KHUTBAH JUMAT BAHASA MELAYU JAKARTA
Bahagia Sambut Romadon Sebagai Ekspresi Takwa
Khutbah I
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِفَضْلِهِ وَكَرَمِهِ، وَخَذَلَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِمَشِيْئَتِهِ وَعَدْلِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ
فَيَا
عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ
تُفْلِحُوْنَ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا
وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، وَقَالَ أيضًا: مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي
الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ
نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
Sudare Majlis Shalat Jumat yang berbahagia dan dimuliakan Allah
Di kesempatan khutbah kali ini al-faqir tak henti-hentinye mengajak majlis Jumat kali ini untuk senantiasa menjadi hamba yang bertaqwa, sebenar-benarnya iman dan taqwa kepada Allah. Di dalam Al-Qur’an ada banyak sekali ayat Al-Qur’an, kitab suci yang sehari-hari kita ngaji, yang menyebutkan perintah kepada manusie untuk bertakwa. Allah swt. berfirman dalam surah al-Baqarah: 41,
وَاٰمِنُوْا
بِمَآ اَنْزَلْتُ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَكُمْ وَلَا تَكُوْنُوْٓا اَوَّلَ
كَافِرٍۢ بِهٖ ۖ وَلَا تَشْتَرُوْا بِاٰيٰتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۖوَّاِيَّايَ
فَاتَّقُوْنِ
Berimanlah kamu kepada apa (Al-Qur’an) yang telah Aku turunkan sebagai pembenar
bagi apa yang ada pada kamu (Taurat) dan janganlah kamu menjadi orang yang
pertama kafir kepadanya. Janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga
murah dan bertakwalah hanya kepada-Ku.
Sudare, ayat tentang perintah takwa juga kita temukan dalam ayat yang
memerintahkan kite untuk puasa. Kite bisa lihat dalam ayat 183 surah
al-Baqarah, Allah tegesin perintah berpuasa, sebagai syariat yang juge berlaku
bagi umat-umat sebelum Nabi Muhammad, sebagai bentuk ketakwaan kepade Allah swt.,
يٰٓاَيُّهَا
الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ
مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ١٨٣
Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana
diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
Majelis Jum’at yang dimuliakan oleh Allah swt,
Pertanyaannye apa sebenarnye yang disebut takwa itu? Kenape dalam Qur’an, Hadits, dan tentu aje penjelasan yang kita dapet para ulama, begitu menekankan persoalan takwa? Di Al-Qur’an, perintah puasa, dirangke dengan perintah takwa. Urusan korban, juga dirangke dengan perintah takwa (Lan Yanaalullaaha luhuumuha wa laa dimaa’uha wa lakin yanaaluhum at-Taqwa). Lalu ape yang sebenarnye disebut takwa itu?
Kalo kita kembalikan ke pengertian bahasa Arab, at-Taqwa misalnya didefinisikan
sebagai hifzhu al-syai’in ‘ammaa yu’dziihi (menjage sesuatu dari yang bisa
menyakiti atau buat cilaka). Kalau kite jejerin ini makna bahase sama ayat
Al-Qur’an tentang takwa, khususnye tentang puasa, kite jadi tau bahwa berbagai
ibadah yang kite lakukan itu sebenarnye untuk melindungi atau menjage diri kita
sendiri. Karena anugerah atau ganjaran dari ibadah itu sebenarnye buat kita
sendiri, maka bagi Allah Swt. hakikatnye kaga ngaruh ape-ape kita mau ibadah
atau kaga. Perentah Allah kaga bermakna Allah butuh sama ibadah kite.
Ape saya sekate-kate aje ngomong ini? Mari kita lihat buktinya, ada di dalam hadits
riwayat Imam Muslim, dari Abu Dzar al-Ghifari. Ini hadits juga bise kite temuin
di dalam kitab 40 Hadits yang dikenal sebagai Arba’in Nawawiyah, 40 hadits yang
disusun Imam Al-Nawawi. Haditsnye hadits qudsi riwayat Muslim. Ini hadits
panjang, tapi aye ambil sebagian yang berhubungan dengan pembahasan kite,
يَاعِبَادِي
لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى
أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذَلِكَ فِي مُلْكِي شَيْئًا,
يَاعِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا
عَلَى أَفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَانَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِي
شَيْئًا, يَاعِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ
وَجِنَّكُمْ قَامُوا فِي صَعِيْدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُونِي فَأَعْطَيْتُ كُلَّ
إِنْسَانٍ مَسْأَلَتَهُ مَانَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا عِنْدِي إِلاَّ كَمَا يَنْقُصُ
المِخْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ البَحْرَ, يَاعِبَادِي إِنَّمَا هِيَ أَعْمَالُكُمْ
أُحْصِيْهَا لَكُمْ ثُمَّ أُوَفِّيْكُمْ إِيَّاهَا فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا
فَلْيَحْمَدِ اللهَ وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلاَ يَلُومَنَّ إِلاَّ نَفْسَهُ
“’Wahai Hamba-Ku, andaikate manusia dari awal sampai akhir nanti, manusie atau
jin, kalian semue bersikap seperti orang yang paling bertakwa dibandingkan
makhluk-makhluk yang lain, itu semua tidak menambah kekuasaan-Ku sama sekali.
Wahai hamba-Ku, begitu juge andaikate manusia dari awal sampai akhir nanti,
manusie atau jin, kalian semue bersikap seperti orang yang paling jahat
dibandingkan yang lain, itu semue tidak mengurangi kekuasaan-Ku sama sekali.
Duhai hamba-Ku, andiaikate kalian baik yang pertama paling idup sampai paling
akhir, manusie atau jin, ngumpul di satu lapangan, kalian satu-satu minte, Aku
(Allah) bakal kasih setiap permintaan kalian, itu pun tidak mengurangi
sedikitpun apa yang Aku miliki selayaknya busa ilang kalo becampur sama air
laut. Duhai Hamba-Ku, itu semua adalah amal-amal kalian, Aku itung dan dan
bakal penuhi ganjarannya.’ Maka siape yang berbuat baik, maka memujilah kepade
Allah. Dan siape yang berbuat selain itu, jangan nyalahin sape-sape melainkan
dirinye sendiri.” (HR Muslim).
Hadits itu jelas jadi landasan kite kalau semua ibadah pada dasarnye tujuannye
adalah untuk kebaikan kite sendiri, yaitu terjaganye kita dari kondisi yang
tidak baik. Itu kenapa wajar Enyak, Babe, Encang, Encing, Uwak, Engkong kite
pada sregep ngelakuin berbagai kebae-an dari mulai sebelum romadon hingga terus
di bulan romadon.
Kite masih inget, dan mungkin masih berkembang di kalangan para orang tue kite
dulu, saban masuk bulan Ramadan pada bebersih rumah, hordeng jendela pada
dicuciin ato gak diganti same yang baru, terus sebelum hari puase pertame pada
masak terus dianter-anter ke sudare-sudare kite, tetangga, handai tolan
semuanye bisa dibilang sebagai ekspresi ketakwaan kepada Allah Swt. Orang tue
kite dulu kalau ditanye kenape bebersih rumah saban mau masuk bulan Ramadan,
mereka bilang “mau ada tamu agung dateng.”
Belon lagi pas bulan Romadhon, pagi puase, sore-sore masakan udah mateng, udeh
pada ngelonjor depan teras nunggu bedug maghrib. Yang bocah ato bapak-bapak
pada nunggu di masjid. Habis buka puase, udeh siap-siap lagi ke masjid buat
Teraweh. Habis Teraweh, biasanye kalo di luar romadhon pada nongkrong, mindoan
di warung, di bulan Romadhon jadi pade nerusin tadarusan Al-Qur’an. Yang kuat
ade yang sampai menjelang sahur. Kalo yang pade kerje ngantoran, sorenya pada
pulang cepat.
Kalo udeh menjelang 10 romadhon, mulai pade banyak itikaf di masjid. Ibadeh
dikencengin di waktu malem sampe menjelang sahur. Dan masih banyak hal-hal
positip yang pada hakikatnya adalah ekspresi ketakwaan kepada Allah Swt.
Walakhir, marilah kite jadikan saban waktu menjelang bulan Suci Romadhon ini,
sebagai pengingat, tadzkirah, peningkatan sikap takwa kite kepade Allah yang
kebaikannya bakal balik pada kite sendiri, bukan pada yang laen-laen. Semoga
kita diberikan taufiq dan pertolongan-Nye.
بارك
الله لي ولكم في القرآن العظيم، ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم.
أقول قولي هذا وأستغفر الله لي ولكم، و لسائر المسلمين والمسلمات، والمؤمنين
والمؤمنات، فاستغفروه. إنه هو الغفور الرحيم
Khutbah II
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. أَمَّا بَعْدُ
فَيَا
عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى
وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى
بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ
يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ
وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
اللهُمَّ
صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ
سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ
اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى
بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ
وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ
الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ
اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ
اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ
وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ
بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ
عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى
اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
عِبَادَاللهِ
اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ
وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ
تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ
نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ
Ustadz M Masrur Irsyadi, pegiat kajian keislaman, tinggal di Jakarta Utara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar