Jumat, 11 Maret 2016

(Khotbah of the Day) Khotbah Gerhana Matahari oleh KH Maimoen Zubair



GERHANA MATAHARI TOTAL
Khotbah Gerhana Matahari oleh KH Maimoen Zubair

خطبة كسوف الشمس للشيخ ميمون زبير حفظه الله تعالى
بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي جعل الشمس والقمر آيتين من آيات الله الملك القهار، ظهرت تلك الآيات لمن تدبر وتفكر من أولى الأبصار، يكور الليل على النهار ويكور النهار على الليل ذلك ذكرى للذاكرين من ذي العلوم والأفكار نحمده سبحانه وتعالى على ما رزقنا بالاتعاظ بالوعظ والاعتبار

وأشهد أن لا إله إلا الله الواحد الأحد الملك الجبار شهادة ندخرها ليوم تشخص فيه القلوب والأبصار

وأشهد أن سيدنا ومولانا محمدا عبده ورسوله الداعي إلى الخضوع والتضرع إلى الله الخالق لهذه الكائنات طرا وصلى الله على سيدنا ومولانا محمد الذي بعثه الله تعالى بالتنذير والبشرى وعلى آله المطهرين من الرجز والشرك يطهرهم الله تعالى تطهيرا وأصحابه الذين اهتدوا بهديه وجميع أتباعهم وسلم تسليما كثيرا

أما بعد:
فيا أيها الناس رحمكم الله تعالى اتقوا الله تعالى أظهر لكم العبر لتعتبروا فأراكم أوضح آياته لتتذكروا

ففى تلك الآيات الباهرة لاحظوا وتفكروا ولا تكونوا من الذين قست قلوبهم ونسوا ما ذكروا فتفسقوا وتكفروا ولا تكونوا كالذين نسوا الله فأنساهم أنفسهم أولئك هم الفاسقون.

أيها الناس رحمكم الله اعلموا أن الله سبحانه وتعالى نبهكم وذكركم بالذكرى أظهر فى هذا اليوم كسوف الشمس ليكون ذلك من الله تعالى بهذا تنذيرا فإن الشمس جعلها سبحانه وتعالى دليلا ونورا ليهتدي الناس بها فى طلب معاشهم وأكسابهم نهارا
فلم تزل الشمس كذلك وقد انكسفت فى هذا اليوم وما ذلك إلا كي تتبروا وتتعظوا وتتفكروا وتخافوا عذابه تعالى فإن عذاب الله الشديد فاستغفروا ثم استغفروا استغفروا ربكم إنه كان غفارا وأنيبوا إلى ربكم إنه كان لطيفا خبيرا

واعلموا أن الله أجرى الشمس لمستقر لها وقدر مجراها تقديرا فالشمس والقمر آيتان من آيات الله أجراهما فى مجراهما فلا يخرجان عن مقدارهما منذ أن خلقهما إلى اليوم وما بعد اليوم فى الأيام جعل الشمس آية فى الليل كما جعل القمر آية فى الليل بقدرة الملك العلام جعل الشمس ضياء والقمر أنوارا وقدر ذلك تقديرا.

أيها المسلمون اتقوا الله واحذروا فإن الله تعالى حذركم بانكساف الشمس فإن نور الشمس وضيائها نعمة لكم ورحمة لكم وقد غير سبحانه وتعالى بالانكساف لتتعظوا فإنه تعالى لا يغير ما بقوم حتى يغيروا ما بأنفسهم ذلك بأن الله لم يك مغيرا نعمة أنعمها على قوم حتى يغيروا ما بأنفسهم

فلربما يكون هذا الانكساف بما تراكم فيكم الأوزار
فاستغفروا من ذنوبكم فإن الذنوب تذهب بالاستغفار واندموا على ما فرطتم فى جنب الله العزيز الجبار

ففى الحديث قال صلى الله عليه وسلم: إن الشمس والقمر آيتان من آيات الله لا ينكسفان لموت أحد ولا لحياته فإذا رأيتم منها شيئا فادعوا الله وكبروا وصلوا وتصدقوا

قال الله تعالى فى كتابه الكريم تذكيرا لمن ألقى السمع وله قلب سليم، أعوذ بالله من الشيطان الرجيم، هو الذي جعل الشمس ضياء والقمر نورا وقدره منازل لتعلموا عدد السنين والحساب ما خلق الله ذلك إلا بالحق يفصل الآيات لقوم يعلمون

بارك الله لي ولكم
إلى الآخر مع الدعاء المناسب للمقام.

Artinya, Segala puji bagi Allah swt yang menjadikan matahari dan bulan sebagai salah satu tanda kebesaran Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Perkasa yang mana tanda itu telah tampak bagi orang-orang awas yang merenungkan dan memikirkannya. Dialah yang membuat malam dan siang silih berganti. Pergantian malam-siang itu merupakan peringatan bagi orang-orang berilmu dan berpikir yang bersedia mengambilnya sebagai peringatan. Kita memuji Allah swt atas anugerah yang Dia berikan kepada kita dengan menerima nasihat, menasihati, dan mengambil pelajaran.

Aku bersaksi, tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, Yang Maha Tunggal, lagi Maha Kuasa, sebuah kesaksian yang kita simpan untuk hari di mana hati dan mata itu menatap.

Aku bersaksi, penghulu dan junjungan kita nabi besar Muhammad saw adalah hamba dan utusan-Nya, seorang rasul yang mengajak manusia tunduk dan merendahkan diri kepada Allah swt yang mencipta alam semesta tanpa kecuali. Semoga Allah swt melimpahkan shalawat dan salam-Nya untuk penghulu dan junjungan kita nabi besar Muhammad saw yang diutus membawa peringatan dan kabar gembira, untuk keluarganya yang disucikan sesuci-sucinya dari penyembahan berhala dan syirik, untuk para sahabatnya yang mana mereka mengambil petunjuk darinya, dan untuk seluruh pengikut nabi Muhammad saw.

Amma ba'du,
Para jamaah sekalian, semoga Allah merahmati kamu semua. Bertakwalah kamu semua kepada Allah. Dia telah menampakkan peringatan-Nya kepadamu semua karenanya terimalah peringatan itu. Dia memperlihatkan tanda kuasa-Nya yang paling jelas agar kamu mengambil peringatan. Amati dan pikirkanlah tanda-tanda-Nya yang jelas itu. “Janganlah menjadi salah satu dari mereka yang berhati keras dan mereka yang melupakan Allah lalu Allah membuat mereka lupa diri. Mereka adalah orang fasik,” (Al-Hasyr ayat 19).

Para jamaah shalat gerhana yang dirahmati Allah, ketahuilah bahwa Allah menyadarkan dan mengingatkan kamu dengan peringatan yang paling nyata di hari gerhana ini agar fenomena ini menjadi peringatan bagimu.

Allah menjadikan matahari sebagai tanda dan cahaya-Nya agar kamu semua dapat beraktivitas mencari nafkah di siang hari. Demikianlah matahari sejak dulu selalu begitu. Dan hari ini telah terjadi gerhana matahari. Fenomena ini tidak terjadi kecuali sebagai peringatan agar kamu berbuat baik, mengambil pelajaran, merenung, berpikir, dan takut siksa-Nya. Siksa Allah itu teramat keras. Istighfarlah, istighfar. Mintalah ampunan kepada Tuhanmu. Kembalilah kepada Tuhanmu karena Dia Maha Lembut lagi Maha Tahu.

Ketahuilah Allah mengedarkan matahari di tempat tetapnya. Dia dengan tepat menentukan lintas peredarannya. Matahari dan bulan adalah dua tanda-Nya. Dia mengedarkan matahari dan bulan di tempat edarnya. Keduanya beredar tidak keluar dari lintasan edarnya sejak diciptakan hingga hari ini dan hari-hari esok. Allah menjadikan matahari sebagai tanda-Nya di malam hari sebagaimana bulan adalah tanda-Nya di malam hari atas kuasa Penguasa Yang Maha Tahu. Allah menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya. Allah menentukan semuanya dengan ketentuan yang proporsional.

Wahai umat Islam, bertakwalah kamu kepada Allah dan waspadalah karena Dia menuntutmu waspada atas fenomena gerhana matahari. Pasalnya sinar dan cahaya matahari adalah nikmat dan rahmat-Nya untukmu. Allah mengubah nikmat itu melalui fenomena gerhana agar kamu mengambil pelajaran. “Allah takkan mengubah (nikmat) yang ada pada suatu kaum sampai mereka sendiri yang mengubah (ketaatan) yang ada pada diri mereka. Demikian terjadi karena Allah takkan nikmat yang telah diberikannya kepada suatu kaum sampai mereka sendiri mengubah (ketaatan) yang ada pada diri mereka sendiri,” (Al-Anfal ayat 53).

Bisa jadi gerhana matahari ini terjadi disebabkan oleh akumulasi dosa-dosamu. Karenanya, minta ampunlah atas segala dosamu karena dosa dapat terhapus sebab istighfar. Sesalilah perilakumu yang melewati batas selama ini di hadapan Allah.

Rasulullah saw bersabda, "Sungguh matahari dan bulan adalah dua tanda dari sekian banyak tanda kebesaran Allah. Gerhana keduanya terjadi bukan karena meninggal dan lahirnya seseorang. Kalau kamu lihat fenomena itu, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, shalat dan bersedekahlah," (HR Bukhari, Muslim, dan lain-lain).

Allah berfirman, "Dialah Allah yang menciptakan matahari sebagai sinar dan bulan sebagai cahaya. Dia menetapkan garis edarnya agar kamu mengetahui bilangan tahun dan hitungannya. Tiadalah Allah ciptakan semua itu kecuali dengan benar. Demikian Allah menerangkan tanda-tanda-Nya bagi kaum yang mau memahami,” (Yunus ayat 5).

بارك الله لي ولكم

Kemudian berdoa dengan doa yang sesuai. []

Diterjemahkan oleh Alhafiz Kurniawan, NU Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar