Kamis, 21 Februari 2013

Ngaji Alam - Bagaimana Cara Membuat Batu Bata Merah?

Ah, pengalaman unik dan mendebarkan, kembali masuk ke dalam memori Mas Abiel. Setelah dengan leluasa menyaksikan bagaimana cara membuat ikan asin yang gurih, kini Mas Abiel kembali mempunyai pengalaman baru yang teramat sangat sulit untuk dilupakan. Dengan sebelumnya mengambil kuliah singkat perihal cara membuat batako di sebuah bengkel tidak jauh dari rumah, kini sang Ayah harus mengantarkannya ke sebuah perkampungan yang masih masuk di wilayah Desa Jayamukti, untuk mengetahui bagaimana cara membuat batu bata merah.

 

Bermula dari perjalanan jauh mengunjungi sisa-sisa pusat Kerajaan Majapahit di Mojokerto - Jawa Timur, Mas Abiel yang menyaksikan dari dekat kebesaran candi brahu menjadi sangat penasaran terhadap material batu bata merah yang menyusunnya. Terlebih juga saat menuruni pelataran Candi Tikus bersama adiknya, Dimas.

 

Candi Tikus, Trowulan - Mojokerto.



Akhirnya, di Hari Minggu yang cukup cerah, kami meluncur ke 'lio", yaitu sebuah tempat pembuatan batu bata merah yang masih berada di seputaran Desa Jayamukti, Kabupaten Bekasi.
 


Duh... Ternyata tanah yang digunakan sebagai bahan baku, dikeruk dari sana. Entah sudah berapa ribu meter kubik tanah liat yg telah terambil.
 


Wah, lio-nya sepi, ga ada orang. Ya sudah, mungkin masih pagi, mari kita cari saja sendiri mesin pembuat bata merah nya.
 


Tanah liat yang sudah dikeruk, dibersihkan, diuyel2 sampai dengan kadar kekenyalan tertentu, dan dimasukkan ke dalam sela-sela rol mesin ini.
 


Rol-rol mesin berputar menggerus tanah liat, kemudian masuk ke bawah, masuk terus melalui sebuah jig mini, dan dipotong-potong sesuai dengan ketebalan yang ditentukan.
 


Sudah jadi, yuk dijemur.
 


Setelah bata merah setengah jadi benar-benar kering, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah oven raksasa.



Seberapa besarnya oven raksasa ini? Wah, Mas Abiel saja bisa masuk di dalamnya.
 


Konon, butuh waktu lebih dari 24 jam untuk membakar batu bata setengah jadi sampai benar-benar matang.
 


Cek sebentar.
 


Setelah proses pembakaran selesai, batu bata merah siap untuk di loading. Ternyata tidak begitu sulit dan juga tidak terlalu gampang membuat batu bata merah... "Sudah sore nih... Yuk pulang, yah.", kata Mas Abiel sambil menuntun sepedanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar