Senin, 03 Desember 2012

(Buku of the Day) Cina Muslim dan Runtuhnya Republik Bisnis


Sejarah Cina Muslim di Indonesia

 


 

Judul Buku                    : Cina Muslim dan Runtuhnya Republik Bisnis

Penulis                         : Teguh Setiawan

Penerbit                        : Republika, Jakarta

Cetakan                        : Pertama, 2012

Tebal                            : viii + 261 halaman

Peresensi                      : Fajri Andika*


Membicarakan hal yang menarik dari keturunan Cina bukan hanya dari sisi penguasaan ekonomi, karena tak sedikit sisi-sisi kehidupan komunitas Cina, terutama pada masa lampau tak kalah menariknya. Sejarah tentang kehadiran mereka di bumi nusantara ini ikut mengiringi sejarah perkembangan peradaban di Indonesia dari zaman kerajaan, zaman perjuangan, sampai zaman republik sekarang ini.


Sejarah Cina di Indonesia adalah sejarah yang penuh dengan kegemilangan, kegagalan, pengkhianatan, kepahlawanan, pembantaian, perseteruan, dan persahabatan. Ada sebagian dari mereka yang bersekongkol dengan penjajah, ada yang berkongkalikong dengan raja-raja untuk memeras rakyat, ada yang mengalami pembantaian oleh Belanda, ada yang menjadi pemburu rente, tapi tak sedikit yang menjadi bagian dari kisah epik tentang kepahlawanan di negeri ini.


Kehadiran orang-orang Cina juga ikut mewarnai perkembangan Islam di Nusantara. Ketika Wali Songo aktif menyebarkan agama Islam di tanah Jawa ini, beberapa keturunan Cina ikut berperan. Tak sedikit pula yang meyakini bahwa beberapa anggota Wali Songo adalah keturunan Cina. Kunjungan Laksamana Chengho pada masa itu, mewariskan masjid yang sampai sekarang masih terawat baik di Semarang, Surabaya, dll.


Muslim Tionghoa berhasil menerjemahkan Alqur’an dalam bahasa Mandarin pada abad 17, namun karya itu sempat lenyap selama dua abad, dan baru muncul kembali pada 1932. Muslim Tionghoa juga pernah mendirikan partai, tapi siapa sudi melacak dan mencatat sejarahnya. Sedemikian banyak kisah tentang keterlibatan Muslim Tionghoa dalam penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, tapi mereka tidak pernah bisa melepaskan statusnya sebagai minoritas di dalam minoritas.


Perjalanan dan kiprah dari keturunan Cina yang penuh dengan dinamika tersebut direkam dengan baik lewat buku Cina Muslim dan Runtuhnya Republik Bisnis. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari Teguh Setiawan, wartawan Republika, yang dimuat dalam rubrik ‘Teraju’ di harian Republika. Eksplorasi yang optimal dari beragam sumber menjadikan buku ini penuh warna sehingga diharapkan turut memperkaya khazanah tentang peran Cina di Indonesia.


* Presensi adalah mahasiswa akhir Sosiologi FISHUM UIN Suka Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar