Al-Qur’an mengakui secara tegas bahwa Nabi Muhammad Saw. memiliki akhlak yang sangat agung. Bahkan dapat dikatakan bahwa konsideran (pertimbangan) pengangkatan beliau sebagai Nabi adalah keluhuran budi pekertinya. Hal ini dipahami dari wahyu ketiga yang antara lain menyatakan bahwa:
"Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas akhlak yang
agung" (QS Al-Qalam [68]: 4).
Kata "di atas" menurut Muhammad Quraish Shihab dalam Wawasan
Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat (1999) mempunyai makna
yang sangat dalam, melebihi kata lain, misalnya, pada tahap/dalam keadaan
akhlak mulia.
Seperti dikemukakan di atas, Al-Qur’an surat Al-An'am ayat 90 menyebutkan dalam
rangkaian ayat-ayatnya 18 nama Nabi/Rasul. Setelah kedelapan belas nama
disebut, Allah berpesan kepada Nabi Muhammad Saw,
"Mereka itulah yang telah memperoleh petunjuk dari Allah, maka hendaknya
kamu meneladani petunjuk yang mereka peroleh."
Ulama-ulama tafsir menyatakan bahwa Nabi Saw pasti memperhatikan benar pesan
ini. Hal itu terbukti antara lain, ketika salah seorang pengikutnya mengecam
kebijaksanaan beliau saat membagi harta rampasan perang, beliau menahan
amarahnya dan menyabarkan diri dengan berkata,
"Semoga Allah merahmati Musa a s. Dia telah diganggu melebihi gangguan
yang kualami ini, dan dia bersabar (maka aku lebih wajar bersabar daripada Musa
a s.)."
Karena itu pula sebagian ulama tafsir menyimpulkan, bahwa pastilah Nabi
Muhammad Saw telah meneladani sifat-sifat terpuji para nabi sebelum beliau.
Nabi Nuh a.s. dikenal sebagai seorang yang gigih dan tabah dalam berdakwah.
Nabi Ibrahim a.s. dikenal sebagai seorang yang amat pemurah, serta
amat tekun bermujahadah mendekatkan diri kepada Allah.
Nabi Daud a.s. dikenal sebagai nabi yang amat menonjolkan rasa syukur serta
penghargaannya terhadap nikmat Allah. Nabi Zakaria a.s., Yahya a.s., dan
Isa a.s., adalah nabi-nabi yang berupaya menghindari kenikmatan dunia
demi mendekatkan diri kepada Allah Swt.
Nabi Yusuf a.s. terkenal gagah, dan amat bersyukur dalam nikmat dan bersabar
menahan cobaan. Nabi Yunus a. s. diketahui sebagai nabi yang amat khusyuk
ketika berdoa, Nabi Musa terbukti sebagai nabi yang berani dan memiliki
ketegasan, Nabi Harun a.s. sebaliknya, adalah nabi yang penuh dengan
kelemahlembutan. Demikian seterusnya, dan Nabi Muhammad Saw. meneladani semua
keistimewaan mereka itu.
Ada beberapa sifat Nabi Muhammad Saw yang ditekankan oleh Al-Quran,
antara lain,
"Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri,
berat terasa olehnya penderitaanmu (umat manusia), serta sangat menginginkan
kebaikan untuk kamu semua, lagi amat tinggi belas kasihannya serta penyayang
terhadap orang-orang mukmin" (QS Al-Tawbah [9]: 128).
Begitu besar perhatiannya kepada umat manusia, sehingga hampir-hampir saja ia
mencelakakan diri demi mengajak mereka beriman (baca QS Syu'ara [26]: 3).
Begitu luas rahmat dan kasih sayang yang dibawanya, sehingga menyentuh manusia,
binatang, tumbuh-tumbuhan, dan makhluk-makhluk tak bernyawa.
Atas dasar sifat-sifat yang agung dan menyeluruh itu, Allah Swt. menjadikan
beliau sebagai teladan yang baik sekaligus sebagai syahid (pembawa berita
gembira dan pemberi peringatan)
"Sesungguhnya terdapat dalam diri Rasul teladan yang baik bagi yang
mengharapkan (ridha) Allah dan ganjaran di hari kemudian." (QS
Al-Ahzab [33]: 2l).
Keteladanan tersebut dapat dilakukan oleh setiap manusia, karena beliau telah
memiliki segala sifat terpuji yang dapat dimiliki oleh manusia.
Dalam konteks ini, Abbas Al-Aqqad, seorang pakar Muslim kontemporer menguraikan
bahwa manusia dapat diklasifikasikan ke dalam empat tipe: seniman, pemikir,
pekerta, dan yang tekun beribadah.
Sejarah hidup Nabi Muhammad membuktikan bahwa beliau menghimpun dan mencapai
puncak keempat macammanusiatersebut. Karya-karyanya, ibadahnya, seni bahasa
yang dikuasainya, serta pemikiran-pemikirannya sungguh mengagumkan setiap orang
yang bersikap objektif.
Karena itu pula seorang Muslim akan kagum berganda kepada beliau, sekali pada
saat memandangnya melalui kaca mata ilmu dan kemanusiaan, dan kedua kali pada
saat memandangnya dengan kacamata iman dan agama.
Banyak fungsi yang ditetapkan Allah bagi Nabi Muhammad Saw, antara lain sebagai
syahid (pembawa berita gembira dan pemberi peringatan) (QS Al-Fath [48]: 8),
yang pada akhirnya bermuara pada penyebarluasan rahmat bagi alam semesta. []
Sumber: NU Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar