Jumat, 05 Desember 2014

(Ponpes of the Day) Pondok Pesantren Al Masyhudiyah, Driyorejo, Gresik – Jawa Timur



Pondok Pesantren Al Masyhudiyah, Driyorejo, Gresik – Jawa Timur


Profil Pondok Pesantren

PESANTREN AL MASYHUDIYAH berdiri memenuhi panggilan Allah dan Rasul-Nya. Dengan dasar Tafaqquh Fiddiin Pesantren tampil dengan programnya memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat. Pembangunan fisik yang didukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan dengan sangat pesat. Perlu adanya usaha menyelaraskan pembangunan jasmani dan rohani sedemikian rupa sehingga pada saatnya bahwa pembangunan jasmani merupakan pembangunan rohani manusia. Untuk itu diharapkan semua pihak, baik pemerintah maupun swasta ikut terlibat sebagai Stake Holder dalam memikul tanggung jawab dan tugas mulia ini. Sehigga pesantren khususnya AL MASYHUDIYAH dapat berdiri di kota maupun di desa ini.

PESANTREN AL MASYHUDIYAH berusaha tampil dengan program Tafaqquh Fiddiin dan soft teraphi melalui aplikasi pengetahuan kerohanian dengan pendidikan live skill sebagai terobosan membangun masa depan generasi yang beriman, berilmu dan bertaqwa.

Latar Belakang

Perubahan nilai yang berjalan dengan cepat akibat pembangunan, banyak menyebabkan jurang pemisah antara perkembangannya, kebutuhan yang semakin kompleks dan mendesak dengan terbatasnya alat pemuas. Akibatnya ketegangan juga semakin memuncak sehingga terjadilah stress, frustrasi, broken home, kenakalan remaja dan beraneka ragam corak tindak kejahatan. PESANTREN AL MASYHUDIYAH berusaha tampil dengan programnya untuk memberikan pemecahan kini dan menjawab tantangan di masa mendatang.

Kemajuan materi dengan diikuti fahamnya materialisme yang begitu pesat, berakibat pula munculnya gap sosial ekonomi yang membentuk strata tersendiri, perlu kiranya ada lembaga sosial yang bersedia memberikan bimbingan dan santunan secara intensif agar semuanya menjadi satu-kesatuan utuh terwujud potensial real, berpartisipasi membangun suatu kehidupan sejahtera. Insya Allah keberadaan lembaga yang berperan langsung ke masyarakat, akan bisa tampil sebagai moderator umat.

Tujuan

Tujuan Umum

Yayasan Pondok Pesantren AL MASYHUDIYAH, dalam mencapai tujuan yang dicita-citakannya, yaitu terbinanya masyarakat yang Islami, mengambil peran sebagai pengemban risalah Muhammad SAW. Penyebar kasih atas seluruh komunitas alam, Kaaffatan Linnaas Rohmatan Lil ‘Aalamiin.

Tujuan Khusus

Pesantren AL MASYHUDIYAH merupakan lembaga pendidikan Islam :
-       Menghantarkan generasi bertauhidulloh.
-       Mengantar para santri memiliki watak dan kepribadian mulia dengan jiwa agama "Laa Ilaaha Illallah"
-       Berusaha menciptakan lingkungan hidup yang mendidik.
-       Mencetak mental positif dan optimis dalam menanggapi kenyataan hidup dengan tenaga iman.
-       Mendidik santri siapa menjadi hamba Allah sekaligus sebagai khalifahnya.
-       Meningkatkan kreatifitas santri dalam menjalankan tugas-tugas yang dihadapi.
Membangun Umat dengan Dakwah :
-       Berusaha tampil sebagai moderator umat.
-       Memasyarakatkan lembaga dengan dakwah Bilhall (dakwah dengan praktik).
-       Memfungsikan pesantren sebagai lembaga da’wah secara global.
Berperan aktif dalam bidang sosial :
-       Menyodorkan resep hidup penuh berkah dan rahmat.
-       Membantu pemerintah menangani masalah-masalah sosial.
-       Menangani anak-anak terlantar, anak-anak putus sekolah, broken home, kenakalan remaja dan lain sebagainya.

Peranan

Merujuk kepada tujuan umum di atas, peran Pesantren AL MASYHUDIYAH secara global tertuju pada dua sektor sasaran yaitu intern dan ekstern.

Peran di atas dapat dijabarkan dalam 3 program yang terumus dalam surah Ad-Dluha : 9 – 11, yang selanjutnya disebut dengan TRI PROGRAM AD-DLUHA, yaitu program Pendidikan, Dakwah dan Sosial.

"Adapun terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang, (bidang sosial). Dan terhadap orang yang minta-minta, bertanya, janganlah kamu menghardiknya (bidang pendidikan), Dan terhadap nikmat Tuhanmu (Al-Qur’an) hendaklah kamu sebarluaskan (bidang dakwah)".

TRI PROGRAM AD DHUHA di atas kemudian dirinci dalam bentuk program operasional yang meliputi :

Bidang Pendidikan

-       Kajian Kitab Salafiyah (Kitab Kuning). Merupakan kuliah rutin harian yang diikuti oleh seluruh santri yang mukim maupun yang tidak mukim.
-       Majelis Ta’lim dan Dzikir. Adalah pengajian rutin setiap Selasa malam Rabu sekaligus sebagai wadah silaturrohim untuk peningkatan Iman, Ilmu dan Taqwa dengan kajian Kitab, Dzikir Asmaul Husna dan Sholawat Kubro. Diikuti oleh seluruh keluarga besar Pesantren AL MASYHUDIYAH meliputi para wali santri, masyarakat desa setempat dan sekitarnya, serta jama’ah simpatisan pesantren dari mana saja. Terbuka untuk umum !.
-       Seni Islami Al Banjari
-       Pendidikan Formal SMK AL MASYHUDIYAH DRIYOREJO Jurusan Multimedia

Bidang Dakwah

-       Pusat Pengembangan Kualitas Dakwah AL MASYHUDIYAH. Lembaga ini berdiri dengan mengambil peran mengadakan pengkaderan dan penelitian-penelitian dakwah, perencanaan dakwah, pelaksanaan dakwah dengan mekanisme kerja: mengirim dan menugaskan tenaga Da’i/Da’iyat ke masjid-masjid, mushollah, organisasi masyarakat, jam’iyah, kelompok ibu-ibu PKK, ke perusahaan, kantor dan ke mana saja yang dianggap perlu dan penting.
-       Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).
-       Safari Dakwah.

Bidang Sosial
-       Panti Binaan Yatim Piatu Dan Terlantar AL MASYHUDIYAH bertujuan untuk menyantuni, menampung, membimbing dan mendidik anak yatim piatu dan terlantar. Mereka dipersiapkan menjadi kader-kader Da’i yang berkualitas, mandiri, berperan dan manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

Alamat:
RT. 013 RW. 002, Desa Sumput, Driyorejo, Gresik – Jawa Timur 61177
Telepon : (031)7507294
Handphone : 085852240888
Email Pondok Pesantren : ponpes@almasyhudiyah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar