KHOTBAH JUMAT
Memperbaiki Ihsan di Bulan Ramadhan
Dalam sebuah hadits qudsi Allah menyatakan
bahwa urusan pahala puasa adalah urusan pribadi hamba dengan Allah swt. karena
hakikat puasa seseorang hanya Allah swt yang tahu bukan kelurga maupun
lingkungannya. Bukankah ini berarti selama berpuasa seseorang yakin berada di
bawah pengawasan-Nya. Sungguh luar biasa apabila perasaan ini kita terapkan di
semua laku kehidupan kita.
الحمد
لله, الحمد لله الذى أعظم على عباده المنة, بما دفع عنهم كيد الشيطان وفنه, ورد
أمله وخيب ظنه, إذ جعل الصوم حصنا لأوليائه وجنة, وفتح لهم به أبواب الجنة, وعرفهم
أن وسيلة الشيطان إلى قلوبهم الشهوات المستكنة وإن بقمعها تصبح النفس المطمئنة
ظاهرة الشوكة فى قصم خصمها قوية المنة, أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ
وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ شهادَةَ أدخرها ليوم الزحام, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدنا
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الداعى بقوله وفعله إلى دار السلام. اللهمّ صَلّ
وسّلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدِ وعَلى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ
الأَنَامِ وَمَصَابِيْحِ الظُّلاَمِ. أمَّا بعْدُ, فيَا أَيُّهَا النَّاسُ
اتَّقُوا اللهِ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ وَتَرْكِ الأَثَامِ تدخلوا جنة ربكم
بسلام
Ada tiga aspek kehidupan yang menghbungkan
seorang muslim dengan Allah swt. Ketiganya adalah dalam Islam, Iman dan Ihsan.
Sebagaimana diterangkan oleh sebuah hadits panjang sebagai berikut:
عَنْ
عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيْضاً قَالَ : بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ
رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ إِذْ طَلَعَ
عَلَيْنَا رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ، لاَ
يُرَى عَلَيْهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ، حَتَّى جَلَسَ
إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى رُكْبَتَيْهِ
وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ وَقَالَ: يَا مُحَمَّد أَخْبِرْنِي عَنِ
اْلإِسْلاَمِ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : اْلإِسِلاَمُ أَنْ
تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكاَةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ وَتَحُجَّ
الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً قَالَ : صَدَقْتَ، فَعَجِبْنَا لَهُ
يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ قَالَ : أَنْ
تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ
وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ. قَالَ صَدَقْتَ، قَالَ فَأَخْبِرْنِي
عَنِ اْلإِحْسَانِ، قَالَ: أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ
تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ . قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ، قَالَ:
مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ. قَالَ فَأَخْبِرْنِي عَنْ
أَمَارَاتِهَا، قَالَ أَنْ تَلِدَ اْلأَمَةُ رَبَّتَهَا وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ
الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِي الْبُنْيَانِ، ثُمَّ
انْطَلَقَ فَلَبِثْتُ مَلِيًّا، ثُمَّ قَالَ : يَا عُمَرَ أَتَدْرِي مَنِ
السَّائِلِ ؟ قُلْتُ : اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمَ . قَالَ فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ
أَتـَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ)
رواه
مسلم(
Dari Umar radhiallahuanhu juga dia
berkata : Ketika kami duduk-duduk disisi Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam
suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang
sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas
perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga
kemudian dia duduk dihadapan Nabi lalu menempelkan kedua lututnya kepada kepada
lututnya (Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam) seraya berkata: “ Ya
Muhammad, beritahukan aku tentang Islam ?”, maka bersabdalah Rasulullah
Shallallahu’alaihi wasallam : “ Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada
Ilah (Tuhan yang disembah) selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan
Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi
haji jika mampu “, kemudian dia berkata: “ anda benar “. Kami semua heran, dia
yang bertanya dia pula yang membenarkan. Kemudian dia bertanya lagi: “
Beritahukan aku tentang Iman “. Lalu beliau bersabda: “ Engkau beriman kepada
Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir
dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk “, kemudian dia
berkata: “ anda benar“. Kemudian dia berkata lagi: “ Beritahukan aku tentang
ihsan “. Lalu beliau bersabda: “ Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah
seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat
engkau” . Kemudian dia berkata: “ Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan
kejadiannya)”. Beliau bersabda: “ Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang
bertanya “. Dia berkata: “ Beritahukan aku tentang tanda-tandanya “, beliau
bersabda: “ Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat
seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian)
berlomba-lomba meninggikan bangunannya “, kemudian orang itu berlalu dan aku
berdiam sebentar. Kemudian beliau (Rasulullah) bertanya: “ Tahukah engkau siapa
yang bertanya ?”. aku berkata: “ Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui “. Beliau
bersabda: “ Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan
agama kalian “. (Riwayat
Muslim)
Ma’asyiral Muslimin Jama’ah Juma’ah
Rahimakumullah.
Dalam kesempatan ini khatib hendak mengajak
diri dan kita semua membicarakan tentang ihsan. Demikian karena ihsan adalah
hal penting dalam kehidupan seorang muslim, tetapi jarang sekali diperhatikan
dibanding dengan Islam dan Iman.
Dalam konteks puasa sesungguhnya Islam dan
Iman adalah dua hal yang secara teoritis telah terlewati. Karena ketika kita
berpuasa tentunya kita adalah seorang muslim. Bukankan islam merupakan syarat
wajib puasa yang paling utama? Dan puasa sendiri merupakan rukun Islam yang
keempat. Sebagaimana tercantum dalam hadits di atas. Sampai di sini
permasalahan islam dalam puasa telah sempurna.
Sedangkan iman sesunguhnya tidak bisa
dipisahkan begitu saja dengan Islam. Jika Islam merupakan kegiatan lahiriyah,
maka iman merupakan kandungan yang terdapat dalam kehiatan tersebut. Jika Islam
diibaratkan sebagai balon udara, maka iman adalah udaranya. Begitupula dalam
puasa. Jika menahan lapar, dahaga, nafsu merupakan tindakan riil dalam
berpuasa, maka beritikad bahwa apa yang kita lakukan merupakan perintah Allah
yang haq dan jalan menuju ridha-Nya itulah iman.
Karena itu membicarakan iman secara otomatis
akan menggandeng islam pula. karena iman sebagaimana didefinisikan para ulama
sebagai pembenaran dengan hati, ucapan dengan lisan, dan amalan dengan anggota
badan. Bukankah amalan dengan anggota badan adalah Islam? Oleh karena itu dapat
bertambah dengan ketaatan dan berkurang karena kemaksiatan.
Hadirin Jama’ah Jum’ah yang dirahmati Allah
Itulah keterangan tentang Islam, Iman dan
hubungannya dengan berpuasa lantas bagaimanakah hubungan ihsan dengan puasa?
Sesungguhnya jika kita sejenak mau berpikir lebih dalam tentang ihsan
sebagaimana diterangkan dalam hadits di atas yang bunyinya:
قَالَ
فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِحْسَانِ، قَالَ: أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ
فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ
Kemudian dia (lelaki itu) berkata
lagi: “ Beritahukan aku tentang ihsan “. Lalu Rasulullah saw bersabda: “ Ihsan
adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau
tidak melihatnya maka Dia melihat engkau” .
Dan menghubungkannya dengan hadits puasa yang
diriwayatkan Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu berkata, Rasulullah
sallallahu’alaihi wa sallalm bersabda:
كُلُّ
عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة
ضِعْفٍ ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا
أَجْزِي بِهِ
"Semua amal Bani Adam akan
dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah
Azza Wa Jallah berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan
memberikan pahalanya."
Maka kita akan menemukan benang merah yang
memudahkan kita belajar memperbaiki ihsan kita dalam ibadah puasa. Bagaimana
bisa?
Para Hadirin yang Mulia
Bila kita cermati, pada akhir hadits kedua
Allah swt sendiri mengatakan dengan gambalang bahwa tentang pahala puasa adalah
urusanku, tidak dapat dihitung dan dikira-kira sebagaimana pahala ibadah lain.
Hadits ini sebenarnya telah menelaskan kepada
kita bahwa siapapun yang sedang puasa, senantiasa berada dibawah
pengawasan-Nya. Allah senantiasa melihat polah tingkah seorang yang berpuasa.
Apakah benar dia tidak minum ketika seorang diri? Apakah dia tidak makan
di dalam mobil pribadinya? Semua ada dalam pantuan-Nya. Karena itulah puasa
adalah urusan pribadi dengan Allah, bukan dengan keluarga ataupun yang lainnya.
Bisa saja dia berlaku seolah puasa di depan keluarga dan karyawannya, tetapi
tidak bisa pura-pura di hadapan Allah swt.
Ini berarti konsep puasa sebagaimana kita
fahami bersama sejalan dengan konsep ihsan yang berbunyi “Ihsan adalah
engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak
melihatnya maka Dia melihat engkau” jika kita tidak dapat melihat Allah
karena kondisi kita sebagai yang belum suci dari najis dosa dan maksiat,
yakinlah bahwa Allah senantiasa melihat kita. Iniah tingkatan ihsan yang kedua
tingkatan terendah yang oleh para sufi disebut dengan muraqabah merasa
diri diawasi oleh Allah. Masyallah sungguh dahsyat sekali posisi seorang muslim
apabila selalu merasa di awasi Allah swt dalam semua lakunya, tidak hanya yang
berhubungan dengan batalnya puasa tetapi kesemua amal manusia. Pastilah tidak
akan ada orang korupsi, pastilah tidak ada pencuri, pastilah tidak ada maksiat.
Karena selalu merasa yakin Allah swt mengawasi dan melihat semua yang kita
lakukan.
Inilah yang khatib maksud dengan meningkatkan
kwalitas ihsan, hendaknya ihsan tidak hanya diterapkan pada hal-hal yang
membatalkan puasa, tetapi kesemua laku tindakan keseharian. Insyallah ketika
tingkat muraqabah telah kita capai, semoga Allah swt menghadiahi kita tingkat musyahadah,
yaitu tingkatan ihsan tertinggi yaitu apabila engkau beribadah kepada Allah
seakan-akan engkau melihat-Nya. amien
Demikianlah sedikit isi khotbah kali ini
semoga bermanfaat untuk diri khotib pribadi dan juga para jama’ah pada umunya.
Semoga Allah memberikan kemampuan kepada kita semua berada dalam kondisi muraqabah
secara istiqamah agar selanjutnya mendapat hadiah dari-Nya posisi musyahadah.
باَرَكَ
اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ
والذِّكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ
رَحِيْمٌ.
Khotbah ke dua
اَلْحَمْدُ
للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ.
وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ
رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ
وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا
النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا
اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ
بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ
النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا
تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ
وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ
الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ
الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ
اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ
الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ
اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ
اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ
وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ
اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ
اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ
الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ
وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ
عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ
عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى
اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا
اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ
اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ
وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ
وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ
اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ
اللهِ اَكْبَرْ
Sumber: NU Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar