Kamis, 03 Maret 2016

(Hikmah of the Day) Kisah Pemimpin Menolak Harta dari Rakyatnya



Kisah Pemimpin Menolak Harta dari Rakyatnya

Tak setiap niat baik berbuah baik. Demikianlah yang dialami salah seorang pengusaha dalam hikayat klasik seperti diceritakan dalam kitab an-Nawâdir karya Syekh Syihabuddin Ahmad ibn Salamah al-Qulyubi.

Mungkin karena merasa memiliki harta lebih, suatu ketika pengusaha itu menyerahkan harta upeti atau pajak di luar jumlah biasanya. Setiap tahun ia membayar pajak dengan nominal lebih besar.

Tak berselang lama, kabar ini segera hinggap di telinga Raja Kisra. Alih-alih gembira, sebagai penguasa saat itu sang raja justru memerintahkan jajarannya untuk menolak keras pajak tambahan tersebut. Tak hanya itu, ia juga menjatuhi hukuman "disalib" bagi pengusaha itu.

Kata Kisra, "Setiap raja atau pemimpin yang mengambil harta rakyatnya secara zalim tak akan meraih keberuntungan selamanya. Keberkahan tanah airnya sirna dan menjadi bencana bagi dirinya."

"Keberadaan raja ditopang oleh kekuasaan. Kekuasaan ditopang oleh tentara. Tentara ditopang harta kekayaan. Kekayaan ditopang teritori negara. Dan Teritori negara ditopang oleh keadilan pada rakyat dan perdamaian," sambung sang raja.

Manakah yang lebih utama bagi seorang raja, keberanian atau keadilan? Orang bijak bestari berucap, "Ketika pemimpin sudah berlaku adil, keberanian tak lagi dibutuhkan." []

Sumber: NU Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar