian yang digelar di rumah kian hari kian menarik minat masyarakat hingga saat ini tumbuh menjadi penyejuk bagi masyarakat (halaman 8-9).

Seiring berjalannya waktu, Habib Syech terus berkembang. Dari kampung ke kampung di Solo, akhirnya terus berpindah dari kota ke kota, dan bahkan saat ini seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati tembang-tembang shalawat yang dilantunkannya. Dengan tingkat kekhusyukan yang tinggi, niat yang tulus, dan suara yang merdu, shalawat yang dibawakan oleh Habib Syech mampu menyihir publik (halaman 21).

Habib Syech mempunyai semangat yang gigih untuk berdakwah. Seluruh aliran darah berkobar semangat untuk selalu memberi pelayanan terbaik bagi seluruh umat manusia dengan cara bershalawat dan berdakwah. Semangat yang tak mengenal lelah itu bisa terus bertahan dan bahkan bertambah lantaran ada mata air sumber kehidupan yang selalu mengalir deras dalam dirinya, yakni mencintai Rasulullah Saw. Cinta yang mendalam dan menggebu-gebu terhadap Rasulullah Saw. telah menjadikannya sosok yang tak mengenal lelah untuk terus mendekat kepada Rasulullah Saw. dengan cara bershawalat (halaman 36).

Habib Syech dikenal sebagai sosok yang tidak hanya pintar dalam berdakwah dan menyampaikan pesan moral yang luhur, tetapi juga mempraktikkan semua yang telah ia sampaikan sebagai laku hidup. Kalau ia menyampaikan tentang pentingnya sedekah, maka ia adalah sosok yang sangat dermawan. Jika ia menyampaikan pentingnya membantu dan mengasihi mereka yang lemah, maka ia juga mempraktikkan aksi sosial untuk masyarakat yang tidak mampu. Kedalaman ilmu dan keselarasan antara perkataan dan perbuatan, antara ilmu dan amal, mengantarkan ia sebagai sosok yang kharismatik, di samping juga karena silsilah keluarganya (halaman 11).

Buku yang ditulis oleh Ahmad Zainal Abidin ini, selain membahas tentang profil lengkap Habib Syech, juga membahas tentang cara hidup, pandangan-pandangannya tentang berbagai hal, sepak terjangnya dalam dunia dakwah, serta metode yang digunakannya dalam berdakwah. Lengkap dengan shalawat hasil karyanya sendiri maupun gubahan shalawat lama sehingga terkesan baru, enak didengar dan menyejukkan hati. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar