Rabu, 06 Juni 2018

(Ngaji of the Day) Sunah Makan Sebelum Sembahyang Idul Fitri


Sunah Makan Sebelum Sembahyang Idul Fitri

Awal Syawwal sebagai bulan berbuka merupakan hari di mana umat Islam diharamkan puasa. Untuk itu, awal Syawwal harus dibedakan dengan jelas dari bulan Ramadhan. Pada pagi hari raya Idul Fitri kita dianjurkan makan dan minum sebagai pembeda bulan dari hari sebelumnya.

Anjuran untuk membedakan bulan berbuka dari bulan puasa ini begitu kuat. Bahkan kalau tidak sempat makan di rumah, kita tetap dianjurkan untuk makan atau minum meski sebuah kurma di jalan menuju lokasi sembahyang Id atau di dalam masjid itu sendiri.

Anjuran ini disebutkan oleh Syekh Sa‘id bin Muhammad Ba‘asyin dalam Busyral Karim pada halaman 354.

ويسن لكل أحد الأكل والشرب فيه أي الفطر قبلها أي الصلاة ولو في الطريق أو المسجد ولا تنخرم به المروءة للعذر

Artinya, “Setiap orang dianjurkan untuk makan dan minum di hari itu (hari Idul Fitri) sebelumnya (sebelum sembahyang Id) meski harus makan di jalan atau masjid. Yang demikian itu tidak merusak muru’ah karena uzur.”

Awal Syawwal merupakan hari di mana hamba Allah menyatakan nikmat-Nya. Mereka pada awal Syawwal diminta untuk menikmati hidangan sambil bercengkerama dengan keluarga dan menikmati kebersamaan dengan tetangga serta kolega yang selama ini diharamkan sebulan penuh sebelumnya. Wallahu a’lam. []

Sumber: NU Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar