Kiai Maja, Ahli Strategi dan Perang Gerilya
dari Pesantren
Kiai Maja lahir pada tahun 1792 (ada pula
yang menyebut 1782) di Desa Mojo, Pajang, dekat Delanggu, Surakarta, dengan
nama Bagus Khalifah. Ayahnya, Iman Abdul Ngarif, adalah seorang ulama terkenal
yang dianugerahi tanah perdikan di Desa Baderan dan Mojo, Pajang. Ibunya, Raden
Ayu Mursilah, adalah adik perempuan Sultan Hamengku Buwono III dan masih
bersaudara sepupu dengan Pangeran Diponegoro. Kiai Maja kemudian mewarisi kedua
desa perdikan tersebut dari ayahnya, termasuk pesantren, sehingga kemudian
dikenal dengan nama salah satu desa ini.
Kiai Maja tumbuh dan berkembang dalam
lingkungan keluarga besar pesantren dan komunitas santri yang sangat disegani
di Kraton Surakarta maupun Yogyakarta. Banyak putra-putri bangsawan Solo yang
nyantri di pesantrennya. Kiai Maja juga menikah dengan Raden Ayu Mangkubumi,
istri dari Pangeran Mangkubumi, paman Diponegoro, yang sudah diceraikan.
Ketika Perang Jawa berkecamuk, beliau
mendukung sepenuhnya, termasuk memobilisasi para sanak keluarga dan sebagian
besar pengikutnya di Pajang. Kontribusi Kiai Maja dalam peperangan sangatlah
besar. Seorang mata-mata berkulit Jawa dikirim khusus oleh Belanda untuk
mengetahui rahasia kesuksesan pasukan Diponegoro dalam beberpa pertempuran.
Temuan mata-mata Kompeni yang menyusup ke dalam pasukan Diponegoro itu
sangatlah mengejutkan: rahasia kekuatan Diponegoro ada pada diri seorang kiai
pesantren bernama Kiai Maja, pemikir stategis dan jenderal perang gerilya Diponegoro
-- yang selevel Napoleon, Mao Tse Tung dan Che Guevara.
Selama hidupnya Kiai Maja dikenal sebagai
seorang ulama yang mobilitasnya sangat tinggi. Mengikuti tradisi santri kelana,
Kiai Maja punya banyak relasi dan jaringan dengan pusat-pusat keagamaan dan
politik di Jawa hingga ke Bali. Beliau pernah menjadi penghubung antara Kraton
Surakarta dan Kerajaan Buleleng di Bali. Jaringan orang-orang pesantren dengan
Bali, meski berbeda agama dan kepercayaan, sudah terbangun sejak abad 18.
Dibuktikan dari adanya ikatan politik dan kebudayaan di antara mereka, misalnya
perlindungan bagi kalangan santri yang lari ke Bali untuk menghindari
penangkapan Kompeni hingga pemberian kebebasan beragama bagi
komunitas-komunitas Muslim di pesisir utara Bali.
Saking gerahnya pemerintah kolonial Inggris,
penguasa Jawa saat itu, Kiai Maja sempat ditangkap pada Juli 1812. Pembatasan
kemudian diberlakukan kepada orang-orang pesantren yang sebelumnya bisa leluasa
keluar-masuk kraton. Mobilitas Kiai Maja dan jejaringnya ini, yang tidak
dimiliki Diponegoro, kemudian menjadi obyek penjinakan Belanda untuk mematahkan
perlawanan orang-orang Jawa.
Berkat kelicikan Belanda, pada tahun 12
November 1828 Kiai Maja ditangkap di Desa Kembang Arum, utara Yogyakarta. Ini
menandai titik balik perjuangan Diponegoro, sampai akhirnya redup pada 1830.
Pasukan Kiai Maja lalu digiring ke Klaten, sambil menyanyikan bersama-sama
lagu-lagu keagamaan yang menunjukkan tanda kemenangan. Mereka lalu dibawa ke
Batavia, ditahan hingga setahun lamanya.
Di awal 1830, Kiai Maja bersama lebih dari 60
orang pendampingnya dibuang ke Minahasa. Isteri beliau menyusul setahun
kemudian. Kebanyakan pendampingnya itu punya posisi strategis dalam bidang
kemiliteran dan keagamaan dalam pasukan Diponegoro, dari gelar tumenggung,
dipati, basah hingga kiai. Mereka tiba di Tondano dan mendirikan Kampung Jawa,
yang hingga kini masih bertahan dengan tradisi Ahlussunnah wal-Jma’ahnya. Dari
sumber-sumber terkini, Kiai Maja disebut sebagai “Mbah Guru”atau “Kiai Guru”.
Sang kiai wafat pada 20 Desember 1849 dalam usia 57 tahun.
Pandangan nasionalismenya, “Amrih mashlahate
kawulanίng Allah sedaya sarta amrίh karaharjane negari lestarίne agamί Islam”
(Berjuang untuk kepentingan kemaslahatan para hamba Allah semua, untuk
kesejahteraan negeri, serta untuk kepentingan kelestarian agama Islam), adalah
salah satu warisan penting Kiai Maja selaku ideolog Perang Diponegoro kepada
generasi berikut bangsa ini.
Teks ini tercantum dalam satu manuskrip yang
tersimpan pada keluarga Kiai Maja di Jakarta. Manuskrip berbahasa Jawa huruf
pegon ini ditulis oleh Kiai Maja sendiri selama pembuangannya di Tondano,
Minahasa, sekitar awal tahun 1833.
Allah yarhamhu......
Buku De java Oorlog ini menghimpun laporan
gerilya dan surat gerilya Kiai Mojo. Tapi sayang surat-surat perang gerilya dan
adu strategi Kiai Maja ini dalam Perang Diponegoro sudah diterjemahkan ke dalam
bahasa Belanda.. bukan lagi dalam versi aslinya dalam bahasa Jawa... Jadi kaum
santri harus juga belajar bahasa Belanda untuk ngerti buku panduan perang
gerilya arahan kiai hebat Jenderal Kiai Maja melawan penjajah --- hingga
kini....
[]
(Ahmad Baso)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar