KHOTBAH JUM'AT
Kelahiran Rasulullah, Anugerah Terbesar Allah
اَلْحَمْدُ
للهِ، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِىْ جَعَلَ الْاِسْلَامَ طَرِيْقًا سَوِيًّا، وَوَعَدَ
لِلْمُتَمَسِّكِيْنَ بِهِ وَيَنْهَوْنَ الْفَسَادَ مَكَانًا عَلِيًّا. أَشْهَدُ
أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ
خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.
وَأَشْهَدُ
أَنَّ سَيِّدَنَا حَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ
كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ
الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،
أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ
نَفْسِىْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ
اللهُ تَعَالَى : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ
آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ
مُسْلِمُوْنَ
Pada kesempatan ini, khotib berwasiat
khususnya kepada diri khotib sendiri dan umumnya kepada para jamaah sekalian
untuk kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada Allah subhanahu wa
ta’ala .
Iman dalam pengertian
التَّصْدِيْقُ
الجَازِمُ بِمَا جَاءَ بِهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Yaitu pembenaran hati kita secara mantap
terhadap seluruh ajaran yang dibawa oleh Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam.
Dan takwa dalam pengertian
امْتِثَالُ
أَوَامِرِ اللهِ وَاجْتِنَابِ نَوَاهِيْهِ سِرًّا وَعَلَانِيَّةً ظَاهِرًا
وَبَاطِنًا
Kita melaksanakan segala perintah Allah subhanahu
wa ta’ala dan kita menjauhi segala larangan-Nya. Sirran wa alâniyatan. Baik
sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Dhâhiran wa bâtinan. Lahir maupun
batin. Dilihat maupun tidak dilihat orang. Dipuji maupun tidak dipuji orang.
Kita tetap melaksanakan apa yang diwajibkan Allah subhanahu wa ta’ala kepada
kita. Wasiat ini bukanlah sekadar wasiat rutin yang disampaikan para khotib di
mimbar Jumat, namun menurut Imam al Haddad, dalam kitab an-Nashaih
ad-Diniyyah, wasiat takwa adalah:
وَصِيَّةُ
اللهُ رَبُّ الْعَالمَين لِلأَوَّلِيْنَ وَالأخِرِيْن وَالسَّابِقِيْنَ
وَاللَّاحِقِيْنَ
Wasiat Allah subhanahu wa ta’ala Tuhan
semesta alam bagi orang-orang dahulu, sekarang maupun yang akan datang. Semoga
Allah Ta’al a menerima ketakwaan kita baik yang wajib maupun yng sunnah. Amin
ya Robbal Alamin.
Jamaah Shalat Jumat yang dimuliakan Allah subhanahu
wa ta’ala
Dalam buku berjudul Cahaya karya al
Imam al Habib Abu Bakar bin Hasan Al Athas Azzabidi, disebutkan pernah terjadi
dialog antara Allah ta’ala dengan Nabiyullah Dawud Alaihissalam. Yaitu
Nabiyulloh Dawud Alaihissalam bertanya kepada Allah ta’ala: “Ya Allah, nikmat
apakah yang kecil di sisi-Mu?”. Allah ta’ala menjawab, “Napas yang kamu hirup
sehari-hari adalah nikmat yang kecil di sisi-Ku”. Bayangkan, napas yang kita
hirup sehari-hari, yang menjadi oksigen bagi kita, bagi Allah ta’ala adalah
nikmat terkecil. “Lalu nikmat apakah yang paling terbesar di sisi-Mu?” Tanya
Nabi Daud lagi. “Diciptakannya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam” jawab
Allah ta’ala.
Tak heran, jika dalam hadist Qudsi dikatakan:
لَوْلَاكَ
لَوْلَاكَ يَا مُحَمّد لما خَلَقْتَ الأَفْلَاك
Artinya: Jika bukan karena engkau wahai
Muhammad, tidak akan aku ciptakan alam semesta ini.
Kelahiran Nabi Muhammad shalllallahu alaihi
wasallam, memang anugerah dan kado terindah bagi umat manusia dari Allah yang
wajib kita syukuri.
Allah ta’ala berfirman:
قَدْ
مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا
Artinya: “Sungguh-sungguh Allah ta’ala telah
memberikan karunia bagi orang-orang beriman tatkala Dia mengutus bagi mereka
seorang Rasul”. (QS Ali Imran: 164)
Hari berganti hari, bulan berganti bulan,
tahun berganti kita tahun, tak terasa kita sudah memasuki bulan Rabi’ul Awwal,
bulan kelahiran Baginda Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam. Seorang Rasul
yang diutus untuk membawa rahmat dan kasih sayang bagi manusia dan semesta
alam. Rahmatan lil ‘alamîn.
Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam
menyeru kepada seluruh umat manusia ke jalan Allah subhanahu wa ta’ala.
Jalan kebenaran. Jalan tauhid. Jalan yang lurus. (as-Sirotul mustaqim). Yaitu
jalan orang-orang yang telah diberikan nikmat oleh Allah ta’ala, dari para Nabi
dan Rasul, dan orang-orang terdahulu yang solih. Yaitu, jalan Islam.
Semua Nabi dan Rasul terdahulu, aqidahnya
sama tidak boleh kita beda-bedakan.
لَا
نُفَرِّقُ بَيْنَهُمْ أَيْ فِي اْلعَقِيْدَة
Sejak Nabiyullah Adam ‘alaihissalam, hingga
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, mereka menyerukan kalimat Tauhid
untuk mengesakan Allah subhanahu wa ta’ala. La Ilaha Illallah. Meski
syari’atnya berbeda-beda, pada akhirnya, semua syari’at para Nabi dan Rasul
terdahulu disempurnakan oleh syariat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.
Yang berat diringankan. Yang susah menjadi mudah. Itulah ciri khas syariat Nabi
Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam.
Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam
membawa agama Islam. Yaitu agama yang diridhai oleh Allah subhanahu wa
ta’ala.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
إِنَّ
الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ
Artinya: “Sesungguhnya agama yang diterima di
sisi Allah subhanahu wa ta’ala adalah al Islam.” (QS Ali Imran: 19)
Syekh Nawawi Banten, dalam Tafsirnya, Marah
Labid fi Tafsiril Qur’anil Majid (Juz 1 halaman 91) mengatakan bahwa
pengertian ayat tersebut adalah bahwa tidak ada agama yang diridhai oleh Allah subhanahu
wa ta’ala kecuali Islam, yaitu agama tauhid dan syari’at yang mulia yang
pernah ditempuh oleh para Rasul terdahulu. Turunnya ayat ini karena ada klaim
agama-agama lain, yaitu Yahudi dan Nasrani, yang merasa lebih baik, lebih
benar, dan lebih utama dibandingkan Islam.
Semoga kita diberikan Allah subhanahu
wa ta’ala kekuatan dan istiqomah dalam mengikuti ajaran Nabi
Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Meneladani jejak kehidupannya yang penuh
cahaya ilmu dan hikmah. Banyak bershalawat kepadanya. Dalam diri Rasulullah
Shallallahu alaihi wasallam sungguh terdapat suri teladan yang baik dan patut
dicontoh. Kecuali kekhususan-kekhususan yang melekat pada dirinya, semua ucapan
dan tindakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam adalah untuk diikuti.
Sebagaimana dikatakan Syekh Abdul Hamid Hakim dalam kitab ushul fiqih Mabadi
Awwaliyah:
الأَصْلُ
فِي أَفْعَالِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الاِقْتِدَاءُ إِلَّا
مَا دَلَّ الدَّلِيْلُ عَلَى اخْتِصَاصِهِ
“Hukum asal segala perbuatan Nabi adalah
untuk diikuti kecuali ada dalil yang mengkhususkannya.”
بَارَكَ
الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ
بِمَافِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ
تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا
فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم
Khutbah II
اَلْحَمْدُ
للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ.
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ
رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ
وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
أَمَّا
بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا
عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ
بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ
وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا
صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ
وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ
الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ
الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ
اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ
الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ
اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ
اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ
وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ
وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ
دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.
اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ
وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا
اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا
رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ
حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ
تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ !
إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ
وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ
تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ
نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ
Sumber: NU Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar