Selasa, 17 April 2012

(Kuliner of the Day) Apakah Obat Untuk Badan yang Nggreges?

Pernahkah badan anda terasa nggreges? Nggreges adalah bahasa emak saya, yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti meriang. Jika kondisi badan kurang fit, daya tahan tubuh menurun, dan sebagainya, badan kita biasanya terasa seperti itu. Makanan yang masuk ke mulut terasa pahit, badan terasa melayang-layang, jika terkena pendingin ruangan yang di-stel normal-normal saja terasa dingin menusuk tulang, dan tanda-tanda lainnya yang intinya badan terasa ndak enak.
Bagi saya, obat nggreges adalah minum air putih hangat sebanyak-banyaknya, sampai perut terasa kembung, dan bolak-balik buang air kecil. Badan terasa dicuci dari virus, sehingga lama-kelamaan menjadi ringan dan enak kembali.
Tidak lupa istirahat yang banyak, dan jika perlu meminum jamu seduh tradisional. Jenis jamu seduh yg biasa saya minum saat nggreges adalah tolak angin + beraskencur + madu + jeruk nipis. Kalau yang suka, biasanya pakai kuning telor ayam kampung mentah (kalau yg mateng namanya telur ceplok), namun saya tidak suka jika pake kuning telor, jadi polosan saja. Khusus jamu seperti ini, berbeda-beda untuk setiap orang, ada yang cocok, dan ada yang mual meminumnya. Harga rata2 dibanderol Rp 4.000 per gelas tanpa telor.
Bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar