Kamis, 23 November 2017

(Hikmah of the Day) Kisah Budak Batal Masuk Neraka Karena Sedekah



Kisah Budak Batal Masuk Neraka Karena Sedekah

Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu 'anha, bahwa suatu saat ia telah membeli seorang jariyah, seorang budak wanita. Sesaat kemudian, Malaikat Jibril turun ke bumi dan berkata kepada Nabi Muhammad salallahu 'alaihi wasalam,

يا محمد أخرج هذه الجارية من بيتك فإنها من اهل النار 

"Wahai Muhammad, keluarkanlah budak itu dari rumahmu! karena sesungguhnya ia adalah ahli neraka" perintah Jibril.

Syahdan, Nabi pun mengutarakannya kepada Aisyah. Lalu Aisyah pun dengan perasaan iba, melepas kepergian sang budak. 

Bagaimana Aisyah tidak bersedih, jika tiba-tiba saja turun wahyu bahwa budak tersebut harus dikeluarkan dan tercatat sebagai ahli neraka pula. Padahal, Aisyah tanpa tahu-menahu sebab musabab mengapa ia ditakdirkan menjadi ahli neraka.

Dengan wajah penuh kasih, Aisyah pun melepas kepergiannya dengan memberi beberapa kurma sebagai bekal.

Di tengah jalan, sang budak merasa kelelahan. Teringat ia akan bekal yang dibawakan oleh majikannya, Aisyah. Dimakannya dengan lahap kurma itu. Namun disaat ia menikmati bekal kurma, datanglah kepadanya seorang faqir meminta-minta. 

Meskipun lapar, dan sesungguhnya ia juga masih membutuhkan bekal kurma, sang budak memberikan sebagian kurma yang tersisa kepada faqir tersebut. 

Ia merasa iba, hingga tak ada satu kurma pun tersisa untuknya. Ia berikan seluruh sisa kurma pemberian Aisyah kepada faqir tersebut.

Betapa dahsyat kekuatan sedekah. Tak lama kemudian setelah sang budak memberikan kurma kepada seorang faqir tadi. Malaikat Jibril kembali turun ke bumi dan mewahyukan kepada Nabi Muhammad bahwa ia diperintah untuk kembali membiarkan sang budak di rumahnya. 

Karena sungguh, akibat sedekah sang budak, rahmat Allah turun dan ia pun "batal" masuk neraka. ***

Sumber: Kitab Risalah Nawadirul Hikayah karya Ahmad Syihabuddin bin Salamah Al Qulyubi 

[]

(Ulin Nuha Karim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar