Jumat, 24 Maret 2023

(Khotbah of the Day) Bahagia Sambut Romadon Sebagai Ekspresi Takwa

KHUTBAH JUMAT BAHASA MELAYU JAKARTA

Bahagia Sambut Romadon Sebagai Ekspresi Takwa

 

Khutbah I

 

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِفَضْلِهِ وَكَرَمِهِ، وَخَذَلَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِمَشِيْئَتِهِ وَعَدْلِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ


فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، وَقَالَ أيضًا:  مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ


Sudare Majlis Shalat Jumat yang berbahagia dan dimuliakan Allah

 

Di kesempatan khutbah kali ini al-faqir tak henti-hentinye mengajak majlis Jumat kali ini untuk senantiasa menjadi hamba yang bertaqwa, sebenar-benarnya iman dan taqwa kepada Allah. Di dalam Al-Qur’an ada banyak sekali ayat Al-Qur’an, kitab suci yang sehari-hari kita ngaji, yang menyebutkan perintah kepada manusie untuk bertakwa. Allah swt. berfirman dalam surah al-Baqarah: 41, 


وَاٰمِنُوْا بِمَآ اَنْزَلْتُ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَكُمْ وَلَا تَكُوْنُوْٓا اَوَّلَ كَافِرٍۢ بِهٖ ۖ وَلَا تَشْتَرُوْا بِاٰيٰتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۖوَّاِيَّايَ فَاتَّقُوْنِ


Berimanlah kamu kepada apa (Al-Qur’an) yang telah Aku turunkan sebagai pembenar bagi apa yang ada pada kamu (Taurat) dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya. Janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga murah dan bertakwalah hanya kepada-Ku.


Sudare, ayat tentang perintah takwa juga kita temukan dalam ayat yang memerintahkan kite untuk puasa. Kite bisa lihat dalam ayat 183 surah al-Baqarah, Allah tegesin perintah berpuasa, sebagai syariat yang juge berlaku bagi umat-umat sebelum Nabi Muhammad, sebagai bentuk ketakwaan kepade Allah swt., 


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ١٨٣


Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.


Majelis Jum’at yang dimuliakan oleh Allah swt,

 

Pertanyaannye apa sebenarnye yang disebut takwa itu? Kenape dalam Qur’an, Hadits, dan tentu aje penjelasan yang kita dapet para ulama, begitu menekankan persoalan takwa? Di Al-Qur’an, perintah puasa, dirangke dengan perintah takwa. Urusan korban, juga dirangke dengan perintah takwa (Lan Yanaalullaaha luhuumuha wa laa dimaa’uha wa lakin yanaaluhum at-Taqwa). Lalu ape yang sebenarnye disebut takwa itu? 


Kalo kita kembalikan ke pengertian bahasa Arab, at-Taqwa misalnya didefinisikan sebagai hifzhu al-syai’in ‘ammaa yu’dziihi (menjage sesuatu dari yang bisa menyakiti atau buat cilaka). Kalau kite jejerin ini makna bahase sama ayat Al-Qur’an tentang takwa, khususnye tentang puasa, kite jadi tau bahwa berbagai ibadah yang kite lakukan itu sebenarnye untuk melindungi atau menjage diri kita sendiri. Karena anugerah atau ganjaran dari ibadah itu sebenarnye buat kita sendiri, maka bagi Allah Swt. hakikatnye kaga ngaruh ape-ape kita mau ibadah atau kaga. Perentah Allah kaga bermakna Allah butuh sama ibadah kite.


Ape saya sekate-kate aje ngomong ini? Mari kita lihat buktinya, ada di dalam hadits riwayat Imam Muslim, dari Abu Dzar al-Ghifari. Ini hadits juga bise kite temuin di dalam kitab 40 Hadits yang dikenal sebagai Arba’in Nawawiyah, 40 hadits yang disusun Imam Al-Nawawi. Haditsnye hadits qudsi riwayat Muslim. Ini hadits panjang, tapi aye ambil sebagian yang berhubungan dengan pembahasan kite, 


يَاعِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذَلِكَ فِي مُلْكِي شَيْئًا, يَاعِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَانَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِي شَيْئًا, يَاعِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ قَامُوا فِي صَعِيْدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُونِي فَأَعْطَيْتُ كُلَّ إِنْسَانٍ مَسْأَلَتَهُ مَانَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا عِنْدِي إِلاَّ كَمَا يَنْقُصُ المِخْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ البَحْرَ, يَاعِبَادِي إِنَّمَا هِيَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيْهَا لَكُمْ ثُمَّ أُوَفِّيْكُمْ إِيَّاهَا فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللهَ وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلاَ يَلُومَنَّ إِلاَّ نَفْسَهُ


“’Wahai Hamba-Ku, andaikate manusia dari awal sampai akhir nanti, manusie atau jin, kalian semue bersikap seperti orang yang paling bertakwa dibandingkan makhluk-makhluk yang lain, itu semua tidak menambah kekuasaan-Ku sama sekali. Wahai hamba-Ku, begitu juge andaikate manusia dari awal sampai akhir nanti, manusie atau jin, kalian semue bersikap seperti orang yang paling jahat dibandingkan yang lain, itu semue tidak mengurangi kekuasaan-Ku sama sekali. Duhai hamba-Ku, andiaikate kalian baik yang pertama paling idup sampai paling akhir, manusie atau jin, ngumpul di satu lapangan, kalian satu-satu minte, Aku (Allah) bakal kasih setiap permintaan kalian, itu pun tidak mengurangi sedikitpun apa yang Aku miliki selayaknya busa ilang kalo becampur sama air laut. Duhai Hamba-Ku, itu semua adalah amal-amal kalian, Aku itung dan dan bakal penuhi ganjarannya.’ Maka siape yang berbuat baik, maka memujilah kepade Allah. Dan siape yang berbuat selain itu, jangan nyalahin sape-sape melainkan dirinye sendiri.” (HR Muslim).


Hadits itu jelas jadi landasan kite kalau semua ibadah pada dasarnye tujuannye adalah untuk kebaikan kite sendiri, yaitu terjaganye kita dari kondisi yang tidak baik. Itu kenapa wajar Enyak, Babe, Encang, Encing, Uwak, Engkong kite pada sregep ngelakuin berbagai kebae-an dari mulai sebelum romadon hingga terus di bulan romadon.


Kite masih inget, dan mungkin masih berkembang di kalangan para orang tue kite dulu, saban masuk bulan Ramadan pada bebersih rumah, hordeng jendela pada dicuciin ato gak diganti same yang baru, terus sebelum hari puase pertame pada masak terus dianter-anter ke sudare-sudare kite, tetangga, handai tolan semuanye bisa dibilang sebagai ekspresi ketakwaan kepada Allah Swt. Orang tue kite dulu kalau ditanye kenape bebersih rumah saban mau masuk bulan Ramadan, mereka bilang “mau ada tamu agung dateng.”


Belon lagi pas bulan Romadhon, pagi puase, sore-sore masakan udah mateng, udeh pada ngelonjor depan teras nunggu bedug maghrib. Yang bocah ato bapak-bapak pada nunggu di masjid. Habis buka puase, udeh siap-siap lagi ke masjid buat Teraweh. Habis Teraweh, biasanye kalo di luar romadhon pada nongkrong, mindoan di warung, di bulan Romadhon jadi pade nerusin tadarusan Al-Qur’an. Yang kuat ade yang sampai menjelang sahur. Kalo yang pade kerje ngantoran, sorenya pada pulang cepat.


Kalo udeh menjelang 10 romadhon, mulai pade banyak itikaf di masjid. Ibadeh dikencengin di waktu malem sampe menjelang sahur. Dan masih banyak hal-hal positip yang pada hakikatnya adalah ekspresi ketakwaan kepada Allah Swt. 


Walakhir, marilah kite jadikan saban waktu menjelang bulan Suci Romadhon ini, sebagai pengingat, tadzkirah, peningkatan sikap takwa kite kepade Allah yang kebaikannya bakal balik pada kite sendiri, bukan pada yang laen-laen. Semoga kita diberikan taufiq dan pertolongan-Nye.


بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم، ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم. أقول قولي هذا وأستغفر الله لي ولكم، و لسائر المسلمين والمسلمات، والمؤمنين والمؤمنات، فاستغفروه. إنه هو الغفور الرحيم


Khutbah II

 

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. أَمَّا بَعْدُ


فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا


اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


عِبَادَاللهِ اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

 

Ustadz M Masrur Irsyadi, pegiat kajian keislaman, tinggal di Jakarta Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar